Sukses

Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN Level Dewa, Erick Thohir Buka Suara

Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi keluhan warganet yang menyebut Tes Bahasa Inggris (TBI) dalam program rekrutmen BUMN terlampau sulit.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi keluhan warganet yang menyebut Tes Bahasa Inggris (TBI) dalam program rekrutmen BUMN terlampau sulit.

Merespon itu, Erick bakal mengkaji lagi tingkat kesulitan Tes Bahasa Inggris yang menjadi ujian tahap kedua dari rangkaian Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

 

"Kalau memang sulit, nanti kita lihat standarnya terlalu tinggi atau tidak," ujar Erick Thohir saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Adapun keluhan soal TBI tersebut ramai dicuitkan oleh para pengguna Twitter. Pasalnya, itu dianggap jauh lebih susah dibandingkan tes Bahasa Inggris lain semisal TOEFL maupun IELTS.

"TNI BUMN adalah salah satu ujian menjadi abdi dalem Kerajaan Inggris... Yang lolos TOEFL aja belum tentu lolos TNI kalau belum menguasai bahasa krama inggil Bahasa Inggris..." tulis akun @yheghe09.

Sejumlah netizen pun menilai TBI rekrutmen BUMN tidak terlalu susah sebagai tolak ukur untuk menjadi pegawai BUMN. Beberapa di antaranya bahkan menantang Erick Thohir untuk ikut menjajalnya.

"Kalau lihat reviewnya, TBI BUMN ini unnecessarily hard. Soalnya pas kerja tetap pake Bahasa Indonesia, plus vocabulary yang dipake dalam kerjaannya ga bakal sekompleks itu," kata akun @IamPrasPrasetja.

"Gua yakin @erickthohir aja kalau ngerjain TBI BUMN ga lebih dari 450 scorenya. Gua yg scorenya cuma 421 aja udah merasa bangga telah melalui masa2 terberat selama ngadepin soal tes bahasa inggris di umur hidup gua," tulis akun @dwi_satria1993.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Materi Tes Rekrutmen Bersama BUMN, Kenali Arti Nilai dalam AKHLAK BUMN

Sebelumnya, AKHLAK BUMN menjadi nilai yang secara luas diberlakukan di perusahaan perusahaan Badan Usaha Milik Negara. Selain itu, AKHLAK BUMN juga menjadi salah satu materi yang ditampilkan dalam seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Melansir laman resmi BUMN, Senin (12/6/2023) AKHLAK BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang merupakan core values dari BUMN.

Penerapan core values AKHLAK BUMN melingkupi seluruh SDM BUMN, mulai dari Direksi, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas, Manajemen/Pegawai, dan karyawan/pekerja di lingkungan BUMN, Anak Perusahaan, serta Perusahaan Afiliasi Terkonsolidasi.

Dalam nilai Amanah, ditekankan pentingnya memegang teguh kepercayaan yang diberikan, dengan memenuhi janji dan komitmen, bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan, serta berpegang teguh kepada nilai moral dan etika. 

Kemudian dalam nilai Kompeten, seluruh SDM BUMN diharapkan dapat terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, serta menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

Adapun Harmonis, yaitu pentingnya untuk saling peduli dan menghargai perbedaan, menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Selanjutnya, dalam core value "Loyal", ditekankan untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara, rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar, dan patuh pada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika. 

3 dari 3 halaman

Nilai AKHLAK BUMN Lainnya

Kemudian dalam nilai Adaptif, SDM BUMN diharapkan dapat terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik, terus menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi dan bertindak proaktif.

Adapun nilai Kolaboratif untuk membangun kerjasama yang sinergis, memberi kesempatan kepada berbagai pihak yang berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, serta menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.