Sukses

Arab Saudi Pangkas Produksi 1 Juta Barel Minyak Bakal Kerek Harga Energi

Langkah Arab Saudi memutuskan lanjutkan pengurangan produksi 1 juta barel minyak dapat dongkrak harga gas Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi akan memperpanjang pangkas produksi 1 juta barel minyak per hari hingga akhir September 2023. Arab Saudi menyampaikan hal itu pada Kamis, 3 Agustus 2023 sebagai upaya dongkrak harga energi yang lesu.

Langkah Arab Saudi tersebut dinilai dapat mendorong harga gas Amerika Serikat (AS) lebih tinggi. Demikian dikutip dari AP, Minggu (6/8/2023).

Pengurangan produksi minyak Arab Saudi yang dimulai pada Juli terjadi karena produsen OPEC+ lainnya telah sepakat untuk memperpanjang pengurangan produksi sebelumnya hingga tahun depan.

Rata-rata nasional untuk harga bahan bakar AS mencapai sekitar USD 3,82 pada Selasa, 2 Agustus 2023, sekitar 30 sen lebih tinggi dari bulan lalu, menurut motor club AAA. Sementara harga saat ini tetap jauh lebih rendah dari tahun lalu, ketika biaya energi melonjak dalam beberapa bulan setelah invasi Rusia ke Ukraina. Pengamat menilai, lompatan seperti itu tidak biasa.

Musim panas yang semakin panas mencatat rekor pada 2023 juga berdampak dengan mendorong permintaan AC dan memaksa kilang beroperasi dengan kapasitas yang berkurang.

Arab Saudi mengumumkan perpanjangan itu dalam sebuah pernyataan di Saudi Press Agency yang dikelola pemerintah, mengutip sumber di Kementerian Energi.

Sumber itu menambahkan, kalau pemangkasan produksi minyak dapat diperpanjang jika diperlukan. “Pemotongan tambahan sukarela ini dilakukan untuk memperkuat upaya pencegahan yang dilakukan oleh negara-negara OPEC+ dengan tujuan mendukung stabilitas dan keseimbangan pasar minyak,” ujar pejabat itu.

Adapun langkah ini telah sesuai harapan analis. Harga minyak Brent diperdagangkan di atas USD 80 per barel pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Serangkaian pengurangan produksi selama setahun terakhir gagal mendorong harga secara substansial di tengah melemahnya permintaan dari China dan kebijakan moneter yang lebih ketat yang ditujukan untuk meredam inflasi.

Harga minyakBrent sebagian besar berada di antara USD 75-USD 85 per barel sejak Oktober 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arab Saudi Ingin Kerek Harga Minyak

Arab Saudi sangat tertarik untuk menaikkan harga minyak untuk mendanai Vision 2030, sebuah rencana ambisius untuk merombak ekonomi, mengurangi ketergantungan pada minyak dan menciptakan lapangan kerja bagi populasi generasi muda.

Rencana tersebut mencakup beberapa proyek infrastruktur besar-besaran, termasuk Pembangunan kota futuristic senilai USD 500 miliar yang disebut Neom.

Di sisi lain, harga lebih tinggi juga akan membantu Presiden Rusia Vladimir Putin mendanai perang di Ukraina, karena negara-negara barat telah memakai batasan harga untuk mencoba memangkas pendapatan Rusia.

Sanksi barat berarti Rusia terpaksa menjual minyaknya dengan harga diskon ke negara-negara seperti China dan India. Estimasi pendapatan ekspor turun USD 1,4 miliar menjadi USD 13,3 miliar pada Mei, turun 36 persen dari tahun lalu, demikian laporan Badan Energi Internasional.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Dunia Catat Kenaikan 6 Minggu Berturut-turut

Sebelumnya, harga minyak naik lebih dari satu dolar per barel pada hari Jumat untuk mencatat kenaikan enam minggu berturut-turut, setelah produsen utama Arab Saudi dan Rusia memperpanjang pengurangan pasokan hingga September, menambah kekhawatiran kekurangan pasokan minyak.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (5/8/2023), harga minyak mentah Brent berjangka naik USD 1,10, atau 1,3%, menjadi menetap di USD 86,24 per barel.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS naik $1,27, atau 1,6%, ditutup pada $82,82 per barel. Kedua tolok ukur mencapai level tertinggi sejak pertengahan April pada hari Jumat.

Pengurangan Produksi Arab SaudiArab Saudi pada hari Kamis memperpanjang pengurangan produksi minyak sukarela sebesar 1 juta barel per hari hingga akhir September, membuka pintu untuk perpanjangan lainnya. Rusia juga memilih untuk mengurangi ekspor minyaknya sebesar 300.000 barel per hari bulan depan.

"Dengan perpanjangan pengurangan produksi, kami mengantisipasi defisit pasar lebih dari 1,5 juta barel per hari (bpd) pada September, menyusul perkiraan defisit sekitar 2 juta bpd pada Juli dan Agustus," tulis analis UBS dalam sebuah catatan.

Di sisi permintaan, konsumsi minyak global dapat tumbuh sebesar 2,4 juta barel per hari tahun ini, Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan pada hari Jumat setelah pertemuan panel menteri dari kelompok OPEC+ - Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya.

 

 

4 dari 4 halaman

Prediksi Harga Minyak

Pertemuan tersebut tidak menghasilkan perubahan pada kebijakan output. Panel mencatat bahwa mereka dapat mengambil tindakan tambahan kapan saja, yang dapat berarti pemotongan tambahan jika kondisi pasar memburuk, catatan UBS menambahkan.

UBS memperkirakan harga Brent akan diperdagangkan dalam kisaran $85 hingga $90 per barel selama beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya pada hari Rabu, Administrasi Informasi Energi AS melaporkan bahwa persediaan minyak mentah negara itu turun dengan rekor 17 juta barel minggu lalu karena ekspor dan masukan minyak mentah penyulingan meningkat di jantung musim perjalanan musim panas.

Membebani harga minyak, data yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan ekonomi AS mempertahankan laju pertumbuhan pekerjaan yang moderat pada bulan Juli, tetapi kenaikan upah yang solid dan penurunan tingkat pengangguran menunjukkan berlanjutnya pengetatan dalam kondisi pasar tenaga kerja.

Selain itu, penurunan aktivitas bisnis zona euro memburuk lebih dari perkiraan semula pada bulan Juli dan Bank of England menaikkan suku bunga ke puncak 15 tahun pada hari Kamis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini