Sukses

Manchester City Juara Liga Champions Usai Kalahkan Inter Milan di Stadion Ataturk Istanbul, Berapa Hadiah yang Didapat?

Manchester City menjad juara Liga Champions setelah mengalahkan Inter Milan di Stadion Ataturk Istanbul, Turki pada Minggu dini hari, 11 Juni 2023. Lalu berapa hadia yang didapat tim asuhan Pep Guardiola?

Liputan6.com, Jakarta - Tim Manchester City dipertimbangkan menjadi salah satu tim terbaik sepanjang sejarah Eropa setelah memenangkan final Liga Champions 2023.

Dikutip dari Sporting News, ditulis Minggu (11/6/2023), Manchester City kantongi juara Liga Premier 2022/2023 dan FA Cup. Kini tim asal Inggris ini menjadi juara Liga Champions.

Lalu berapa hadiah yang didapat juara Liga Champions?

Dikutip dari Metro.co.uk, pemenang Liga Champions diharapkan dapatkan hadiah uang 17 juta pound sterling atau sekitar Rp 317,93 miliar (asumsi pound sterling 18.702 per dolar AS).Sedangkan juara kedua diperkirakan raih hadiah uang 13 juta pound sterling atau sekitar Rp 243,12 miliar.

Namun, kedua finalis akan mendapatkan dana lebih besar dari pada ini. Lantaran hadiah uang yang diberikan saat tim maju melalui setiap tahap kompetisi. Sekitar 2,4 juta pound sterling atau sekitar Rp 44,88 miliar dibagikan untuk setiap kemenangan di babak penyisihan grup.

Ini berarti Manchester City dan Inter Milan akan mendapatkan 50 juta pound sterling atau sekitar Rp 935,10 miliar dan 60 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,12 triliun dari perjalanan di Liga Champions.

Hadiah tersebut belum termasuk pendapatan dari TV yang menambah lebih banyak dana ke pundi-pundi klub. Porsi dari TV bersnilai sekitar 260 juta pound sterling dan dibagi antara tim berdasarkan nilai pasar dan hasil sebelumnya dalam kompetisi.

Dengan demikian, tim pemenang akan diberikan lebih dari 80 juta pound sterling saat hadiah uang ditambahkan ke pendapatan TV.

Berapa banyak uang yang akan diterima pemain sebagai bonus?

Ini adalah praktik standar bagi pemain untuk memasukkan bonus kemenangan Liga Champions ke dalam kontrak mereka. Berdasarkan laporan Daily Mail, pemain Manchester City seperti Kevin De Bruyne akan terima pembayaran sekitar 1 juta pound sterling atau Rp 18,70 miliar jika menjadi pemenang di Istanbul Turki. Sebelumnya, Manchester City telah menang Liga Premier dan Piala FA pada musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Berisi Pemain Bintang

Dikutip dari Sporting News, pelatih Pep Guardiola telah menyusun skuad yang penuh dengan bintang dan pemain kunci mulai dari transfer mahal hingga lulusan akademi yang muda dan cemerlang.

Dimiliki dan dijalankan Sheikh Mansour sejak 2013, Manchester City menjadi salah klub terkaya dan terkuat secara keuangan di dunia.

Jaringan dan anak perusahaan klub yang luas telah menjadikan mereka menjadi salah satu kekuatan paling dominan di pasar transfer dan buktinya ada di tim utama Manchester City.

Klub yang dimiliki kerajaan Uni Emirat Arab ini memiliki kekuatan keuangan yang jumbo. Hal ini juga yang buat klub tak ragu untuk mengeluarkan biaya transfer cukup besar untuk beberapa pemain mahal.

Nilai transfer seorang pemain tidak selalu mencerminkan kualitas atau nilainya. Hal ini seiring dipengaruhi oleh banyak, termasuk usia, klub, kebangsaan, sisa panjang kontrak, pengaruh klub sebelumnya di pasar, klausul pelepasan, dan banyak faktor lainnya.

Kekuatan keuangan Manchester City yang sering datang untuk mengamankan pemain dengan gaji tinggi yang belum mampu dibeli klub lain. Misalnya kedatangan Erling Haaland dari Borussia Dortmund menelan biaya 52 juta pound sterling atau sekitar Rp 972,42 miliar.

 

3 dari 3 halaman

Nilai Tim Manchester City

Namun, biaya itu lebih rendah dari pada nilai di pasar. 52 juta pound sterling tersebut ditetapkan oleh klausul rilis dalam kontraknya dengan Borussia Dortmund dan bukan hasil negosiasi. Banyak klub bersedia membayar dengan jumlah yang sama, tetapi Haaland memilih Manchester City seiring gaji yang ditawarkan.

Selain itu, pemain termahal dalam daftar Manchester City adalah Jack Grealish. City membayar 100 juta pound sterling ke Aston Villa untuk Grealish pada musim panas 2021.

Berapa nilai skuad Manchester City?

Biaya dan nilai saat ini dua hal yang terpisah. Nilai adalah representasi teoretis yang dirasakan dari nilai skuad saat ini di pasar. Sedangkan biaya adalah dana dari transaksi sebelumnya.

Berdasarkan Transfermarkt, pemain paling berharga di Manchester City adalah striker Erling Haaland. Menggabungkan masa muda, posisi, bakat kelas dunia, hingga kekuatan bintang dia dinilai menjadi pemain sempurna untuk menjadi pemain paling berharga sangat besar jika dijual ke klub lain saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini