Sukses

Daftar Terbaru Miliarder Filipina Versi Forbes, Total Harta Tembus Rp 1.216 Triliun

Inilah nama-nama yang masuk dalam daftar orang terkaya Filipina terbaru versi Forbes, Kamis (10/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Perekonomian Filipina mencatat pertumbuhan hingga 6,4 persen pada kuartal pertama 2023, menandai ekspansi berkelanjutan selama dua tahun sejak pulih dari pandemi.

Meskipun ekonomi sekarang harus berurusan dengan inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi, indeks saham acuan negara itu naik 6 persen dari tahun lalu ketika kekayaan terakhir diukur. Akibatnya, kekayaan kolektif 50 orang terkaya Filipina pun meningkat jadi USD 80 miliar atau sekitar Rp 1.216 triliun dari USD 72 miliar tahun lalu.

Lebih dari setengah dari mereka yang masuk daftar lebih kaya pada tahun ini. Sy bersaudara, pewaris grup yang dibangun oleh mendiang Henry Sy Sr., mempertahankan posisi pertamanya dengan menambahkan USD 1,8 miliar ke kekayaan bersih mereka, sekarang mencapai USD 14,4 miliar.

Saham SM Investments andalan mereka, konglomerat dengan minat di bidang perbankan, properti, dan ritel, melonjak 19 persen dari tahun lalu di tengah pemulihan belanja konsumen pasca pandemi.

Selanjutnya ada pula taipan properti Manuel Villar yang masih menetap di posisi kedua dengan kekayaan USD 9,7 miliar, naik USD 1,9 miliar, didukung oleh pasar perumahan yang tangguh. Villar juga mencatatkan bisnis listriknya, Premiere Island Power REIT, pada Desember 2022.

Ada pula di posisi ketiga, Enrique Razon Jr.. Dia meraih dolar terbesar berkat peningkatan berkelanjutan dalam rantai pasokan yang membuat saham International Container Terminal Services melonjak 24 persen dari tahun lalu. Tokoh pelabuhan tetap di posisi ketiga dan meningkatkan kekayaannya sebesar USD 2,5 miliar menjadi USD 8,1 miliar.

Yang tak kalah tajirnya lagi Ramon Ang, presiden dan CEO konglomerat terdaftar San Miguel Corp.. Dia berhasil naik lima peringkat ke posisi ke-4 sebagai pembuat semen terbesar di nusantara, oleh San Miguel.

Miliarder Filipina Pendatang Baru

Selain beberapa nama tersebut, dalam daftar miliarder Filipina kini pun diisi oleh tiga pendatang baru yang semuanya adalah pewaris. Mereka antara lain keluarga Gotianun yang berada di posisi ke-22 dengan USD 850 juta; keluarga Yuchengco dengan USD 420 juta; dan Federico Lopez memulai debutnya dalam daftar dengan USD 300 juta.

Untuk mengetahui lebih lanjut, inilah nama-nama yang masuk dalam daftar orang terkaya Filipina terbaru versi Forbes, Kamis (10/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Miliarder Filipina 2023

10. Lucio Tan

Kekayaan: USD 2,6 miliar

Sumber: Diversifikasi

9. Jaime Zobel de Ayala dan Keluarga

Kekayaan: USD 2,8 miliar

Sumber: Diversifikasi

8. Isidro Consunji dan Saudara

Kekayaan: USD 2,9 miliar

Sumber: Konstruksi dan Rekayasa

7. Lance Gokongwei dan Saudara

Kekayaan: USD 3 miliar

Sumber: Diversifikasi

6. Keluarga Aboitiz

Kekayaan: USD 3,15 miliar

Sumber: Diversifikasi

 

3 dari 3 halaman

Daftar Miliarder Filipina 2023 Selanjutnya

5. Tony Tan Caktiong dan Keluarga

Kekayaan: USD 3,2 miliar

Sumber: Makanan dan Minuman

4. Ramong Ang

Kekayaan: USD 3,4 miliar

Sumber: Makanan dan Minuman

3. Enrique Razon Jr.

Kekayaan: USD 8,1 miliar

Sumber: Logistik

2. Manuel Villar

Kekayaan: USD 9,7 miliar

Sumber: Real Estat

1. Sy Bersaudara

Kekayaan: USD 14,4 miliar

Sumber: Diversifikasi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini