Sukses

Ekonomi Adalah Ilmu Pengelolaan Sumber Daya, Ini Sederet Ulasannya

Ekonomi adalah ilmu pengelolaan sumber daya. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, ketidakpastian ekonomi yang masih menghantui dunia termasuk di negara maju.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyoroti ketidakpastian ekonomi yang masih menghantui dunia, termasuk di negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa dan China.

"Ketidakpastian ekonomi global masih tetap tinggi. Pertumbuhan ekonomi global tahun 2023 tetap diperkirakan sebesar 2,7 persen namun disertai pergeseran sumber pertumbuhan," kata Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG), yang disiarkan secara daring pada Selasa (25/7/2023).

Di satu sisi, pertumbuhan Amerika Serikat dan beberapa negara maju di Eropa diperkirakan akan lebih baik dipengaruhi oleh konsumsi rumah tangga seiring dengan perbaikan upah dan keyakinan konsumen.

Kemudian ada juga ekonomi Jepang yang diperkirakan masih kuat dipengaruhi oleh konsumsi rumah tangga dan ekspor yang membail.

"Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok lebih rendah sejalan dengan tertanannya konsumsi dan investasi terutama di sektor properti," ungkap Perry.

Adapun tekanan inflasi di negara maju yang diperkirakan masih relatif tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh perekonomian yang menguat dan pasar tenaga kerja yang masih ketat.

"Hal ini diperkirakan akan mendorong kenaikan lebih lanjut suku bunga moneter negara maju termasuk Fed Fund Rate di Amerika Serikat," jelasnya.

Kerap menjadi isu yang didiskusikan oleh berbagai pengamat dan ahli, ekonomi menjadi salah satu hal yang penting dalam berjalannya kemajuan suatu negara atau wilayah. Ekonomi adalah ilmu pengelolaan sumber daya, dan menurut Hermawan Kartajaya, ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya.

Berikut adalah definisi ekonomi dari berbagai ahli, yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Selasa (25/7/2023) :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adam Smith

Ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

Mill J.SE

Ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

Abraham Maslow

Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Paul A. Samuelson

Ekonomi adalah cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

3 dari 4 halaman

Berasal dari Bahasa Yunani

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani. Asal katanya Oikos atau Oiku dan Nomos yang memiliki arti peraturan rumah tangga. Berdasarkan pengertian umum, ekonomi adalah ilmu untuk mengkaji urusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara agar bisa sejahtera.

Bila disederhanakan, ekonomi adalah ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ekonomi adalah ilmu yang membuat berbagai kegiatan dilakukan untuk dijadikan solusi. Solusi ini menjawab keberadaan kegiatan produksi, distribusi, sampai konsumsi yang dikenal sebagai prinsip ekonomi.

 

4 dari 4 halaman

Ekonomi Adalah Ilmu Pengelolaan Sumber Daya

Cara berfikir dan bertindak yang sesuai dengan ilmu ekomoni adalah ekonomis dan sesuai prinsip ekonomi. Bapak Sosiologi, Ibnu Kaldun memberikan definisi ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang positif dan normatif. Mempelajari ekonomi tidak semata memenuhi kebutuhan, tetapi turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bukan individu.

Apabila melihat dari prinsip ekonomi, maka bisa disebut bahwa ekonomi adalah ilmu pengelolaan sumber daya. Bagaimana manusia memanfaatkan modal, materi, dan tenaga untuk bisa memberikan kesejahteraan untuk banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini