Sukses

Profil Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Baru Manchester United

Pengambilalihan saham Manchester United oleh Sheikh Jassim bin Hamad bin Jassim Bin Jaber Al-Thani dikabarkan akan menyenangkan penggemar Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta - Pengambilalihan klub Manchester United hadapi babak baru. Sheikh Jassim bin Hamad bin Jassim bin Jaber Al-Thani dikabarkan akan menyelesaikan pengambilalihan penuh Manchester United senilai 6 miliar pound sterling atau sekitar Rp 116,36 triliun (asumsi kurs pound sterling 19.394 per rupiah). pada pertengahan Oktober.

Sheikh Jassim akan menyelesaikan uji tuntas pengambilalihan saham Manchester United dari keluarga Glazers. Sebelumnya keluarga Glazers telah memiliki klub asal Inggris ini selama 18 tahun.

Dikutip dari The Sun, pengambilalihan klub dari keluarga Glazers dinilai akan menyenangkan penggemar Manchester United. Penggemar Manchester United khawatir keluarga Glazers akan menunda-nunda pelepasan Manchester United.

Sebelumnya keluarga Glazers ingin terus memegang saham tetapi diperingatkan oleh tokoh senior Manchester United akan ada reaksi besar dari basis penggemar.

Adapun keluarga Glazer dinilai akan mendapatkan keuntungan besar setelah bebani klub dengan utang besar setelah selesaikan akuisis senilai 800 juta pound sterling pada 2005. Pembayaran utang itu telah rugikan Manchester United senilai 1 miliar pound sterling. Dari laporan keuangan terakhir, utang kotor klub sekitar 725 juta pound sterling, tertinggi sejak 2010.

Sheikh Jassim dikabarkan akan hapus utang untuk hemat biaya dan tidak ambil pembayaran dividen dari klub seperti yang dilakukan keluarga Glazer.

Sheikh Jassim juga berencana merevitalisasi Old Trafford dan tempat latihan klub Carrington, sambil melanjutkan investasi di tim. Adapun pengambilalihan klub akan akhiri proses berliku yang dimulai November 2022.

Profil Sheikh Jassim

Bicara mengenai Sheikh Jassim berikut profil bankir dari Qatar ini yang dikutip dari berbagai sumber:

Mengutip dari Arabian Business dalam laporan Juni 2023, Sheikh Jassim Bin Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al-Thani merupakan salah satu tokoh terkemuka di industri perbankan. Saat ini Sheikh Jassim menjabat sebagai chairman Qatar Islamic Bank. Ia juga termasuk anggota keluarga Kerajaan Qatar.

Ia lahir pada 1982, sama seperti awal berdirinya Qatar Islamic Bank. Bank tersebut pun menjadi bank syariah terbesar keempat di dunia.

Anak dari mantan Perdana Menteri, Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al Thani menyelesaikan pendidikan di Inggris, tepatnya di Royal Military Academy, Ia lulus sebagai perwira.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengambilalihan Melalui Nine Two

Sheikh Jassim juga telah memimpin delapan bisnis yang berbeda dan menjadi dewan direksi di tujuh Perusahaan lainnya. Bahkan ia menjadi investor terkemuka di London selama bertahun-tahun. Sebelum menjadi bankir, ia pernah menjadi direksi di Credit Suisse.

Mengenai kekayaan Sheikh Jassim belum diketahui jelas. Akan tetapi, kekayaan keluarganya diperkirakan 275 miliar pound sterling, menurut laporan Manchester Evening News.

Sheikh Jassim mengajukan penawaran Manchester United melalui yayasannya, Nine Two. Nama yayasan itu sebagai penghomatan kepada pemain Manchester United angkatan 1992 yakni David Beckham, Nicky Butt, Gary Neville dan Paul Scholes.

Melalui pernyataan tertulis terkait penawaran tersebut, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani mengkonfirmasi pengajuan tawaran 100 persen saham Manchester United.

“Tawaran ini bertujuan untuk mengembalikan klub ke kejayaannya baik di dalam dan luar lapangan, dan yang terpenting akan berusaha untuk menempatkan penggemar di jantung Manchester United sekali lagi,” 

 

3 dari 4 halaman

Gebrakan Sheikh Jassim Usai Beli Manchester United Rp 116 Triliun: Rekrut Neymar

Sebelumnya, dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com, Konglomerat asal Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dikabarkan menjadi pemilik baru Manchester United. Dikabarkan The Sun, keluarga Glazer setuju proposal penawaran pembelian Manchester United oleh Sheikh Jassim.

Tak tanggung-tanggung, Milarder Qatar itu sepakat membeli MU dengan harga Rp 6 miliar Pounds atau setara Rp 116 triliun (kurs Rp 19.347 per Pounds). Ini menjadi rekor dunia untuk pembelian sebuah klub olahraga.

Raih Berkah Lewat Investasi Syariah

The Sun melaporkan bahwa dengan kesepakatan ini, keluarga Glazer bukan lagi menjadi penguasa Setan Merah per November 2023.

Lantas, apa yang akan dilakukan Sheikh Jassim usai mengambil alih Manchester United?

Gebrakan Sheikh JassimDikutip dari footballtransfers, Sheikh Jassim bakal melakukan gebrakan dengan mendatangkan bintang PSG, Neymar.

"Manchester United akan melakukan langkah sensasional untuk bintang PSG Neymar jika penawar dari Qatar berhasil," kata Henry Tomlinson dari Th Sun.

"[Jassim] sedang mengincar pemain Brasil (Neymar) itu sebagai rekrutan pertama era kepemimpinannya" tambahnya.

Tidak hanya itu, Bankir asal Qatar itu diduga akan menyediakan dana besar untuk meningkatkan Old Trafford dan kompleks pelatihan Carrington.

 

4 dari 4 halaman

Mulai November 2023

Fans Manchester United harus siap-siap perpisahan dengan keluarga Glazer. Hal ini lantaran keluarga Gazer dikabarkan telah setuju dengan proposal penawaran pembelian Manchester United oleh Sheikh Jassim.

Sebenarnya, ada dua penawaran yang masuk ke keluarga Glazer untuk bisa membeli MU. Pertama, yaitu Sheikh Jassim yang merupakan miliarder Qatar dan satunya lagi milarder Inggris yaitu Sir Jim Ratcliffe.

Laporan The Sun mengklaim bahwa keluarga Glazer menerima pinangan Sheikh Jassim yang akan membeli MU dengan harga 6 miliar Pounds atau setara Rp 116 triliun (kurs Rp 19.347 per Pounds). 

Nantinya, Sheikh Jassim akan menjadi pemilik Manchester United mulai November 2023.

Sheikh Jassim akan menyelesaikan pengambilalihan penuh Setan Merah. Bankir asal Qatar itu diduga akan menyediakan dana besar untuk meningkatkan Old Trafford dan kompleks pelatihan Carrington.

Sementara itu, Sir Jim Ratcliffe menyatakan masih dalam perlombaan untuk mendapatkan Man United. Tetapi, diyakini pengusaha Inggris itu telah tertinggal jauh di belakang Sheikh Jassim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.