Sukses

Panglima TNI Klaim Selandia Baru Dukung Pembebasan Pilot Susi Air Pakai Cara Ini

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengklaim, pemerintah Selandia Baru mendukung langkah Indonesia memakai cara soft power dalam upaya pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengklaim, pemerintah Selandia Baru mendukung langkah Indonesia memakai cara soft power dalam upaya pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Menurutnya, Indonesia juga masih mengutamakan pendekatan soft power untuk membebaskan Philip.

"Beliau sangat, apa ya, sangat mendukung apa yang dilakukan oleh TNI dalam menggunakan pendekatan soft Power. Itu kan pendekatan terus," kata Agus di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Dia menyebut, pemerintah Indonesia sudah melakukam upaya dialog. Menurutnya, dialog dilakukan lewat warga Nduga hingga Pj bupati.

"Ya itu terus dikoordinasi, kalau bagus sih secepatnya bisa," ujar Agus.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Minister of Foreign Affairs of New Zealand H.E. Mr. Winston Peters di Kemhan, Jakarta, Kamis (14/3/2024). 

Dalam kesempatan ini Prabowo menyampaikan apresiasi atas hubungan bilateral yang baik antara Indonesia dengan New Zealand (Selandia Baru), serta menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan.

"New Zealand adalah sahabat dekat dan merupakan negara mitra utama di kawasan Pasifik Selatan, khususnya di bidang pertahanan," ujar Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahas Isu Strategis

Selain itu, pada pertemuan bilateral ini dibahas sejumlah isu strategis yang berkaitan perkembangan terkini mengenai isu-isu regional dan global yang relevan. 

Kedua pejabat juga membahas kerja sama pertahanan antara kedua negara antara lain latihan bersama, kerja sama keamanan maritim, intelijen, pemeliharaan perdamaian dan bidang-bidang strategis lainnya.

3 dari 3 halaman

Pertanyakan Nasib Pilot

Sementara itu,Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon mempertanyakan soal nasib Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang kini masih disandera oleh kelompok kriminal bersenjata di Papua. Persoalan ini sempat dibahas dalam kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Senin (27/2/2024).

Dalam keterangannya, Ma’ruf menyatakan Pemerintah Indonesia terus berupaya mencari cara agar Kapten Philip Mark Mehrtens dibebaskan.

Pemerintah disebutnya mengutamakan keselamatan pilot yang telah disandera selama lebih dari satu tahun tersebut.

“Saya sampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk membebaskan (sandera), cuma kita lebih mengutamakan keselamatan dari pilot itu sehingga kita melakukannya dengan cara persuasif untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan,” ujar Ma’ruf Amin dikutip Selasa (28/2/2024).

 

 

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.