Sukses

Wujudkan 100 Smart City di Indonesia, INTI Gelar Pameran Teknologi Bareng China

Kolabari bersama INTI, KIKT dan CAIH menjadi komitmen bersama dalam menyelenggarakan program Indonesia mewujdukan program “100 Smart City” di Tanah Air melalui event “Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023”

Liputan6.com, Jakarta Pameran bertajuk “Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023”, segera dilaksanakan di Indonesia pada tanggal 24-26 Mei 2023, di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Ini adalah bentuk tindak lanjut dari kesepakatan yang dihasilkan G20 Bali Summit untuk memperkuat kemitraan Indonesia-Tiongkok terutama sebagai dukungan atas Gerakan Menuju 100 Smart Cities dan pembangunan Ibukota Negara Indonesia (IKN) sebagai Kota Hutan Cerdas dan Lestari.

Kota cerdas atau smart city merupakan pengembangan kota berbasiskan teknologi informasi. Beberapa kota di Indonesia telah mengadopsi dan menerapkan konsep tersebut. 

Dalam mewujudkan acara yang akan berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) telah berkolaborasi bersamaChina-ASEAN Information Harbour Co., Ltd. (CAIH) dan Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT).

Menurut Ketua Umum INTI Teddy Sugianto, Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 diharapkan menjadi faktor pendorong masuknya investasi di Indonesia. Selain itu, sebagai organisasi kebangsaan, INTI tetap setia dan berkomitmen untuk ikut membantu pemulihan serta kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi.

“Kami berharap bahwa event ini akan menjadi faktor pendorong masuknya investasi di Indonesia. Kami meyakini bahwa pembangunan smart city akan menjadi tren yang terjadi di kota-kota di Indonesia,” ujar Teddy, pada konferensi pers yang berlangsung Senin (22/5/2023).

100 Smart City

Pada kesempatan ini, Mayjen TNI (Purn) Dr. dr. Ben Yura Rimba, MARS., Ketua Panitia kegiatan tersebut juga menyatakan bahwa dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mengimplementasi 100 smart city (kota cerdas) di Indonesia, dibutuhkan upaya inovatif untuk membangun dan mengembangkan ekosistem kota dalam mengatasi permasalahan daerah hingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal.

Sebagai pernyataan dukungan terhadap pembangunan IKN, Ben juga menjelaskan, “Melalui event ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengembangan Kota Cerdas dan IKN Nusantara bagi para stakeholder pembangunan smart city untuk berinvestasi di Tanah Air dan membuka peluang bagi para pelaku industri lokal terkait di pasar internasional,” 

Acara yang diselenggarakan perdana selama 3 hari ke depan nantinya akan menjadi kegiatan tahunan atau dua tahun sekali. Selain sebagai ajang pameran dan perkembangan inovasi terkini proyek Smart City nasional, acara ini siap menghadirkan berbagai kegiatan: Exhibition and Live Demo; Seminar; Awarding; Investment Services; danSolution Matching Forum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Investasi

Sebelumnya, dalam peluncuran Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023, yang digelar Kamis (16/3/2023) di Shangri-La Hotel, Jakarta, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengawal kemudahan investasi di Indonesia, termasuk terkait dalam pengembangan smart city. 

Terlebih karena Kementerian Investasi dan BKPM tahun ini ditargetkan pemerintah untuk mendapatkan  investasi sebesar Rp1.400 triliun dan investasi sebesar itu juga diharapkan akan mengerek pertumbuhan Indonesia di atas 5 persen, menurut Bahlil.

Berikut agenda kegiatan yang akan dilaksanakan mulai Rabu (24/5/2023):

Rabu, 24 Mei 2023

  • Acara Pembukaan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia. Akan hadir pula Pejabat Tinggi dari Guangdong, Beijing, Guangxi dan Shanghai, Pemerintah daerah Indonesia dan pengusaha-pengusaha dan investor dari Tiongkok, Malaysia dan Indonesia.

Kamis, 25 Mei 2023

  • Forum bertema “Pengembangan Infrastruktur Baru Indonesia-Tiongkok Smart City dan Peran Ekonomi Digital dalam Memberdayakan Transformasi dan Upgrade Industri”, turut mengundang menteri BUMN Erick Thohir.

Jumat, 26 Mei 2023

  • Forum bertema “Sustainable Development Goals Smart City di Indonesia”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini