Sukses

Profil Putri Ariani, Penyanyi Indonesia Pertama Raih Golden Buzzer America’s Got Talent

Nama Putri Airiani seakan menggeparkan dunia. Ini lantaran wanita kelahiran Riau 31 Desember 2005 ini mendapatkan Golden Buzzer America’s Got Talent 2023

Liputan6.com, Jakarta Nama Putri Airiani seakan menggeparkan dunia. Ini lantaran wanita kelahiran Riau 31 Desember 2005 ini mendapatkan Golden Buzzer America’s Got Talent 2023. Putri Ariani kini menjadi penyanyi Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan tiket tersebut.

Menyanyikan dua lagu sambil bermain piano, gadis penyandang tunanetra ini berhasil mendapatkan golden buzzer dari Simon Cowell.

Golden buzzer tersebut mampu membawa Putri Ariani melaju langsung ke babak semifinal atau panggung live. Selain bernyanyi dan bermain piano, hal memukau lain yang ditampilkan Putri adalah menyanyikan salah satu lagu ciptaannya sendiri, 'Loneliness'.

Bahkan, Simon meminta Putri untuk menyanyikan satu lagu lagi. Tanpa ragu, Putri pun menyanyikan lagu Elton John, 'Sorry Seems to Be the Hardest Word'.

Aksi memukau Putri membuat Simon Cowell di America’s Got Talent 2023 tak ragu untuk menekan tombol emas tersebut. Ia bahkan menyebut Putri sebagai sosok brilian.

Lahir Prematur

Dikutip dari beberapa sumber, Putri Aiani adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty. Putri memiliki dua adik perempuan bernama Devina Elysia dan Vania Larissa.

 

Putri lahir dengan keadaan prematur saat usia kandungan sang ibu 6 bulan 18 hari lantaran sang ibu mengalami plasenta previa. Setelah lahir, Putri harus berada di dalam inkubator bayi selama 3 bulan di rumah sakit. Putri divonis mengalami katarak pada saat dirinya keluar dari inkubator.

Dari kejadian ini, Putri kemudian dibawa oleh orang tuanya ke Singapura untuk berobat. Dia bahkan sempat menjalani opeerasi mata kanannya, hanya saja itu tak membuahkan hasil. Putri dinyatakan buta total ketika berusia baru tiga bulan.

Awal Mula Bakat Bernyanyi

Bakat bernyanyi Putri muncul saat dirinya berusia dua tahun. Kegemarannya muncul berawal dari ia sering meniru bunyi suara yang didengarkan. Putri mempelajari musik secara autodidak tanpa mengikuti les vokal. Ia mulai tampil bernyanyi di panggung sejak berusia tujuh tahun.

Profil Putri Ariani di dunia tarik suara diketahui sebagai Juara I Indonesia’s Got Talent 2014. Sejak saat itu namanya semakin dikenal. Pada 2016, Putri mendapatkan penghargaan dalam rangka Anugerah Baiduri sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional. Kemudian di tahun yang sama, Putri mendapatkan juara 2 tingkat nasional literasi FLS2N, dan menjadi finalis di acara The Voice Kids Indonesia (musim kedua).

Dia juga pernah membawakan lagu Song of Victory saat pembukaan Asian Para Games 2018 di Jakarta. Putri piawai dalam bermain piano dan menciptakan beberapa lagu, Putri juga mengembangkan karyanya di channel Youtube nya dan menciptakan album perdana bertajuk Melihat Dengan Hati. Belum lama ini dia merilis lagu berjudul Loneliness, lagu inilah yang dinyanyikannya di depan juri America’s Got Talent 2023.

Pendidikan

Mengenai perjalanan pendidikannya, di panggung America’s Got Talent 2023, Putri secara terang terangan mengaku ingin mendapatkan beasiswa di Juilliard School yang merupakan sekolah ternama.

Sebelumnya, Putri menempuh pendidikan di SMK Negeri 2 Kasihan atau yang dikenal Sekolah Menengah Musik Yogyakarta (SMM) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putri Ariani Bikin Penonton America's Got Talent Nangis, Juri Menyebutnya Punya Suara Bak Malaikat

 Putri Ariani mungkin tak pernah menyangka penampilannya dalam audisi America’s Got Talent mendapat sambutan begitu meriah dari juri dan penonton yang hadir di studio. Ia membawakan dua lagu dalam babak audisi tersebut.

Yang pertama adalah lagu miliknya sendiri bertajuk “Loneliness.” Selanjutnya, atas permintaan Simon Cowell yang ingin mendengarkan satu lagu lagi, ia membawakan lagu Elton John, “Sorry Seems to Be the Hardest Word.”

Setelah tuntas membawakan lagu kedua, pemenang Indonesia's Got Talent pada 2014 ini tampaknya baru ngeh sepenuhnya dengan sorak sorai penonton di sekitarnya. Dara yang sejak kecil bercita-cita tampil di America’s Got Talent ini bahkan langsung menangis terharu.

“Aku begitu bersemangat. Aku enggak percaya aku benar-benar bisa berdiri di sini,” ucapnya tersendat di sela tangisnya. Sebagian penonton—baik laki-laki maupun perempuan—juga terlihat mengusap air mata haru karena hal ini.

“Kamu hebat sekali. Kami semua terpesona olehmu,” kata salah satu juri, Sofia Vergara.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Aktris Modern Family ini kemudian memuji suara gadis penyandang tunanetra tersebut, dan menyebutnya sebagai malaikat.

Juri lain, Howie Mandel, ikut nimbrung. “Banyak orang yang tak percaya malaikat, tapi kurasa ada satu malaikat yang baru saja mendarat ke bumi, ke panggung kami,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini