Sukses

Beli dan Selesaikan Pelatihan Kartu Prakerja Dapat Voucher Gopay, Begini Caranya

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja bekerjasama dengan Gopay, sehingga peserta program Kartu Prakerja yang telah lolos kemudian mengikuti dan menyelesaikan pelatihan bisa mendapatkan hadiah voucher senilai Rp 60 ribu dan Rp 310 ribu.

Liputan6.com, Jakarta Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja bekerjasama dengan Gopay, sehingga peserta program Kartu Prakerja yang telah lolos kemudian mengikuti dan menyelesaikan pelatihan bisa mendapatkan hadiah voucher senilai Rp 60 ribu dan Rp 310 ribu.

"Buat kamu yang suka dan siap belajar, ada 'hadiah' nih! Prakerja dan Gopay menyediakan voucher senilai 60 ribu dan 310 ribu untuk kamu yang mengikuti dan menyelesaikan pelatihan," tulis @prakerja.go.id, dikutip Sabtu (22/7/2023).

Adapun syarat dan ketentuannya yakni untuk peserta yang mengikuti pelatihan luring atau offline hari pertama bisa mendapatkan voucher Rp 310 ribu. Voucher tersebut bisa digunakan untuk GoCar, GoRide, dan GoFood.

Namun, untuk voucher ini hanya berlaku bagi pengguna baru Gojek, dan voucher berlaku selama 30 hari saja. Peserta dihimbau jangan lupa untuk meredeem vouchernya.

Selanjutnya, peserta yang mengikuti pelatihan luring sampai akhir juga berkesempatan mendapatkan voucher senilai Rp 310 ribu. Voucher ini terbatas untuk 2.000 orang pertama yang sudah menyelesaikan pelatihan, voucher dapat digunakan oleh pengguna setia Gojek atau pengguna baru Gojek, dan voucher juga berlaku selama 30 hari.

Sementara bagi peserta Kartu Prakerja yang mengikuti pelatihan daring akan mendapatkan voucher senilai Rp 60 ribu (khusus untuk pengguna setia Gojek).

Sambungkan Akun Gopay

Peserta wajib menyambungkan akun Gopay ke akun Kartu Prakerja dan melakukan redeem (ikut pelatihan hari pertama). Voucher ini hanya bisa digunakan untuk GoCar dan GoRide saja.

Lalu, untuk peserta Kartu Prakerja yang mengikuti pelatihan daring dan merupakan pengguna baru Gojek bisa mendapatkan voucher senilai Rp 310 ribu yang bisa digunakan untuk GoCar, GoRide, dan GoFood.

Sebagai informasi, batas waktu pembelian pelatihan pertama Kartu Prakerja adalah 15 hari setelah peserta dinyatakan lolos.

Saldo pelatihan Kartu Prakerja juga memiliki periode kadaluarsa jika peserta tidak membeli pelatihan lainnya dalam 15 hari setelah penyelesaian (hingga pemberian penilaian dan ulasan) pelatihan pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Kartu Prakerja Tetap Lanjut di 2024? Ini Bocorannya

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari menegaskan program Kartu Prakerja tetap berlanjut pada tahun depan atau pada 2024.

Hal itu pun telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat temu alumni Kartu Prakerja di Sentul International Convention Center, Bogor, Juni 2022. Namun terkait anggaran dan jumlah peserta program Kartu Prakerja untuk tahun depan masih dalam tahap diskusi dengan Komite Cipta Kerja.

Anggaran dan jumlah orang masih didiskusikan dengan Komite Cipta Kerja tapi yang pasti 2024 Prakerja lanjut, dan ini telah disampaikan bapak Presiden saat temu raya (Kartu Prakerja) di Sentul tahun lalu," kata Denni dalam konferensi internasional bersama UIL (The UNESCO Institute for Lifelong Learning) di Bali, Senin (3/7/2023).

Terkait pelatihan yang ditawarkan dalam program Kartu Prakerja juga belum ditentukan. Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja masih mempersiapkan pelatihan-pelatihan untuk tahun depan.

"Apa saja yang akan ditawarkan, tunggu semoga saja di akhir Juli kita akan ada kegiatan, karena saya harap ini menajdi harapan menunjukkan fleksibeliti kita untuk mmenuhi skill-skill masa depan," ujarnya.

Disamping itu, Denni belum bisa memberikan bocoran tentang rencana Kartu Prakerja setelah 2024. Namun, dipenghujung tahun 2024 rencananya akan ada kejutan dari Pemerintah terkait kepastian program ini.

"Bagaimana setelah 2024, saya undang teman-teman untuk terus memantau ini karena di penghujung acara ada sesuatu yang spesial, tapi untuk unboxingnya tidak bisa sekarang," ujarnya.

Sebagai informasi, program Kartu Prakerja diluncurkan pada April 2020. Pada masa pandemi Covid-19, Program Kartu Prakerja menghadirkan pelatihan daring dan menggunakan Skema Semi Bansos dengan tujuan memberikan manfaat ganda dalam meningkatkan kompetensi serta menjaga daya beli masyarakat yang terdampak pandemi.

Di sisi lain, semakin pulihnya kondisi pandemi saat ini, Pemerintah akhirnya mengubah skema program Kartu Prakerja menjadi skema normal untuk tahun 2023. 

3 dari 4 halaman

Gandeng UNESCO, Menko Airlangga Luncurkan Kampanye Pembelajaran Sepanjang Hayat Kartu Prakerja

Kementerian Koordinator bidang Perekonomian melalui Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyelenggarakan konferensi internasional bersama UIL (The UNESCO Institute for Lifelong Learning) di Bali, Senin (3/7/2023).

Konferensi tersebut bertajuk "Inclusive Lifelong Learning Conference". Kegiatan ini merupakan lanjutan dari CONFINTEA VII yang berlangsung di Marrakesh, Maroko pada 2022 lalu.

Konferensi ILLC di Bali ini bertujuan untuk menciptakan platform pembelajaran sepanjang hayat yang inklusif sesuai dengan rekomendasi yang dihasilkan dalam Marrakesh Framework for Action (MFA).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, belajar sepanjang hidup merupakan hal yang sangat penting, baik bagi individu maupun bagi masyarakat secara keseluruhan.

Airlangga menegaskan, belajar sepanjang hidup "Inclusive Lifelong Learning" berfungsi sebagai alat yang ampuh dalam memberdayakan individu di seluruh dunia untuk menghadapi tantangan global di masa mendatang, termasuk perubahan iklim, pergeseran demografis, volatilitas pasar tenaga kerja, dan banyak lagi.

"Pembelajaran seumur hidup juga memainkan peran sentral dalam membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sepenuhnya memanfaatkan kemajuan teknologi, termasuk yang didorong oleh AI generatif," ujar Airlangga.

 

4 dari 4 halaman

Inclusive Lifelong Learning Conference

Menurutnya di era disrupsi ini, kunci untuk berkembang, terletak pada kemampuan diri untuk beradaptasi, pada keterampilan, keterampilan ulang, dan peningkatan keterampilan, singkatnya terletak pada merangkul pembelajaran seumur hidup.

Oleh karena itu, Indonesia berinisiatif bersama UNESCO Institute of Lifelong Learning untuk menyelenggarakan Inclusive Lifelong Learning Conference ini.

"Kami, sebagai pemerintah, perlu membuat kebijakan yang memungkinkan dan program yang efektif. Kita juga perlu berkolaborasi untuk mendorong inisiatif pembelajaran sepanjang hayat," ujarnya.

Lebih lanjut, dengan jumlah penduduk lebih dari 280 juta jiwa, Indonesia berdiri sebagai negara terpadat keempat di dunia. Indonesia adalah “Satu Bangsa” dengan lebih dari 17.000 pulau, 1.300 kelompok etnis, dan 1.200 bahasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini