Sukses

Ekonomi AS Tumbuh di Atas Prediksi, Sentuh 1,3 Persen di Kuartal I 2023

Perubahan tersebut sebagian besar didukung oleh revisi ke atas pada investasi inventaris swasta, yang meliputi barang jadi, bahan baku, dan pekerjaan dalam proses yang disimpan untuk kemudian hari. Itu berarti investasi inventaris tidak terlalu membebani PDB awal tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Perdagangan Amerika Serikat melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi AS dalam tiga bulan pertama 2023 lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Produk domestik bruto atau PDB hingga output ekonomi terluas telah meningkat pada tingkat tahunan sebesar 1,3 persen pada kuartal I 2023, naik dari estimasi awal 1,1 persen seperti yang dilaporkan bulan lalu. Sementara PDB disesuaikan dengan inflasi dan musiman.

Dilansir dari CNN, Jumat (26/5/2023), perubahan tersebut sebagian besar didukung oleh revisi ke atas pada investasi swasta, yang meliputi barang jadi, bahan baku, dan pekerjaan dalam proses yang disimpan untuk kemudian hari. Itu berarti investasi inventaris tidak terlalu membebani PDB awal tahun ini.

Memang, PDB tumbuh lebih lambat pada periode Januari hingga Maret dibandingkan dengan kuartal sebelumnya bahkan berada di bawah ekspektasi ekonom. Pengeluaran konsumen yang kuat, yang menyumbang sekitar dua pertiga dari output ekonomi, telah membantu mendorong pertumbuhan Q1 bersama dengan pengeluaran pemerintah yang kuat. Bisnis mengurangi pengeluaran untuk peralatan selama periode itu.

Sejauh ini, aktivitas ekonomi tampaknya bertahan. Penjualan ritel rebound pada April setelah dua bulan penurunan, naik 0,4 persen yang disesuaikan secara musiman dari bulan sebelumnya. Pengusaha menambahkan 253.000 pekerjaan pada bulan April, kenaikan yang kuat, dan pendapatan per jam rata-rata tumbuh 0,5 persen bulan itu.

Sementara itu, aktivitas bisnis sektor swasta pun berkembang pesat sejak Mei, sebagian besar berkat sektor jasa, menurut data survei pendahuluan yang dirilis oleh S&P Global pada hari Selasa.

Bisnis penyedia jasa melaporkan permintaan yang lebih kuat, waktu perekrutan pekerja yang lebih mudah, dan optimisme yang meningkat untuk aktivitas bisnis di tahun mendatang. Sementara itu, sektor manufaktur AS turun kembali ke wilayah kontraksi di bulan Mei karena produsen melaporkan permintaan yang jauh lebih lemah .

"Ekspansi ekonomi AS mengumpulkan momentum lebih lanjut di bulan Mei, tetapi dikotomi yang meningkat terbukti," tulis kepala ekonom bisnis di S&P Global Market Intelligence Chris Williamson dalam rilisnya.

“Sementara perusahaan sektor jasa menikmati lonjakan permintaan pasca-pandemi, terutama untuk perjalanan dan liburan, produsen berjuang dengan gudang yang terlalu penuh dan kurangnya pesanan baru karena pengeluaran dialihkan dari barang ke jasa,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengeluaran konsumen tetap menjadi kekuatan

Pembelanjaan waktu luang yang kuat diharapkan terjadi pada bulan-bulan musim panas mendatang. Departemen Perdagangan merilis angka April pada pengeluaran rumah tangga, pendapatan pribadi dan pengukur inflasi pilihan Fed pada hari Jumat.

"Sepertinya konsumen masih dalam kondisi yang baik dan kami mengaitkannya dengan tingkat utang yang rendah, neraca yang kuat dalam hal tingkat tabungan yang tinggi, jadi kami berharap pengeluaran tetap positif di kuartal kedua," tambah kepala ekonom di Wilmington Trust Luke Tilley. "Saya pikir kita akan terus melihat ekonomi yang kuat, dan itu paling baik diukur dari pasar tenaga kerja."

Namun, ekonom Federal Reserve memperkirakan akan terjadi resesi ringan di akhir tahun. Ekonom, termasuk mantan Ketua Fed Ben Bernanke, percaya penurunan ekonomi diperlukan untuk mendinginkan pasar tenaga kerja dan kemudian menurunkan inflasi ke target 2 persen bank sentral.

Akan tetapi, sejauh mana standar pinjaman yang lebih ketat dan efek lambat dari kebijakan moneter akan membebani perekonomian, itu masih belum jelas. Pejabat Fed berspekulasi bahwa faktor-faktor tersebut dapat memiliki efek yang lebih besar dari yang diantisipasi, menurut risalah dari pertemuan pembuatan kebijakan Fed Mei yang dirilis pada hari Rabu.

"Dalam membahas sumber risiko penurunan aktivitas ekonomi, para peserta merujuk kemungkinan bahwa pengetatan kumulatif kebijakan moneter dapat memengaruhi aktivitas ekonomi lebih dari yang diharapkan, dan ketegangan lebih lanjut di sektor perbankan terbukti lebih besar daripada yang diantisipasi," kata risalah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.