Sukses

Target Indonesia Maju 2045, HIPMI Dorong Populasi Pengusaha Muda

Sebelum maju ke Rakernas, HIPMI menggelar Rakorbid internal untuk 12 bidang. Hasil rapat tersebut nantinya akan jadi rekomendasi kebijakan internal dan eksternal untuk dibawa ke Rakornas.

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung program pemerintah guna mencapai visi Indonesia Maju 2045. Salah satunya lewat peningkatan populasi pengusaha muda di Tanah Air.

Upaya tersebut jadi salah satu fokus kerja organisasi yang akan turut dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XVIII HIPMI pada Kamis, 31 Agustus 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

Ketua Panitia Organizing Committee Rakernas HIPMI XVIII Afifuddin Suhaeli Kalla mengatakan, keterlibatan pengusaha muda penting untuk menggapai visi Indonesia Emas dan Indonesia Maju 2045.

"Jadi kita berusaha untuk men-support dari sisi pengusaha muda, salah satunya peningkatan pengusaha muda. Karena kita kan masih di angka 2-3 persen nih (secara populasi pengusaha). Kita akan meningkatkan itu," ujar Afif kepada Liputan6.com di sela-sela Rapat Koordinasi Bidang yang digelar di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Rabu (30/8/2023).

"Kedua, peningkatan kualitas sumber daya manusia, karena itu juga selaras dengan program pak Jokowi," imbuh dia.

Sebelum maju ke Rakernas, keponakan Jusuf Kalla ini menyampaikan, HIPMI menggelar Rakorbid internal untuk 12 bidang. Hasil rapat tersebut nantinya akan jadi rekomendasi kebijakan internal dan eksternal untuk dibawa ke Rakornas.

"Yang eksternal nanti akan disampaikan oleh Ketua Umum (HIPMI) kepada bapak Presiden," kata Afif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan langsung membuka Rakernas HIPMI ke-XVIII pada Kamis besok. Selain RI 1, sejumlah nama pemangku kepentingan lain dijadwalkan akan turut hadir mengisi forum bisnis.

"Kita ada sesi BUMN, ada sesi dengan pemangku kebijakan, dari menteri-menteri terkait. Sebenarnya ada dua forum bisnis, salah satunya berhubungan dengan infrastruktur dan pariwisata. Kita undang pak Basuki (Menteri PUPR) dan pak Sandiaga Uno. Satu lagi kita Investasi dan BUMN. Rencananya pak Erick (Thohir) dan pak Bahlil (Menteri Investasi/Kepala BKPM)," paparnya.

"Ada satu lagi, forum BUMN dan HIPMI. Ini sebenarnya untuk menyelaraskan gimana sih porsi-porsi BUMN, mana sih porsi teman-teman HIPMI di daerah. Biar jangan saling pekerjaannya diambil BUMN. Kita kolaborasi lah bareng-bareng," ungkap Afif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masuk Usia 51 Tahun, Ini Sederet Jebolan Hipmi yang Jadi Menteri Jokowi

Sebelumnya, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) telah memasuki usia emas, ke-51 tahun. Setengah abad lebih organisasi pengusaha muda itu berdiri, dan banyak mencetak pengusaha-pengusaha muda andal, yang saat ini mengisi posisi strategis di pemerintahan.

Mengangkat tema "Mengawal Indonesia Maju", perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Hipmi kali ini digelar di Grand On Thamrin Ballroom Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Minggu (18/6) malam.

Dalam sambutannya, Ketua Umum BPP HIPMI Akbar Himawan Buchari mengatakan, di usia yang telah memasuki setengah abad lebih, Hipmi tidak hanya menjadi organisasi pencetak pengusaha muda yang andal. Tetapi juga sukses melahirkan pemimpin nasional yang diperhitungkan di Tanah Air.

"Kita bersyukur, Hipmi tidak hanya menjadi kekuatan dan penggerak ekonomi nasional, tapi juga penyokong utama pemerintahan saat ini," ujar Akbar, disambut tepuk tangan meriah.

 

3 dari 3 halaman

Kawal Pemerintahan Jokowi

Sebut saja Erick Thohir yang kini menjabat Menteri BUMN. Ada juga Bahlil Lahadalia yang diamanahkan Presiden menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal/Menteri Investasi. Juga Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Saat ini, banyak sekali kader-kader terbaik Hipmi yang mengisi pos-pos penting di kabinet. Semuanya adalah abang-abang terbaik kita yang duduk di pemerintahan," kata Akbar, menyebutkan.

Karena itu, Hipmi berkomitmen akan terus mengawal pemerintahan Joko Widodo. Terlebih, Jokowi juga merupakan salah satu kader terbaik Hipmi yang tengah diberikan mandat memimpin bangsa ini.

Sehingga, tak ada alasan yang lebih tepat jika HUT ke-51 Hipmi kali ini mengangkat tema "Mengawal Indonesia Maju". Bukan karena ada kader-kader terbaik Hipmi, tetapi alasan ini yang paling tepat untuk bangsa dan negara saat ini.

"Ini bentuk komitmen bersama seluruh kader Hipmi yang akan terus digarda terdepan mengawal dan memastikan seluruh agenda pembangunan di bawah kepemimpinan Pak Jokowi terus berjalan tanpa hambatan berarti," janji Akbar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini