Sukses

Bingung Cara Menolak Beban Kerja Tambahan dari Bos? Begini Tipsnya

Ketika sebuah perusahaan kekurangan staf, beban kerja cenderung dialihkan ke pundak anggota tim yang tersisa.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa atasan kerja mungkin sering memberikan tanggung jawab tambahan bahkan di luar jam kerja. Entah itu nantinya bisa berkontribusi pada pertumbuhan profesional atau hanya membuat lelah, Anda bisa saja untuk menolaknya.

Dengan bisnis yang bergerak lebih cepat dan menuntut daripada sebelumnya, tidak mengherankan jika banyak profesional menemukan dirinya dalam situasi di mana mereka harus menyelesaikan lebih banyak dengan lebih sedikit waktu dan sumber daya. Ketika sebuah perusahaan kekurangan staf, beban kerja cenderung dialihkan ke pundak anggota tim yang tersisa.

Strivers Sensitif dan Mengatakan Tidak di Tempat Kerja

Sensitive Strivers (orang yang berprestasi tinggi yang juga sangat sensitif) sering kali menjadi orang yang tepat untuk mengerjakan tugas tambahan. Mereka tidak hanya terdorong untuk unggul, tetapi juga memiliki kebutuhan yang mendalam untuk menyenangkan orang lain. Mereka mendambakan bintang emas metaforis yang datang dengan melebihi ekspektasi dan berusaha lebih keras.

Tentu saja, validasi dapat memberikan dorongan sementara bagi Strivers Sensitif dalam komitmen dan kinerja. Namun dalam jangka panjang, hal itu dapat menyebabkan kelelahan dan akhirnya menjadi bumerang, merusak hasil organisasi.

Waktu dan Cara Menolak Pekerjaan Tambahan

1. Katakan Tidak Ketika itu Membahayakan Tanggung Jawab Pekerjaan Utama Anda

Bayangkan ini jika Anda adalah bagian dari tim produk, tetapi tiba-tiba Anda diminta membantu pemasaran. Masalahnya adalah bahwa tugas-tugas pemasaran mungkin menghabiskan begitu banyak waktu sehingga tanggung jawab pekerjaan inti Anda berkurang.

Sebelum mengatakan tidak, evaluasi dulu apakah mengambil tanggung jawab tambahan akan membahayakan kemampuan Anda untuk memberikan pekerjaan terbaik pada tanggung jawab pekerjaan utama secara konsisten atau tidak. Jika tugas tersebut tidak membawa peluang belajar atau pengembangan keterampilan yang signifikan, sebaiknya tolak dengan sopan.

Lalu, bagaimana caranya?

Alih-alih hanya mengatakan, "Maaf, saya tidak bisa menerima ini", coba akun relasional. Ini berarti mengklarifikasi alasan mengatakan tidak adalah demi kepentingan terbaik semua orang.

Misalnya, Anda dapat mengatakan, "Jika saya membantu ini, saya tidak akan dapat memenuhi komitmen yang telah saya buat".

Atau Anda dapat lebih spesifik, dengan menyatakan, "Saya tidak dapat melakukan proyek Anda, dan itu juga akan berdampak pada kualitas pekerjaan saya yang lain."

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan strategi ini dapat membantu orang lain melihat Anda sebagai orang yang peduli dan teliti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Katakan Tidak Ketika itu Bukan Ruang Lingkup Pekerjaan Anda

Dalam dunia tim matriks dan alur kerja kolaboratif saat ini, mudah untuk menemukan diri Anda melakukan pekerjaan yang sebenarnya bukan pekerjaan atau bahkan dalam lingkup pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda bekerja di bidang penjualan, Anda tidak boleh dibebani dengan tugas menjawab pertanyaan layanan pelanggan.

Misalnya Anda bisa mengatakan, "Saya tidak dapat terus melakukan tugas operasional ini. Ini berdampak negatif pada fungsi inti peran saya. Tapi saya senang melakukannya buat dokumentasi terperinci sehingga barang-barang ini dapat diserahkan dengan lancar ke tim operasi."

Di sisi lain, jika Anda tidak keberatan mengambil tanggung jawab tambahan dan yakin itu akan meningkatkan perkembangan pribadi, pastikan untuk menyatakan dengan jelas apa yang ingin Anda peroleh dari tanggung jawab baru tersebut. Ini dapat mencakup penugasan yang lebih baik, langkah menuju promosi, atau bahkan pengakuan pada rapat dewan.

Selain itu, pertimbangkan untuk meminta penyesuaian kompensasi untuk mencerminkan nilai tambah yang Anda berikan. Anda dapat mengatakan, “Selama enam bulan terakhir, saya telah memikul tanggung jawab A, B, dan C. Apa cara terbaik untuk memastikan kompensasi saya sesuai dengan cakupan yang saya tingkatkan?

 

3 dari 4 halaman

3. Katakan Tidak Ketika Tak Ada Akhir yang Terlihat

Pastikan untuk pahami gambaran lengkapnya sebelum menyetujui untuk mengambil tugas tambahan. Hindari tujuan yang tidak sesuai dengan meminta persyaratan yang jelas pada setiap inisiatif baru. Cari yang spesifik, misalnya durasi tugas akan bertahan, jumlah pertemuan yang harus dihadiri. Setelah memiliki pemahaman yang jelas, Anda dapat dengan yakin memutuskan apakah itu pasangan yang cocok.

Jika tidak cocok, sampaikan jawaban Anda dengan rasa terima kasih dan kejujuran dengan mengatakan sesuatu seperti, "Terima kasih atas kesempatannya. Saya menghargai Anda berpikir untuk menawarkan saya bagian di dalamnya. Namun, saya harus menolaknya. Dengan posisi saya saat ini tanggung jawab saya, saya tidak akan dapat memberikan perhatian penuh saya. Akan lebih baik untuk menawarkannya kepada seseorang yang memiliki bandwidth untuk membantunya mencapai potensinya."

Lihat apakah Anda dapat membantu dengan cara yang lebih kecil. Anda dapat menawarkan untuk menghadiri sesi brainstorming atau memberikan masukan pada rencana proyek. Berkontribusi di mana Anda dapat menunjukkan sifat proaktif dan membuktikan bahwa Anda adalah pemain tim.

 

 

 

4 dari 4 halaman

4. Katakan Tidak saat Permintaannya Tak Realistis

Bayangkan kepemimpinan senior meminta rencana proyek yang lengkap hanya dalam tiga hari. Anda tahu itu pertanyaan yang mustahil, tapi apa pendekatan terbaik? Cobalah kata tidak yang positif, yang memungkinkan Anda melindungi energi dan mempertahankan hubungan. Sebagai tanggapan, Anda dapat menjelaskan apa yang dapat Anda capai secara realistis dalam kerangka waktu yang diberikan.

Misalnya, Anda mungkin mengatakan, "Menyerahkan rencana yang sudah selesai pada Jumat sore tidak memungkinkan, tetapi saya dapat memberikan draf pertama. Bagaimana?"

Sebagai alternatif, Anda dapat menyarankan untuk mengadaptasi garis waktu. Misalnya mengatakan, "Saya mengerti bahwa proyek ini adalah prioritas. Hari Jumat tidak memungkinkan, tetapi saya dapat memberi Anda proyek yang sudah selesai sebelum Selasa sore."

Pilihan lainnya adalah menawarkan untuk menghubungkan mereka dengan orang lain yang dapat membantu, seperti kolega yang membantu atau kontraktor yang andal. Anda dapat mengatakan, "Bandwidth saya agak terbatas saat ini, tetapi ini terdengar seperti proyek yang bagus untuk kolega saya. Saya yakin keahlian mereka akan menjadi aset untuk proyek tersebut. Saya akan mengirimkan info kontak mereka kepada Anda."

Ingat, Anda tidak bisa mengatakan tidak untuk semua hal. Akan tetapi, kemampuan untuk mengatakan tidak untuk alasan yang tepat akan meningkatkan kepercayaan diri dan memberdayakan Anda untuk melangkah lebih jauh dalam karier.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini