Sukses

Investasi JETP Target Selesai 16 Agustus 2023, Ini 5 Area yang Disepakati

Rencana investasi komprehensif (comprehensive investment plan/CIP) untuk program pendanaan Just Energy Transition Partnership Investment (JETP), bisa dipublikasikan pada 16 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin, menargetkan rencana investasi komprehensif (comprehensive investment plan/CIP) untuk program pendanaan Just Energy Transition Partnership Investment (JETP), bisa dipublikasikan pada 16 Agustus 2023.

"Target publikasi CIPP JETP Indonesia adalah 16 Agustus 2023," kata Rachmat dalam Media Briefing Terkait Just Energy Transformation Partnership (JETP), Sabtu (20/5/2023).

Rachmat menyampaikan, Penyusunan CIPP dikoordinasi oleh pihak Sekretariat JETP Indonesia dan dimotori oleh 4 Kelompok Kerja yang terdiri berbagai pihak termasuk pemerintah Indonesia, lembaga nasional dan internasional serta unsur masyarakat sipil yang memiliki kepakaran pada bidang masing-masing. Kelompok kerja tersebut membidangi: Teknis, Kebijakan, Pendanaan serta Transisi Berkeadilan.

Adapun dokumen CIPP akan memuat informasi teknis, pendanaan, kebijakan serta sosio ekonomi mengenai investasi transisi energi di sektor ketenagalistrikan sampai dengan tahun 2030 yang akan melandasi implementasi kemitraan USD 20 miliar di bawah JETP Indonesia.

Untuk rinciannya, pendanaan JETP Indonesia terdiri atas USD  10 milar pendanaan publik dari para anggota IPG (Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Norwegia, Denmark dan Uni Eropa) dan USD 10 milar dari 7 institusi keuangan internasional yang merupakan anggota Glasgow Financial Alliance for Net Zero (GFANZ) yaitu HSBC, Citibank. Standard Chartered, Bank of America, Deutsche Bank, MUFG dan Macquarie.

Kemudian, dana tersebut akan disalurkan secara multi jalur dan multi pihak, tergantung dari skema investasi dan tergantung dari tipe proyek.

"Pemerintah RI akan memastikan bahwa tipe pendanaan yang disepakati merupakan tipe pendanaan dengan suku bunga  yang paling tepat bagi Indonesia dan tidak membebani perekonomian Indonesia," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tipe Pendanaan

Disamping itu, tipe pendanaan antara lain dapat berubah hibah dan pinjaman, baik lunak maupun blended finance, yaitu suatu skema dimana pendanaan komersial diramu dengan tipe pendanaan lainnya untuk menghasilkan suku bunga rendah dan persyaratan yang paling baik (biaya modal yang lebih murah).

Kata Rachmat, berdasarkan Joint Statement JETP Indonesia, mobilisasi pendanaan ditargetkan terjadi di tahun ke 3 sampai tahun ke 5 setelah kemitraan pendanaan JETP Indonesia disepakati.

Lebih lanjut, terdapat area investasi yang sudah disepakati dalam CIPP terdiri atas:

- Pengembangan jaringan transmisi dan distribusi

- Pemensiunan dini PLTU batu bara

- Percepatan pemanfaatan energi terbarukan tipe baseload

- Percepatan pemanfaatan energi terbarukan tipe variable

- Membangun rantai pasok energi terbarukan

3 dari 3 halaman

Percepat Transisi Energi, Indonesia dan Negara Mitra Luncurkan Sekretariat JETP

Pemerintah Indonesia dan pimpinan International Partners Group (IPG) meluncurkan Sekretariat Kemitraan Transisi Energi yang Adil atau Just Energy Transition Partnership (JETP). Sekretariat Kemitraan Transisi Energi yang Adil ini merupakan hasil rapat antara Pemerintah Indonesia dan pimpinan IPG yang berlangsung selama sepekan ini.

Sekretariat ini berlokasi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM). Keanggotaannya akan didukung oleh Bank Pembangunan Asia (ADB) yang berperan sebagai koordinator pemangku kepentingan internal dan eksternal. Sekretariat ini juga akan menjalankan fungsi perencanaan dan pengembangan proyek penting untuk JETP.

Pada KTT Pemimpin G20 di Bali bulan November 2022, Indonesia dan pimpinan IPG, yang dikepalai bersama oleh Amerika Serikat dan Jepang, dan beranggotakan Kanada, Denmark, Uni Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Norwegia, dan Inggris, meluncurkan kemitraan guna mendukung target baru yang ambisius untuk transisi sektor energi yang adil di Indonesia.

Untuk mencapai target ini, pendanaan awal publik dan swasta senilai 20 miliar dolar AS selama periode tiga hingga lima tahun akan dikerahkan melalui koordinasi Sekretariat JETP.

“Pendirian Sekretariat JETP merupakan tonggak penting. Sekretariat ini akan mengelola pelaksanaan sehari-hari transisi energi Indonesia menuju rendah karbon yang berkelanjutan, adil, dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Deputi Bidang Koordinasi Infrasturktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin dalam keterangan tertulis, Jumat (17/2/2023).

Sekretariat ini akan mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan JETP, termasuk, dalam enam bulan menghasilkan rencana investasi dan kebijakan komprehensif yang merefleksikan penurunan emisi Gas Rumah Kaca yang ditargetkan serta dukungan bagi masyarakat yang terkena dampak.Advertisement

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.