Sukses

Liburan Akhir Pekan Naik LRT Jabodebek, Bisa ke Mana Saja?

LRT Jabodebek memiliki 2 jalur yakni Lin Cibubur yang menyambungkan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan menuju Stasiun Harjamukti, Depok. Jalur lainnya yaitu Lin Bekasi yang menghubungkan Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jati Mulya, Kab. Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - LRT Jabodebek hampir genap sepekan beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di 28 Agustus 2023 lalu. Beberapa stasiun transportasi berbasis rel ini diketahui berdekatan dengan titik wisata.

VP Public Relation KAI Joni Martinus menyebut penumpang LRT Jabodebek tak hanya menggunakan LRT Jabodebek untuk sarana berangkat atau pulang kerja. Namun dapat juga memanfaatkan LRT Jabodebek untuk berwisata atau sekadar nongkrong di tempat kekinian.

LRT Jabodebek memiliki 2 jalur yakni Lin Cibubur yang menyambungkan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan menuju Stasiun Harjamukti, Depok. Jalur lainnya yaitu Lin Bekasi yang menghubungkan Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jati Mulya, Kab. Bekasi,” ujar dia dalam keterangannya, ditulis Jumat (1/9/2023).

Berikut beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan stasiun-stasiun LRT Jabodebek:

1. Stasiun TMII

Lokasi yang satu ini sangat tersohor untuk memanjakan pengunjung keluarga. TMII merupakan tempat wisata bersejarah dengan mengangkat kekayaan budaya Indonesia. Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas seperti museum dan wahana.

2. Stasiun Dukuh Atas

Di sekitar stasiun ini merupakan surga bagi kawula muda dengan tersedia berbagai tempat nongkrong atau sekadar menikmati suasana urban. Lokasi berkumpulnya anak-anak muda di sekitar Stasiun Dukuh Atas di antaranya Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, Riverside Walk Stasiun BNI City, Chillax Sudirman, JPO Phinisi, Sarinah, Skydeck Bundaran HI, dan lainnya.

3. Stasiun Ciracas

Tujuan wisata di sekitar Stasiun Ciracas adalah Taman LRT City Ciracas. Taman yang satu ini asri dengan udara sejuk, sehingga cocok untuk tempat santai atau olahraga. Ditambah lagi ada kolam ikan, taman bermain anak, dan lapangan olahraga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

LRT Jabodebek Angkut 65.375

Lebih lanjut, Joni menuturkan, antusiasme masyarakat dalam mencoba LRT Jabodebek sejak diresmikan cukup tinggi. Sampai dengan hari ketiga, volume penumpang LRT Jabodebek mencapai 65.375 penumpang.

Rinciannya, volume penumpang LRT Jabodebek pada Senin (28/8) yaitu 6.475 penumpang, pada Selasa (29/8) sebanyak 28.381 penumpang, dan pada Rabu (30/8) sebanyak 30.519 penumpang. Adapun stasiun yang paling banyak melayani penumpang yaitu Stasiun Dukuh Atas dan Harjamukti.

“Kami mengapresiasi minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap transportasi massal LRT Jabodebek. Hal ini tentu akan semakin mendorong KAI dan stakeholder untuk terus membenahi layanan LRT Jabodebek di berbagai sisi,” kata Joni.

KAI sebagai operator LRT Jabodebek juga memohon maaf karena ada gangguan-gangguan selama 3 hari pengoperasian. KAI terus berkoordinasi dengan INKA selaku produsen LRT Jabodebek. Untuk mencegah gangguan, pada Rabu (30/8) malam juga telah dilakukan sweeping pada semua kereta sebanyak 12 trainset dan 2 cadangan.

“Satu hal lagi adalah mengenai penyempurnaan sistem. Secara Operarational Control Centre (OCC) ini sudah align namun demikian ada keluhan masalah pengereman pada saat berhenti yang masih mendadak. Ini kita sempurnakan terus dengan LEN dan Siemens, karena ini teknisi Siemens masih berada di OCC di Bekasi Timur dalam rangka penempurnaan ini,” kata Joni.

 

3 dari 4 halaman

Alami Sejumlah Gangguan

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir buka suara mengenai gangguan dalam operasional LRT Jabodebek di pekan pertama usai diresmikan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, ini jadi masa transisi dari satu transportasi publik baru.

Erick mengungkap, LRT Jabodebek jadi proyek anak bangsa yang digarap antar BUMN. Bahkan, rangkaian keretanya pun digarap oleh PT Industri Kereta Api (INKA).

"Inikan karya anak bangsa, kita baru pertama kali, punya LRT ya, pasti ada transisi waktu lah. Kita Jangan jadi bangsa yang dikit-dikit ngeluh, dikit-dikit ngeluh," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, ditulis Jumat (1/9/2023).

Menurut dia, LRT Jabodebek disiapkan untuk mengakomodir kebutuhan transportasi publik di Ibu Kota dan sekitarnya. Apalagi, ada upaya mendorong semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.

 

4 dari 4 halaman

Dukung Karya Anak Bangsa

Erick memandang, masyarakat bisa lebih bersikap mendukung produk dalam negeri dengan tujuan yang positif. Salah satunya LRT Jabodebek yang diharapkan jadi solusi penanganan polusi.

"Akhirnya apa? Ketika polusi udara seperti hari ini, ngambek, tapi mendukung buatan indonesia, memakai kendaraan publik, ngambek. Jadi solusinya yang mana?," tanyanya.

"Jadi sama-sama harus bersyukur, ini ada polusi harus kita lawan, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dengan apa? Publik transportasi, LRT," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini