Sukses

Zulkifli Hasan Targetkan Perdagangan Indonesia-Selandia Baru Sentuh Rp 36,54 Triliun di 2024

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi Selandia Baru yang telah menandatangani Protokol Kedua Perubahan Persetujuan ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZ-FTA).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yakin nilai perdagangan Indonesia dengan Selandia Baru meningkat menjadi 4 miliar dolar New Zealand atau kurang lebih Rp 36,54 triliun di 2024 (estimasi kurs 1dolar New Zealand Rp 9.135). Jumlah tersebut naik dua kali lipat jika dibanding 2022 yang tercatat 2,1 miliar dolar New Zealand.

Untuk diketahui, Mendag melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Perdagangan dan Pertumbuhan Ekspor Selandia Baru Rino Tirikatene pada Senin 21 Agustus 2023. Pertemuan tersebut berlangsung di sela 55th Asean Economic Ministers (AEM) di Semarang, Jawa Tengah.

“Kita sama-sama optimistis perdagangan kita 2024 bisa melebihi 4 miliar dolar. Sekarang masih di bawah,” kata Zulkifli Hasan, dikutip pada Selasa (22/8/2023).

Mendag juga mengapresiasi Selandia Baru yang telah menandatangani Protokol Kedua Perubahan Persetujuan ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZ-FTA). Sebab AANZFTA bisa membantu menyelesaikan capaian prioritas ekonomi Indonesia sebagai ketua ASEAN (2023).

Dalam perubahan AANZFTA ini terdapat bab baru terkait UMKM, perdagangan dan pembangunan berkelanjutan. Terdapat pula sejumlah pembaruan mengenai ketentuan persaingan usaha, prosedur kepabeanan, perdagangan barang, jasa, investasi, perdagangan daring (e-commerce) yang lebih fasilitatif dibanding protokol sebelumnya.

Kerja sama Pendidikan

Di samping membahas soal peningkatan perdagangan antara Indonesia dan Selandia Baru, di pertemuan bilateral juga membawa peluang kerja sama pendidikan antar kedua negara.

“Selandia Baru itu walaupun kecil tapi pendidikannya maju dan standar moralnya tinggi. Oleh karena itu tadi kita berharap kerja sama pendidikan ini lebih kita tingkatkan, apakah dia bikin di sini atau pelajar kita yang kita kirim ke sana,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono dan Staf Menteri Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendag Jamu Menteri Ekonomi ASEAN Makan Malam di Klenteng Sam Poo Kong

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bercerita sejarah kisah Sam Poo Kong. Ia mengharapkan kisah tersebut bisa menginspirasi para Menteri Ekonomi ASEAN untuk membawa semangat positif dalam rangkaian Pertemuan yang digelar hingga Selasa 22 Agustus 2023.

Kisah Sam Poo Kong tersebut disampaikan dalam acara jamuan makan malam Menteri Ekonomi ASEAN dan menteri negara mitra di Klenteng ikonik Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (20/8/2023) malam. 

“Saya berharap pertemuan kita di Semarang dapat mengirim pesan kepada dunia bahwa kita di sini dapat berkomitmen untuk membangun ASEAN yang tangguh, relevan, inklusif, serta bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat kawasan ASEAN dan dunia,” kata Zulkifli Hasan.

Ketua Umum Partai Amnaat Nasional (PAN) itu mengatakan, hasil konkrit pertemuan tingkat menteri seperti Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN ke-55 dan pertemuan terkait penting untuk ASEAN dan mitra wicara bisa memastikan pertumbuhan ekonomi.  

“Kolaborasi adalah kunci. Kita bekerja bersama-sama untuk membuat ASEAN menjadi pusat dari pertumbuhan ekonomi global,” ungkap Mendag Zulkifli.

Selain itu ia memandang, Sam Poo Kong punya sejarah panjang yang cukup unik dan bukti titik temu budaya Jawa dan China. Ia juga ingin menampilkan perpaduan budaya dan sejarah panjang kearifan lokal Indonesia melalui Sam Poo Kong bersama para menteri ekonomi ASEAN. 

“Sam Poo Kong bukan tempat ibadah biasa. Sam Poo Kong adalah destinasi wisata ikonik yang sarat latar belakang budaya dan telah menjadi simbol percampuran budaya antara budaya Jawa dan Tionghoa,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Ia mengatakan, kepada para menteri bahwa, Sam Poo Kong dinamai sesuai tempat Laksamana Cheng Ho berlabuh dan bermukim di Semarang. Laksamana Cheng Ho telah berjasa besar dalam penyebaran Islam di Nusantara pada masa lalu.  

3 dari 3 halaman

Suguhan Makanan dan Hiburan

Dalam jamuan makan malam (gala dinner) tersebut, para Menko Perekonomian ASEAN juga disuguhi makanan khas Indonesia seperti tahu semarang, woku ayam, sop buntut semarang, es krim markisa dan iga bakar maranggi.

Tidak hanya itu, para menteri yang hadir menyaksikan pembukaan pertunjukan tari daerah yaitu tarian kolaborasi Warak Dugder dengan Barongsam dilanjutkan tarian kontemporer Cheng Ho Ballet diiringi alunan keroncong. 

Tidak hanya itu saja, pentas tari Anoman Obong yang menceritakan kisah penculikan Dewi Shinta oleh Rahwana dan penugasan anoman sebagai utusan Rama menyelamatkan Dewi Shinta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.