Sukses

Kenalkan Sameer Merali, Orang Terkaya di Kenya

Sebuah laporan dari Oxfam International Limited yang dirilis pada Senin (17/01), mengungkap tiga orang telah melampaui keluarga Presiden Uhuru Kenyatta sebagai orang terkaya di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan dari Oxfam International Limited mengungkap tiga orang telah melampaui keluarga Presiden Uhuru Kenyatta sebagai orang terkaya di Kenya.

Sameer Merali, putra mendiang miliarder naushad Merali menempati urutan teratas orang terkaya dengan kekayaannya yang diperkirakan bernilai 89,6 miliar Kenyan Shilling atau sekitar Rp 9 triliun.

Kekayaan Sameer sebagian besar berasal dari warisan kerajaan bisnis sang ayah Naushad Merali, konglomerat Kenya keturunan India yang wafat pada Juli 2021 lalu.

Melansir kenyans.co.ke, Senin (4/9/2023) sebagai pewaris tahta mendiang ayahnya, Sameer saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer Sameer Investments Limited.

Sama dengan ketajaman bisnis ayahya, Sameer juga berinvestasi di bidang manufaktur, telekomunikasi, perbankan, real estate, dan pertaian.

Samer meraih gelar sarjana di bidang Ilmu Manajemen dari Kings College di London. Setelah lulus, Sameer melanjutkan studinya dengan mengejar gelar master di bidang perbankan dan keuangan di City University Business School, London.

Pengusaha itu lalu bekerja di Merril Lynch International Bank Limited pada Oktober 2000, ketika ia bekerja sebagai Investment Analyst.

Setelah tiga tahun masa jabatan, Sameer bergabung ke perusahaan ayahnya, Sameer Investments Limited pada Maret 2003.

Mengikuti jejak ayahnya, Sameer naik menjadi CEO perusahaan. Dia melakukan investasi bisnis lainnya serta menjadi ketua Ryce East Africa Limited, Nandi Tea Estates Limited, dan Warren Enterprises Limited.

Dilansir dari laman perusahaannya, Sameer juga menjabat sebagai direktur dari Sameer ICT Limited, Sameer Telkom Limited, dan Fidelity Shield Insurance Company Limited.

“Merali punya pengalaman luas dalam kepemimpinan strategis, inisiasi dan pengembangan bisnis, manajemen perusahaan, audit dan manajemen risiko, serta manajemen dan perencanaan keuangan yang bijaksana,” menurut sebagian biografinya dari situs perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikuti jejak ayahnya

 

Terlepas dari kekayaan yang ia kumpulkan, Sameer tidak segan-segan membagikan keahliannya kepada wirausahawan muda. Ia pernah menjadi anggota Organisasi Presiden Muda (YPO) cabang Nairobi sejak tahun 2006.

Organisasi itu mencakup angka dari pemimpin eksekutif muda dan ahli yang membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka. Saat ini, anggotanya mencapai sekitar 29.000 orang yang berasal lebih dari 130 negara.

Sameer menikahi Daisy Merali, dengan memiliki dua anak, Reyna dan Rivaan. Sayangnya, istrinya sudah meninggal pada 26 Februari 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini