Sukses

Intip Inspirasi Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

Perencana keuangan OneShildt Mohammad Andoko menuturkan, jika ingin berbisnis modal kecil dengan untung besar bisa mencoba bisnis berkaitan dengan jasa.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ingin memiliki bisnis dan usaha, modal mungkin menjadi salah satu tantangan. Namun, seiring perkembangan teknologi kini memiliki usaha dan bisnis dengan modal kecil dapat diwujudkan.

Selain bermodal kecil, mungkin Anda berharap bisnis yang dibangun dapat keuntungan besar. Perencana keuangan OneShildt Mohammad Andoko menuturkan, jika ingin berbisnis modal kecil dengan untung besar bisa mencoba bisnis berkaitan dengan jasa. Menurut Andoko, bisnis yang menawarkan jasa tidak membutuhkan barang dan produk besar. Selain itu, untuk membangun bisnis modal kecil menurut Andoko membutuhkan ilmu, koneksi, ide atau gagasan dan kreativitas.

“Bisnis punya modal kecil berkaitan dengan jasa, bagaimana tahu customer, tawarkan value. Ikut bisnis bukan hanya sekadar FOMO dan tren tetapi yang bisa tawarkan solusi kepada masyarakat yang bertahan lama,” kata Andoko saat dihubungi Liputan6.com, Senin (25/9/2023).

Setelah mengetahu value yang ditawarkan, Andoko mengatakan perlu juga ketahui pelanggan yang dibidik apakah menengah bawah hingga atas. Kemudian memperkenalkan usaha yang dijalankan sehingga diketahui masyarakat. “Ciptakan bisnis yang juga dapat hasilkan pendapatan berulang atau recurring income. Apakah juga perlu berpartner atau kolaborasi,” kata dia.

Adapun bisnis modal kecil dengan keuntungan besar yang dapat dilakukan, Andoko mengatakan menjadi reseller juga jadi pilihan. “Selain itu buka usaha desain, buka usaha financial planner atau konsultasi, dan lainnya,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisnis Modal Kecil juga Bisa Jadi Ajang Belajar

Andoko juga mengatakan, sebaiknya bisnis dapat mulai dengan modal kecil untuk antisipasi kegagalan. “Bisnis modal kecil dulu, kalau gagal dapat belajar dari kegagalannya,” kata Andoko.

Sementara itu, perencana keuangan Mitra Edukasi Mike Rini menuturkan, saat ini generasi muda diberikan kemudahan untuk berbisnis modal kecil dan ingin cepat dapat untung besar, salah satunya dari perkembangan teknologi. Namun, ia mengingatkan saat menjalankan bisnis juga perlu kerja keras dan kedisiplinan. Selain itu, Mike juga mengingatkan ketika membuat bisnis untuk memilih memberikan solusi kepada masyarakat dan produknya memang dibutuhkan.

Meski demikian, ia membagikan contoh bisnis modal kecil dengan untung besar yang dapat jadi pertimbangan menjadi reseller, membuka online education dan bisnis yang berkaitan dengan keberlanjutan. “Saat ini generasi milenial dan Gen Z tertarik dengan bisnis berkelanjutan. Selain itu layanan yang buat keuangan lebih aman dan bisnis online education karena generasi Z juga suka ikut webinar,” kata Mike.

3 dari 3 halaman

Contoh Bisnis

Sementara itu dikutip dari laman CIMBNiaga.co.id, sejumlah contoh bisnis modal dengan keuntungan besar yang dapat jadi pilihan, berikut pilihannya:

1.Usaha jasa titip

Usaha jastip atau dikenal dengan jasa titip ini merupakan modal kecil untung besar yang menarik. Modal yang harus dimiliki juga tidak besar dan keuntungan yang didapat dari jaja titip yang membelikan barang titipan itu.

2.Dropshipper

Menjadi droppshiper dapat jadi pilihan menarik untuk memulai bisnis modal kecil. Jadi sebagai droshipper, Anda berperan menjadi menjadi seorang penjual sekaligus pembeli suatu produk.

3.Bisnis camilan

Makanan ringan diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Sehingga bisnis ini dapat menjadi pilihan. Tidak perlu membuat camilan dengan bahan mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang, pisang dan ubi juga digemari.

4.Bisnis waralaba

Bisnis waralaba atau franchise adalah usaha yang dijalankan dengan model kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas. Bisnis franchise ini memiliki peluang usaha modal kecil menjanjikan. Anda hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa Anda perlu memasarkan, yang tentunya lebih cepat mendatangkan pembeli.

5.Bisnis kaos pre order

Anda dapat mulai mengembangkan bisnis kaos pre order dengan modal tak besar. Dengan sistem pre order kaos atau busana lain hanya akan diproduksi jika ada pemesan yang berminat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini