Sukses

10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia, Swedia Jawaranya!

Swedia terkenal dengan layanan kesehatan dan pendidikan perguruan tinggi gratisnya, menurut U.S. News and World Report.

Liputan6.com, Jakarta Swedia memasuki peringkat teratas dalam daftar negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Daftar itu dirilis oleh US News and World Report, menentukan peringkat 87 negara yang terdaftar.

Melansir CNBC International, Senin (18/9/2023) peringkat yang juga disusun oleh WPP dan Wharton School dari University of Pennsylvania ini mensurvei lebih dari 17.000 orang di seluruh dunia.

Negara-negara terbaik dalam hal kualitas hidup dinilai berdasarkan keterjangkauan, pasar kerja, stabilitas ekonomi, ramah Keluarga, kesetaraan pendapatan, stabilitas politik, keamanan, sistem kesehatan masyarakat, serta sistem pendidikan masyarakat.

Menurut Numbeo, biaya hidup di Swedia rata-rata 20,9 persen lebih rendah dibandingkan di Amerika Serikat, sementara biaya sewa 57,5 persen lebih rendah.

Swedia terkenal dengan layanan kesehatan dan pendidikan perguruan tinggi gratisnya, menurut U.S. News and World Report.

Selain itu, CIA World Factbook juga mengungkapkan, Swedia merupakan salah satu negara dengan harapan hidup terpanjang, dengan usia rata-rata 82,8 tahun.

Negara ini mempunyai kebijakan cuti yang luar biasa: Orang tua berhak atas cuti berbayar selama 480 hari ketika seorang anak lahir atau diadopsi. Kedua orang tua masing-masing berhak atas 240 hari tersebut.

Kemudian ada Norwegia yang menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik.

Negara ini adalah penentu tren kesetaraan gender, kata CIA World Factbook.

Di sana, kebijakan cuti untuk orang tua memungkinkan mereka untuk membagi waktu merawat anak mereka di rumah hingga 49 minggu dengan gaji penuh (atau 59 minggu dengan 80 persen dari gaji mereka).

Norwegia juga menawarkan tunjangan bulanan kepada keluarga mulai dari satu bulan setelah seorang anak lahir hingga mereka berusia 18 tahun untuk membiayai sebagian biaya membesarkan anak.

Angka harapan hidup Norwegia adalah 82,75 tahun dan sejak tahun 2013, negara ini masuk dalam peringkat 10 besar negara paling bahagia di dunia menurut Laporan Kebahagiaan Dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia

Berikut adalah daftar 10 negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia menurut US News and World Report :

  1. Swedia
  2. Norway
  3. Kanada
  4. Denmark
  5. Finlandia
  6. Swiss
  7. Belanda
  8. Australia
  9. Jerman
  10. Selandia Baru
3 dari 4 halaman

Daftar Negara Destinasi Pensiun Terbaik di Eropa, Mau Pilih Mana?

Dalam laporan terbarunya, sebuah perusahaan relokasi, Moving to Spain memberi peringkat negara-negara terbaik di Eropa untuk destinasi pensiun berdasarkan faktor populasi, harapan hidup, biaya hidup, harga rumah, visa, keamanan, keindahan pantai dan kesehatan.

Melansir CNBC International, Selasa (22/8/2023) Moving to Spain menobatkan Portugal sebagai destinasi negara terbaik di Eropa untuk pensiun.

Menurut perusahaan itu, Portugal merupakan salah satu negara Eropa yang paling terjangkau karena biaya hidupnya yang rendah.

Rata-rata, biaya hidup di Portugal. tidak termasuk sewa, hampir 29 persen lebih rendah daripada di AS, menurut SmartAsset.

Sebagai contoh, untuk warga negara AS, pensiun di Portugal, perlu mengajukan visa tinggal. Menurut Global Citizens Solutions, prosesnya relatif mudah dan mengharuskan pelamar untuk memberikan paspor yang masih berlaku, bukti pendapatan, asuransi kesehatan, dan pemeriksaan latar belakang kriminal.

Portugal paling dikenal karena produk winenya. Dua daerah penghasil wine tertua di Portugal, wilayah Alto Douro dan Pulau Pico di Azores, adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kemudian ada Spanyol dan Italia yang menempati urutan kedua destinasi pensiun terbaik, memiliki skor pensiun 7,31, menurut laporan Moving to Spain.

Untuk memulai proses pensiun di Spanyol, pihak yang berkepentingan harus mempertimbangkan untuk mendapatkan visa tinggal lama atau visa tinggal.

Spanyol terkenal dengan budaya dan arsitekturnya yang fantastis di kota-kota seperti Madrid, Barcelona, Valencia, dan masih banyak lagi. Barcelona, Spanyol, bahkan dinobatkan sebagai tujuan liburan paling bahagia di Eropa tahun 2023, menurut Club Med.

Sementara Amerika Serikat memiliki harapan hidup 76 tahun, menurut Bank Dunia, Italia mencapai 83 tahun pada 2021.

Laporan Moving to Spain juga menyatakan bahwa Italia memiliki persentase penduduk berusia 65 tahun ke atas yang lebih tinggi daripada negara lain di Eropa.

Organisasi Kesehatan Dunia bahkan menempatkan sistem perawatan kesehatan Italia sebagai yang terbaik kedua di dunia. Untuk memanfaatkan perawatan kesehatan negara yang dinasionalisasi, Anda harus menjadi penduduk.

4 dari 4 halaman

Daftar Negara Destinasi Terbaik untuk Pensiun

Berikut adalah sederet negara destinasi pensiun terbaik di Eropa, menurut Moving to Spain :

  1. Portugal
  2. Spanyol dan Italia (seri)
  3. Spanyol dan Italia (seri)
  4. Yunani
  5. Bulgaria
  6. Perancis
  7. Slovenia
  8. Kroasia
  9. Malta
  10. Irlandia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.