Sukses

Harta Miliarder Singapura Melejit Jadi Rp 2.714 Triliun, Ini Daftar Terbaru Versi Forbes

di posisi teratas daftar miliarder Singapura adalah salah satu pendiri Meta Platforms Eduardo Saverin, kekayaan bersihnya menjadi USD 16 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Ekspatriat terus menandai kehadiran mereka di jajaran orang terkaya di Singapura. Kekayaan miliarder di sana secara kolektif telah meningkat jadi USD 177 miliar atau sekitar Rp 2.714 triliun.

Melansir Forbes, Jumat (8/9/2023), di posisi teratas daftar miliarder Singapura adalah salah satu pendiri Meta Platforms Eduardo Saverin, kekayaan bersihnya menjadi USD 16 miliar. 

Penduduk asli Brasil ini, yang merupakan peraih keuntungan terbesar 2023 dalam dolar, mengantongi UDS 6,4 miliar. Hal itu berkat saham Meta, yang baru-baru ini meluncurkan Threads, naik hampir 70 persen sejak terakhir kali Forbes mengukur peruntungannya.

Saverin, yang juga memiliki perusahaan modal ventura B Capital Group dengan aset yang dikelola sebesar USD 6,3 miliar menggantikan Li Xiting, ketua Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, pemasok peralatan medis. 

Setelah menduduki posisi teratas selama dua tahun, Li merosot ke posisi ketiga karena saham-saham layanan kesehatan terpukul akibat upaya anti-korupsi Tiongkok terhadap sektor farmasi.

Pergeseran pada posisi teratas ini terjadi di tengah perlambatan ekonomi yang tumbuh sebesar 3,6 persen pada tahun lalu dan diperkirakan akan menambah kenaikan sebesar 0,5-1,5 persen pada 2023 karena lesunya ekspor dan penurunan output manufaktur. Meskipun ada tren penurunan, kekayaan gabungan 50 orang terkaya naik 8 persen menjadi USD 177 miliar.

Selain Saverin, ada saudara properti Robert dan Philip Ng dari Organisasi Timur Jauh mempertahankan posisi kedua meskipun kekayaan mereka sedikit turun menjadi USD 14,8 miliar. 

Pendukung real estat lainnya, Kwek Leng Beng, mempertahankan posisi ke-5 dengan kekayaannya meningkat 18 persen hingga mencapai rekor USD 11 miliar. 

Setelah pandemi ini, City Developments yang terdaftar di bursa Kwek sekali lagi mengincar akuisisi global dan membeli St Katharine Docks yang ikonik di pusat kota London seharga USD 500 juta pada bulan Maret.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Miliarder

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar orang terkaya Singapura terbaru versi Forbes:

10. Kwee Bersaudara

Kekayaan: USD 6,3 miliar

Sumber: Real Estat

 

9. Leo Koguan

Kekayaan: USD 6,5 miliar

Sumber: Teknologi

 

8. Wee Cho Yaw

Kekayaan: USD 7,1 miliar

Sumber: Keuangan dan Investasi

 

7. Keluarga Khoo

Kekayaan: USD 8,5 miliar

Sumber: Real Estat

 

6. Zhang Yong dan Shu Ping

Kekayaan: USD 9,7 miliar

Sumber: Makanan dan Minuman

 

5. Kwek Leng Beng dan Keluarga

Kekayaan: USD 11 miliar

Sumber: Real Estat

 

4. Goh Cheng Liang

Kekayaan: USD 12,3 miliar

Sumber: Manufaktur

 

3. Li Xiting

Kekayaan: USD 14 miliar

Sumber: Kesehatan

 

2. Robert dan Philip Ng

Kekayaan: USD 14,8 miliar

Sumber: Real Estat

 

1.      Aduardo Saverin

Kekayaan: USD 16 miliar

Sumber: Real Estat

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini