Sukses

10 Brand Ini Punya Loyalitas Pelanggan Tertinggi, Apple Tak Masuk 3 Besar!

Alphabet mendapat kabar negatif tahun ini, mulai dari ribuan PHK hingga tantangan regulasi. Namun, orang-orang tetap menggunakan Google, Gmail, dan Chrome.

Liputan6.com, Jakarta - Alphabet mendapat kabar negatif tahun ini, mulai dari ribuan PHK hingga tantangan regulasi. Namun, orang-orang tetap menggunakan Google, Gmail, dan Chrome.

Perusahaan teknologi besar ini memiliki konsumen paling setia menurut laporan terbaru dari DesignRush, sebuah perusahaan B2B yang menganalisis dan memberi peringkat pada agensi profesionalitas, Dilansir dari CNBC Make It (06/09).

“Customer Loyalty Index” mengevaluasi perusahaan-perusahaan Fortune 100 berdasarkan serangkaian six metrics, tidak termasuk 40 perusahaan yang kekurangan data atau tidak berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Metrics itu mencakup keuangan perusahaan, peringkat rata-rata dan volume review pelanggan, pengikut dan keterlibatan media sosial, pencarian Google terkait layanan pelanggan, peringkat popularitas dari firma riset pasar YouGov, dan skor promotor bersih (NPS), yang didasarkan pada kemungkinan bahwa seorang pelanggan akan merekomendasikan suatu merek atau layanan kepada teman-temannya.

Inilah 10 Brand dengan Loyalitas Pelanggan Tertinggi

  1. Alphabet (Google)
  2. Lowe’s
  3. Intel Corporation
  4. Apple
  5. The Coca-Cola Company
  6. PepsiCo
  7. Amazon
  8. The Allstate Corporation
  9. Microsoft
  10. Johnson & Johnson

Alphabet menduduki posisi teratas didorong oleh NPS, review pelanggan, dan peringkat YouGov. Laporan tersebut mencatat “Rata-rata review pelanggan Google adalah 3,1 bintang (di awal Agustus), tertinggi kedua di antara Fortune 100. Peringkat popularitas Google sebesar 73%, menurut Yougov adalah yang tertinggi kedua dalam penelitian ini.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perusahaan Teknologi Bersaing dalam Daftar 10 Besar

Lowe’s yang berada di peringkat No. 2 secara keseluruhan, memimpin semua perusahaan dalam peringkat YouGov dengan skor popularitas 75%, lebih tinggi dari pesaing terbesarnya Home Depot.  Perusahaan nomor 3, semikonduktor intel terbesar menunjukkan “beberapa layanan pelanggan dan penelusuran terkait keluhan dengan volume terendah,” menurut laporan tersebut.

Totalnya, empat perusahaan teknologi besar yang sering dianggap sebagai pesaing, Alphabet, Apple, Amazon, dan Microsoft, masuk dalam daftar 10 besar, Media sosial terbesar, Meta, yang juga masuk dalam Fortune 100 tidak termasuk.

Di antara perusahaan-perusahaan non-teknologi, ada dua pesaing yang langsung bersaing satu sama lain, yaitu Coca-Cola dan PepsiCo di peringkat 5 dan 6.

Coca-cola “punya beberapa pelanggan yang paling puas, dengan layanan pelanggan yang paling sedikit dan penelusuran terkait keluhan,” menurut laporan tersebut. PepsiCO mengungguli Coca-Cola dalam skor NPS dan keterlibatan media sosial.

https://www.cnbc.com/2023/09/06/brands-with-top-customer-loyalty-says-report-alphabet-lowes-intel.html

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.