Sukses

Dikelilingi Hutan, Tengok Megahnya Desain Kantor Kemenko Perekonomian di IKN Nusantara

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mendapat kontrak membangun Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 2 Bidang Perekonomian di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mendapat kontrak membangun Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 2 Bidang Perekonomian di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara. Proyek pembangunan bangunan gedung dan kawasan kantor Kemenko 2 merupakan salah satu dari total empat paket lelang pembangunan gedung dan kawasan Kementerian Koordinator.

Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi mengatakan, pekerjaan utama pada proyek di IKN Nusantara ini terdiri dari dua bagian, yakni bangunan gedung dan penataan kawasan. Gunadi merinci lingkup pekerjaan utama untuk bangunan gedung mencakup pekerjaan preliminary, arsitektur, interior, struktur, mekanikal gedung, elektrikal gedung, plumbing gedung, penilaian bangunan gedung hijau, dan penerapan smart building.

“Adapun lingkup pekerjaan utama untuk penataan kawasan meliputi pekerjaan geoteknik kawasan, pekerjaan 2 kolam retensi, lanskap kawasan, jalan, jembatan second walkway, kawasan multi utility tunnel, infrastruktur sumber daya air kawasan, mekanikal kawasan, elektrikal kawasan, dan plumbing kawasan,” paparnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/5/2023).

Proyek pembangunan bangunan gedung dan kawasan kantor Kemenko 2 merupakan salah satu dari total empat paket lelang pembangunan gedung dan kawasan Kementerian Koordinator.

Pembangunan gedung dan kawasan ini sejalan dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang ingin melaksanakan upacara bendera di Lapangan Istana Negara IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024. 

“Lapangan ini masih berada dalam satu kompleks dengan proyek pembangunan bangunan gedung dan kawasan kantor Kemenko 2. Jadi, proyek ini adalah salah satu paket yang paling terakhir dinyatakan selesai tendernya. Hutama Karya berkomitmen untuk menyelesaikannya tepat waktu dan tepat mutu,” kata Gunadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Distrik Pemerintahan

Lokasi kawasan kementerian koordinator sendiri nantinya berada di distrik pemerintahan. Tepatnya, di zona pemerintahan SUB BWP 1A. Kawasan ini merupakan lokasi yang strategis karena berseberangan dengan Istana Presiden.

Lalu, berada di antara Sumbu Kebangsaan Zonasi kawasan Kementerian Koordinator yang terdiri dari empat bidang mengapit Sumbu Kebangsaan di area Plaza Seremoni. Posisinya tepat berada di bawah kawasan Istana Presiden dengan tujuan memudahkan koordinasi dan bisa menjadi titik landmark dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

 

3 dari 3 halaman

Sumbu Kebangsaan

 

“Orientasi bangunan memperkuat akses ke arah Istana Presiden di sepanjang Sumbu Kebangsaan, terutama membentuk ruang positif di antara Plaza Seremoni. Istana Presiden, sebagai titik ultimasi secara tata letak dan visual di kompleks area Kementerian Koordinator dan Plaza Seremoni, menjadi pemersatu ruang terbuka hijau yang dibatasi oleh bukit bendera di sisi selatan. Keseluruhan komponen bangunan dan lingkungan menyatu dan saling terkait, memperkuat ruang-ruang

spasial dan ruang terbuka publik,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.