Sukses

Generasi Milenial Cenderung Anggap Pekerjaan Bukan Hal Penting, Kenapa?

Generasi milenial lebih cenderung melihat pekerjaan sebagai sesuatu yang kurang penting, hal sebaliknya terjadi pada generasi yang lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian, orang-orang sekarang lebih cenderung mengatakan bahwa akan menjadi hal yang baik jika pekerjaan tidak terlalu dipentingkan dibandingkan 40 tahun yang lalu.

Namun pandangan ini bervariasi tergantung pada usia, demikian hasil survei yang dilakukan oleh King's College London's Policy Institute.

Sementara generasi milenial lebih cenderung melihat pekerjaan sebagai sesuatu yang kurang penting, hal sebaliknya terjadi pada generasi yang lebih tua.

Menurut World Values Survey, 73% orang di Inggris mengatakan bahwa pekerjaan "sangat atau agak penting dalam hidup mereka", terendah di antara 24 negara.

Persentase orang yang memiliki pandangan yang sama juga sama di Rusia dan Kanada, di mana 74% dan 75% orang menyatakan hal yang sama.

Sebaliknya, negara-negara Barat lainnya memiliki peringkat yang jauh lebih tinggi daripada Inggris dalam hal ini, dengan 96% orang di Italia dan Spanyol setuju, dan 94% di Prancis.

Dan lebih jauh lagi, negara-negara seperti Filipina dan Indonesia mendapatkan skor 99%.

Berbicara tentang temuan ini, Prof Bobby Duffy, direktur Policy Institute di King's College London, mengatakan bahwa temuan ini menunjukkan adanya "pergeseran yang stabil menuju fokus yang lebih besar untuk mendapatkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi" di Inggris, dengan "orang-orang cenderung tidak menganggap bahwa pekerjaan harus diprioritaskan daripada waktu luang, bahwa kerja keras dapat membawa kesuksesan, atau bahwa tidak bekerja membuat orang menjadi malas".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkat Dari Waktu ke Waktu

Survei ini menunjukkan bahwa sikap ini telah meningkat dari waktu ke waktu di Inggris.

Antara tahun 1981 dan 2022, persentase masyarakat Inggris yang mengatakan bahwa akan menjadi hal yang baik jika tidak terlalu mementingkan pekerjaan meningkat dari 26% menjadi 43%, kata studi tersebut.

Pendapat ini secara bertahap menjadi lebih luas di beberapa negara barat lainnya juga. Sebagai contoh, dalam periode yang sama, proporsi yang memiliki pandangan ini meningkat dari 25% menjadi 41% di Kanada dan dari 30% menjadi 45% di Jerman.

Survei ini juga menyimpulkan bahwa Inggris memiliki salah satu pandangan yang paling baik terhadap orang-orang yang tidak bekerja, dengan hanya Swedia yang lebih kecil kemungkinannya untuk mengatakan bahwa individu yang tidak bekerja adalah "malas".

Namun, di saat yang sama, warga Inggris lebih cenderung setuju bahwa bekerja adalah kewajiban terhadap masyarakat dibandingkan sekitar dua dekade lalu.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Generasi

Prof Duffy mengatakan bahwa ada "pandangan yang sangat berbeda antar generasi di Inggris, dengan generasi yang lebih tua lebih cenderung mengatakan bahwa pekerjaan harus diprioritaskan, bahkan ketika pekerjaan menjadi kurang penting dalam kehidupan mereka sendiri ketika mereka memasuki masa pensiun.

"Generasi milenial, sebaliknya, menjadi jauh lebih skeptis tentang memprioritaskan pekerjaan seiring dengan perjalanan karier mereka."

Menurut survei tersebut, lebih dari separuh generasi milenial Inggris mengatakan bahwa akan lebih baik jika penekanan pada karier dan pekerjaan dalam hidup mereka berkurang. Namun, generasi yang lebih tua tidak memiliki pandangan yang sama, dengan hanya sepertiga dari generasi baby boomer yang setuju.

Generasi baby boomer adalah mereka yang berusia antara akhir 50-an hingga akhir 70-an, sementara generasi milenial berusia antara pertengahan 20-an dan awal 40-an.

Menjelaskan pembagian generasi, Prof Duffy mengatakan: "Akan ada sejumlah penjelasan untuk pergeseran ini, mulai dari nostalgia yang cenderung tumbuh seiring bertambahnya usia, pemikiran bahwa generasi yang lebih muda kurang berkomitmen dibandingkan kami, dan stagnasi ekonomi dan upah jangka panjang yang akan membuat generasi yang lebih muda mempertanyakan nilai dari sebuah pekerjaan."

Namun, ia menambahkan bahwa tren di Inggris di kalangan generasi muda secara khusus mencerminkan perubahan sikap di negara-negara berpenghasilan lebih tinggi.

"Data ini juga menunjukkan pergeseran jangka panjang dalam preferensi untuk keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi di berbagai negara kaya, di mana selama 40 tahun terakhir di berbagai negara besar, lebih banyak yang mengatakan bahwa akan lebih baik jika pekerjaan tidak terlalu dipentingkan."

4 dari 4 halaman

Pekerjaan Bukanlah Pusat Kehidupan

Salah satu contoh dari pergeseran sikap terhadap pekerjaan ini adalah sikap Laura.

Dia memotong jam kerjanya agar bisa menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarganya di London.

"Saya benar-benar ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak laki-laki saya yang baru berusia dua tahun," katanya kepada BBC.

Dia juga beralih karier untuk menekuni desain interior.

"Pekerjaan lama saya tidak membuat saya bahagia dan saya pikir ada sesuatu yang harus diubah. Dan meskipun peran baru ini menarik, namun ini bukanlah pusat dari hidup saya. Itu adalah keluarga dan hari-hari bersama teman-teman."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini