Sukses

Kata Siapa Punya Uang Pas-pasan Tak Bisa Berhemat? Ini 10 Tipsnya

Bagi yang berpikir tak mampu, berikut ini 10 tips praktis yang bisa membantu Anda menghemat uang dengan anggaran terbatas.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun membuat anggaran belum tentu dilakukan semua orang, menghemat uang sering kali menjadikannya suatu keharusan. Bisa jadi karena kehilangan pekerjaan baru-baru ini, pengeluaran tak terduga, atau sekadar ingin menabung untuk tujuan masa depan. Apapun alasannya, ketika sumber daya terbatas, adalah bijaksana untuk mencari cara demi mengurangi pengeluaran di sana-sini.

Sementara itu, menghemat uang dalam kondisi pas-pasan pun perlu dilakukan. Bagi yang berpikir tak mampu, berikut ini 10 tips praktis yang bisa membantu Anda menghemat uang dengan anggaran terbatas seperti melansir Business Today, Sabtu (1/9/2023).

1. Buat anggaran

Sebelum mengambil langkah signifikan dalam menabung, Anda harus memahami ke mana perginya uang. Anggaran yang terencana dengan baik menunjukkan pendapatan versus pengeluaran sehingga membantu Anda mengidentifikasi area di mana Anda dapat mengurangi dan menabung.

Amit Nigam sebagai COO & Direktur Eksekutif BANKIT berkata, “Saat menghadapi anggaran yang ketat, Anda harus memprioritaskan hal-hal penting dibandingkan keinginan. Susun anggaran yang komprehensif, pantau pengeluaran dengan cermat, pilih produk generik, batasi makan di mluar, dan simpan uang receh. Tindakan yang terus-menerus dan bertahap menghasilkan penghematan yang besar. Pantau konsumsi utilitas—listrik, pemanas, dan pendingin—untuk mengurangi biaya. Hilangkan langganan yang tidak perlu dan patuhi tujuan keuangan demi stabilitas dan masa depan yang kuat.”

2. Catat pengeluaran sepeser pun

Anda akan terkejut betapa cepatnya pengeluaran kecil bertambah. Catat setiap kali Anda menghabiskan bahan makanan, bensin, atau secangkir kopi. Ini akan membantu Anda mengenali pola pengeluaran dan mengidentifikasi pengeluaran yang tidak penting.

Anurag Agrawal selaku COO di YPay mengatakan, “Saat anggaran terbatas, prioritaskan kebutuhan daripada keinginan, buat rencana anggaran terperinci, lacak setiap pengeluaran, jelajahi merek umum, masak di rumah, batasi makan di luar, berhenti berlangganan yang tidak perlu, beli barang kedua -barang bekas, menegosiasikan tagihan, memanfaatkan hiburan gratis atau berbiaya rendah, carpool atau menggunakan transportasi umum, dan menghemat uang receh. Upaya kecil dan konsisten dapat menghasilkan penghematan yang signifikan seiring berjalannya waktu. Tetap disiplin dan fokus pada tujuan keuangan untuk mencapai stabilitas dan membangun masa depan yang aman.”

3. Menghemat makanan

Rencanakan makanan selama seminggu atau masak dalam jumlah besar untuk menghemat biaya. Batasi makan Anda di luar dan lebih baik belajar memasak hidangan restoran favorit di rumah. Pertimbangkan untuk membeli produk musiman atau berbelanja di pasar petani setempat, yang biasanya harganya lebih murah.

Joseph berkata, “Dengan membelanjakan uang di muka, apakah itu membantu Anda mengurangi pengeluaran sampai batas tertentu.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Batalkan langganan yang tidak perlu

Analisis langganan apa yang benar-benar Anda gunakan dan hilangkan yang tidak diperlukan. Langganan kabel, misalnya, bisa digantikan dengan layanan streaming yang lebih murah. Banyak orang membayar keanggotaan gym yang jarang mereka gunakan, jadi pertimbangkan bentuk olahraga gratis atau berbiaya rendah lainnya, seperti lari atau olahraga di rumah.

Joseph, CEO dan Pendiri Refolio Investments, berkata, “Kadang-kadang, Anda menyadari bahwa memiliki satu langganan Netflix atau langganan Hotstar atau dua tagihan internet di rumah, yang biasa Anda gunakan, dan Anda lupa memutuskan sambungan atau sesuatu yang uangnya sedang disalurkan. sia-sia, dan kamu tidak menyadarinya. Anda menyadari bahwa Anda dapat memotong satu atau dua pengeluaran yang tidak diperlukan.”

5. Berbelanja lebih cerdas

Selalu bandingkan harga sebelum membeli, terutama pembelian dalam jumlah besar. Saat berbelanja bahan makanan, patuhi daftar yang Anda buat dan jangan pernah berbelanja saat lapar atau lelah. Manfaatkan kupon dan perhatikan siklus penjualan di toko favorit Anda.

“Saat membeli barang mewah, jika memungkinkan untuk mencicil atau EMI membayar jumlah uang yang sama untuk meningkatkan arus kas Anda, pilihlah itu karena itu meningkatkan arus kas Anda dan memberi Anda keuntungan,” kata Joseph.

6. Mengurangi tagihan listrik

Anda juga dapat menghemat tagihan listrik atau konsumsi air. Matikan lampu dan cabut alat elektronik bila tidak digunakan. Pertimbangkan bohlam dan peralatan hemat energi untuk mengurangi tagihan. Anda dapat berpindah penyedia energi untuk mendapatkan tarif yang lebih murah di banyak wilayah.

 

3 dari 3 halaman

7. Prioritaskan melunasi utang

Semakin lama memegang utang, semakin banyak bunga yang Anda bayarkan. Memprioritaskan untuk melunasi utang dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

8. Menghemat transportasi

Pertimbangkan pilihan seperti carpooling, bersepeda, atau transportasi umum untuk bekerja atau menjalankan tugas. Perawatan rutin pada kendaraan dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakarnya. Daripada naik taksi, Anda bisa bepergian dengan metro. Daripada pergi saat biaya tambahannya lebih tinggi, Anda bisa pergi saat biaya tambahannya lebih rendah.

9. Lakukan sendiri

Daripada mempekerjakan profesional untuk berbagai tugas, pertimbangkan untuk belajar dan melakukannya sendiri. Dari perbaikan rumah hingga perawatan kecantikan, ada panduan DIY untuk hampir semua hal secara online.

10. Menabung, sekecil apa pun dan berinvestasi

Meskipun hanya beberapa ratus dalam seminggu, menabung dapat menumbuhkan kebiasaan yang akan menguntungkan dalam jangka panjang. Buka rekening tabungan jika Anda tidak memilikinya, dan pertimbangkan untuk menyiapkan transfer otomatis untuk mempermudah prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.