Sukses

Beda Dari yang Lain, 8 Miliarder Ini Paling Tertutup Padahal Bergelimang Harta

Namun, ada beberapa orang di kelas miliarder justru sebaliknya. Mereka sangat berhati-hati agar tidak menjadi pusat perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Tidak seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, atau Jeff Bezos, beberapa miliarder ada yang tertutup tentang kehidupannya padahal bergelimang harta. Orang-orang kaya ini lebih berhati-hati agar tidak menjadi pusat perhatian.

Lantas, siapa saja mereka?

Mungkin sudah banyak yang dengar soal rumor pertarungan kandang antara Musk dan Zuckerberg karena kabarnya menjadi perhatian media. Belum lagi Jeff Bezos yang sering terlihat di kapal pesiarnya senilai USD 500 juta bersama tunangannya Lauren Sánchez.

Namun, ada beberapa orang di kelas miliarder justru sebaliknya. Mereka sangat berhati-hati agar tidak menjadi pusat perhatian.

Untuk mengetahuinya, berikut ini delapan miliarder paling tertutup di dunia seperti melansir South China Post, Selasa (29/8/2023).

1. Philip Anschutz

Philip Anschutz, yang dijuluki “miliarder paling tertutup di Amerika”, kekayaan bersihnya mencapai USD 10,7 miliar, menurut Forbes.

Pria ini memiliki Anschutz Entertainment Group atau AEG, yang merupakan perusahaan induk Coachella. Sebelum terjun ke dunia hiburan, Anschutz menghasilkan uang dari minyak dan kereta api. Dia menemukan ladang minyak di perbatasan Wyoming-Utah pada 1979.

Dia kemudian membeli Jalur Kereta Api Rio Grande dan Jalur Kereta Api Pasifik Selatan pada 1980-an, dan menjualnya pada 1995 seharga USD 1,4 miliar, sambil tetap mempertahankan hak untuk memasang kabel serat optik di atasnya untuk layanan telekomunikasi.

“Anschutz seperti Wizard of Oz,” kata ekonom Los Angeles Jack Kyser kepada Los Angeles Times pada 2006. “Dia adalah orang di balik tirai yang menarik pengaruhnya. Tidak ada yang melihatnya, namun dia memiliki pengaruh yang besar di Los Angeles.”

2.Frederick Barclay

Kembar identik David Barclay dan Frederick Barclay biasa disebut sebagai Barclay bersaudara. David meninggal pada 2021, sementara Frederick masih hidup. Pada 2020, sebelum kematian David, gabungan kekayaan saudara-saudara tersebut diperkirakan sebesar USD 4 miliar, menurut Forbes.

Namun, banyak hal mengenai asal usul keluarga Barclays dan pembangunan kerajaannya masih belum diketahui. Forbes menjuluki keduanya sebagai “miliarder penyendiri paling terkenal di Inggris”. Pasangan ini jarang berfoto dan bersama-sama memiliki pulau pribadi.

3. Keluarga Cargill-MacMillan

Dengan kerajaan pertanian yang mencakup tujuh generasi, klan Cargill-MacMillan menjalankan Cargill, salah satu perusahaan swasta AS terbesar berdasarkan pendapatan. Ini adalah keluarga terkaya kedelapan di dunia, menurut peringkat Bloomberg pada Oktober 2022, dan mencakup 12 miliarder, menurut laporan Forbes.

Pauline MacMillan Keinath diperkirakan memiliki saham terbesar di Cargill dan memiliki kekayaan sebesar USD 7,2 miliar, sementara Martha, yang digambarkan di atas, memiliki kekayaan sebesar USD 1,3 miliar, menurut perkiraan Forbes.

4. Keluarga Mars

Keluarga Mars mungkin paling terkenal dengan kerajaan permennya, dengan merek seperti M&M's, Snickers, Twix, dan Dove. Mereka juga memiliki merek makanan, seperti Ben's Original serta merek perawatan hewan peliharaan Pedigree, Iams, dan Cesar. Mereka tercatat sebagai keluarga terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan bersih USD 160 miliar, dalam peringkat Bloomberg pada Oktober 2022.

“Keluarga Mars menghargai hak privasi dan tidak pernah mencari publisitas pribadi,” kata Amy Weiss, juru bicara keluarga Mars, dalam sebuah pernyataan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Ike Perlmutter

Isaac Perlmutter, yang dikenal dengan Ike, mengumpulkan kekayaannya dalam pembuatan figur aksi, yang akhirnya membawanya ke Marvel Comics. Pria ini menjadi CEO perusahaan tersebut pada 2005 dan bertanggung jawab atas penjualan perusahaan tersebut pada 2009 sebesar USD 4 miliar. Kekayaan bersihnya adalah USD 3,9 miliar, menurut Forbes.

Dia “menikmati reputasinya sebagai orang yang tertutup dan hemat”, The Hollywood Reporter mengatakan dalam sebuah cerita tahun 2014, mengutip seorang eksekutif puncak yang pernah bekerja dengannya.

6. Keluarga Reimann

Salah satu keluarga terkaya di Jerman, keluarga Reimann, berada di belakang konglomerat Jab Holding Company yang kini memiliki merek seperti Krispy Kreme, Panera, dan Peet's Coffee.

Sejarah keluarga dalam bisnis dimulai pada 1800-an, ketika ahli kimia Ludwig Reimann bergabung dengan Johann A. Benckiser di Benckiser, sebuah perusahaan manufaktur kimia dan industri Jerman. Reimann menikahi putri Benckiser dan, selama bertahun-tahun, pihak keluarga Reimann memperluas bisnisnya – yang diberi nama inisial Benckiser – hingga mencakup barang-barang konsumsi.

Meskipun umumnya menghindari sorotan, keluarga Reimann menjadi berita utama pada 2019 ketika mereka menyumbangkan 10 juta Euro untuk amal setelah mengungkap sejauh mana sejarah Nazi keluarga mereka.

7 dan 8. Alain dan Gérard Wertheimer

Alain dan Gérard Wertheimer, keduanya adalah pemilik Chanel generasi ketiga.

Kedua bersaudara ini masing-masing diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 32,5 miliar, menurut Forbes.

Alain dan Gérard mewarisi perusahaan tersebut ketika ayah mereka, Jacques Wertheimer, meninggal pada 1996. Alain adalah ketua Chanel, sementara Gérard memimpin divisi jam tangan perusahaan tersebut. Saudara-saudara masing-masing memiliki kekayaan USD32,6 miliar, menurut Forbes.

The New York Times menyebut saudara-saudaranya sebagai “miliarder paling pendiam di dunia fesyen”. Dalam sebuah wawancara yang jarang terjadi, Gérard mengatakan kepada Times pada 2002 tentang pilihan mereka untuk tidak terdeteksi.

“Ini tentang Coco Chanel. Ini tentang Karl. Ini tentang semua orang yang bekerja dan berkreasi di Chanel. Ini bukan tentang Wertheimers,” katanya saat itu, merujuk pada Karl Lagerfeld, mantan direktur kreatif rumah mode tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini