Sukses

Kronologi Pesawat SAM Air Hilang Kontak di Papua

Pada Jumat, 23 Juni 2023, dilaporkan bahwa pesawat SAM Air dengan registrasi PK-SMW Tipe Cessna Grand Caravan C208B, yang berangkat dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga 10.53 WIT telah hilang kontak pada pukul 11.07 WIT

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau lebih dikenal sebagai AirNav Indonesia melaporkan, pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri atau pesawat SAM Air hilang kontak di Papua.

Pesawat SAM Air tersebut hilang jejak pasca lepas landas dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga pada Jumat, 23 Juni 2023 hari ini.

"Jumat, 23 Juni 2023, dilaporkan bahwa pesawat SAM Air dengan registrasi PK-SMW Tipe Cessna Grand Caravan C208B, yang berangkat dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga 10.53 WIT telah hilang kontak pada pukul 11.07 WIT, pada koordinat POIK (16 NM arah selatan dari Bandara Elelim)," jelas Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi, Jumat (23/6/2023).

Rosedi mengatakan, pihaknya kini telah mengerahkan bantuan untuk melacak keberadaan pesawat SAM Air tersebut. Dengan turut dibantu armada pesawat milik Susi Air yang biasa mengangkasa di langit Papua.

"Hingga statement ini dikeluarkan, pencarian sedang dilakukan menggunakan pesawat Pilatus Susi Air dengan registrasi PK-VVK, yang berangkat dari bandara Wamena pukul 13.37 WITA," ungkapnya.

"AirNav Indonesia bersama seluruh stakeholder penerbangan terkait, terus mengupayakan pencarian keberadaan pesawat PK-SMW tersebut dan update kondisi di lapangan," ujar Rosedi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat Semuwa Air Hilang Kontak di Papua, Bawa 4 Penumpang

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan mengakui adanya laporan tentang pesawat Semuwa Air hilang kontak. Pesawat tersebut berkode penerbangan PK SMW.

Memang benar ada laporan pesawat PK-SMW jenis Grand Caravan C208B hilang kontak dalam penerbangan dari Elelim menuju Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan.

Pesawat yang dikemudikan pilot Capten Hari Permadi dan co pilot Levi Murib dilaporkan berangkat dari Elelim pukul10.53 LT menuju Poik yang dijadwalkan tiba pukul 11.06 LT namun hingga kini pesawat tersebut belum tiba di Poik, kata Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan kepada Antara, Jumat sore.

Diakui, dari laporan yang diterima posisi pesawat PK-SMW melalui satelite tracking terakhir pada koordinat 03 52 43,67S 139 27 16.07E dengan ketinggian 6956FT.

"Saat ini upaya pencarian informasi terkait keberadaan pesawat PKSMW masih dilakukan, " kata Marsma TNI M. Dadan Gunawan dikutip dari Antara, Jumat (23/6/2023).

Sebelumnya Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU)Elelim Genos Imanuel secara terpisah membenarkan ada insiden hilang kontaknya pesawat yang membawa empat penumpang .

Pesawat hilang kontak dalam penerbangan Elelim-Poik, kata UPBU Elelim Genos Imanuel, Jumat, yang dihubungi dari Jayapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini