Sukses

Hari Kucing Sedunia, Berikut Deretan Ras Kucing Termahal

Dalam rangka perayaan hari kucing sedunia, berikut ras kucing termahal dan biaya jika Anda tidak terlalu memperhitungkan keuangan untuk memelihara kucing.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kucing tentu saja disertai dengan biaya perawatan, makanan kucing, mainan, tagihan dokter.Namun, saat uang menjadi tidak penting sehingga membuat Anda ingin memiliki kucing mahal.

Ada sejumlah ras kucing lebih mahal dari pada yang lain karena sejumlah alasan. Beberapa ras kucing termahal adalah ras kucing besar dan yang lainnya adalah ras kucing yang manis, penuh kasih sayang dan didambakan banyak orang.

“Beberapa pecinta kucing lebih suka habiskan banyak uang untuk kucing ras karena mereka tertarik pada karakteristik fisik kucing seperti keindahan bulu kucing dan pola bulu yang unik,” ujar pembawa acara radio dan podcast The Pet Buzz, Charlotte Reed seperti dikutip dari Reader Digest, ditulis Selasa (8/8/2023).

Pada 8 Agustus ini juga diperingati sebagai hari kucing sedunia. Dalam rangka hari kucing sedunia, berikut daftar ras kucing termahal yang dilansir dari Reader Digest:

1.Savannah

Rata-rata biaya USD 6.000-USD 20.000

Ras kucing ini mencatat rata-rata biaya Rp 91,33 juta-Rp304,47 juta (asumsi kurs Rp 15.223 per dolar Amerika Serikat).Kucing Savannah dikenal elegan. Kucing ini juga sahabat keluarga yang baik dan sangat setia. Mereka dapat berbagi ruang dengan anjing dan kucing lain.

Savannah juga termasuk kucing yang ingin tahu, suka bermain dan berpetualang. “Hemat uang atau berkreasilah untuk menyediakan ruang vertical karena ras kucing ini membutuhkannya,” ujar Paola Cuevas, dokter hewan di PetKeen.

Kisaran harga kucing sangat bervariasi karena kucing generasi pertama adalah paling mahal, sedangkan generasi selanjutnya lebih murah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2.Bengal

Rata-rata biaya: USD 4.000-USD 10.000 (Rp 60,86 juta-Rp152,15 juta)

Bengal, satu-satunya ras kucing domestic yang memiliki ciri khas seperti tanda pada macan tutul, jaguar dan ocelots. Kucing ini hadir pada pertengahan 1960-an, saat kucing domestik dikawinkan dengan spesies kucing yang disebut kucing macan tutul Asia.

“Bengal, ras kucing yang ramping, cerdas, mampu berlari, melompat, memanjat, bermain-main dan bermain agar puas,” ujar Reed.

Kucing aktif ini bukan pilihan yang baik untuk pemilik kucing pertama kali dengan waktu terbatas. Jika sebagian besar kucing tak suka air, kucing Bengals suka bermain air.

3.Sphynx

Rata-rata biaya: USD 3.500-USD 6.000 (Rp 53,28 juta-Rp91,34 juta)

Sphynx terlihat seperti berada di makam Mesir kuno, tetapi jenis kucing ini berasal dari Toronto, Kanada. Kucing ini tidak berbulu berkat mutase genetik alami.

“Kucing yang tidak berbulu dan keriput ini suka bermain dengan kucing, anak-anak dan anjing lain menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk keluarga,” ujar Reed.

Dr Cuevas menuturkan, kucing yang tidak berbulu ini juga membutuhkan tabir surya untuk melindunginya dari sengatan matahari saat bersantai di dekat jendela dan berada di luar.

Akan tetapi, meski kucing ini tidak berbulu, perlu juga merawat kulitnya secara khusus dengan sering memandikannya.

3 dari 6 halaman

4.Toyger

Rata-rata biaya: USD 1.500-USD 6.000 (Rp 22,83 juta-Rp 91,32 juta)

Toyger memiliki gen campuran dari Bengal dan kucing domestik berbulu pendek. “Jika Anda pernah bermimpi bisa melatih, Toyger memiliki watak, kecerdasan dan penampilang kucing liar yang sempurna,” ujar Dr Cuevas.

Mempelajari trik baru, berinteraksi dan bermain dengan mainan kucing tidak hanya menyenangkan tetapi juga menstimulasi mental yang penting untuk kucing cerdas ini.

5.Persian

Rata-rata biaya: USD 1.300-USD 5.000 (Rp 19,79 juta-Rp 76,12 juta)

Sebagai salah satu ras kucing tertua yang diyakini berasal dari Persia (sekarang Iran). Kucing ini lebih suka tinggal bersama dengan orang dewasa di rumah yang tenang. Beberapa kucing tidak suka digendong, tetapi menikmati sesi meringkuk.

6.Himalayan

Rata-rata biaya: USD 2.800-USD 3.500 (Rp 42,62 juta-Rp 53,27 juta)

Apa yang Anda dapatkan ketika menyilangkan Persia yang cantik dengan Siam yang mencolok? Kucing Himalayan yang menggemaskan. Jenis kucing ini diciptakan pada 1930-an untuk hadirkan bulu panjang Persia dan titik warna Siam.

Kucing Himalayans kombinasi dari temperamen lembut dan bulu mewah. “Kucing ini manis dan penyayang yang sangat dekat dengan pemiliknya. Mereka suka dibelai penuh kasih daripada sesi bermain yang penuh semangat,” ujar Reed.

Bagi Anda yang ingin memelihara kucing bersiap untuk melakukan banyak perawatan. Perawatan harian adalah suatu keharusan antara lain mandi bulanan.

4 dari 6 halaman

7.Russian Blue

Rata-rata biaya: USD 1.500-USD 3.000 (Rp 22,84 juta-Rp 45,68 juta)

Terkadang ras kucing termahal ingin mengetahui nilai Anda. “Mereka mempelajari niat setiap pendatang baru dari jarak yang aman. Tapi begitu mereka tahu Anda adalah dekat dengan kucing, mereka akan menjadi penggemar terbesar Anda,” ujar Dr Cuevas.

Meski mereka disebut biru oleh pemelihara kucing, tetapi kucing ini memiliki bulu warna abu-abu kebiruan dan perak. Russian Blues populer dan mahal karena kecantikannya, tetapi juga sangat bersih dan teratur. Kucing ini juga suka dengan tempat lebih higienis.

8.Ragdoll

Rata-rata biaya: USD 1.500-USD 3.000 (Rp 22,83 juta-Rp 45,67 juta)

Kucing ini besar dan sangat halus dengan mata biru tajam. Ragdolls juga sangat populer dan memiliki harga tinggi. Namun, kucing ini dinilai lebih dari sekadar rupawan.

“Kucing yang tenang, santai, dan baik hati ini sangat sosial, membuat mereka cocok untuk rumah yang ramai dengan banyak orang dan hewan peliharaan yang ramah,” kata Reed.

Selain itu, ras kucing ini juga rukun dengan anjing. Bahkan kucing ini juga dikenal setia. Namun, Reed mengingatkan agar memperhatikan kesehatan kucing Ragdolls ini. “Kucing ini rentan terhadap masalah berat badan, masalah kencing dan jantung,” kata dia.

5 dari 6 halaman

9.British Shorthair

Rata-rata biaya: USD 1.500-USD 3.000 (Rp 22,83 juta-Rp 45,67 juta)

Kucing British Shorthairs ini dikenal karena kesehatan yang bersih meski rentan terhadap obesitas. British Shorthairs dapat hadir dalam berbagai warna, tetapi mata warna biru dan tembaga paling disukai. Akan tetapi, kucing ini tidak suka dipangku.

10.Scottish Fold

Rata-rata biaya: USD 1.500-USD 2.500 (Rp 22,84 juta-Rp 38,06 juta)

Jika Anda mencari ras kucing yang lucu, lembut dan menggemaskan, Scottish Fold dapat jadi pertimbangan. “Menyerupai burung hantu dengan mata besar,kepala bulat, dan telinga terlipat, ras menawan ini cerdas, bersuara lembut dan mudah beradaptasi dengan situasi yang baru,” ujar Reed.

Telinga kucing ini terlipat menjadi ciri khasnya, dan mengapa menjadi salah satu ras kucing termahal. Taylor Swift memiliki dua, sering ditampilkan di media sosialnya.

Telinga yang terlipat disebabkan oleh osteochondrodysplasia, suatu kondisi yang menyebabkan kelainan tulang rawan. Ini dapat menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh lain seiring bertambahnya usia kucing.

“Osteochondrodysplasia dapat sebabkan sakit sendi di pergelangan kaki, lutut, dan ekor. Ini akan sangat mempengaruhi mobilitas mereka, dan membuat menjadi kaku dan sangat tidak nyaman. Dalam beberapa kasus dapat berkembang menjadi radang sendi yang parah,” ujar Dr Cuevas.

6 dari 6 halaman

11.Peterbal

Rata-rata biaya: USD 1.000-USD 2.600 (Rp 15,22 juta-Rp 39,59 juta)

Ras kucing eksotis dan kecil ini baru ada sejak 1993. Diciptakan oleh peternak Rusia yang menyilangkan ras kucing tidak berbulu yang disebut Donskoy dan Oriental Shorthair. Kucing ini termasuk ras kucing termahal. Hal ini karena biaya mahal untuk membiakkan varietas baru dan unik.

12.Maine Coon

Rata-rata biaya: USD 1.000-USD 2.000 (Rp 15,23 juta-Rp 30,46 juta)

Maine Coons telah masuk dalam daftar ras teratas oleh Asosiasi Pemelihara Kucing selama bertahun-tahun. Hal ini seiring harganya lebih mahal. Sebagai salah satu ras kucing paling ramah, Maine Coon juga dinilai sebagai raksasa kucing yang lembut. Kucing ini sangat baik di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan keluarga lainnya.

Anda akan kesulitan melihat tanda-tanda kucing ini marah kepada Anda. “Mereka memiliki cakar yang lebih besar untuk berfungsi sebagai “sepatu salju” untuk berjalan di salju selama musim dingin di Maine,” ujar dokter hewan di The Vets, Nicole Savageau.

Kucing ini memiliki kumis panjang, dan banyak terlahir dengan jari kaki ekstra yang membantu menjelajahi alam bebas dengan lebih baik.

Meski kucing ini adalah ras yang kuat, tetapi rentan terhadap penyakit genetic tertentu. Yang paling dikhawatirkan yaitu Hypertrophic Cardiomyopathy (HCM). Pemelihara kucing juga mesti perhatikan kondisi jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini