Sukses

Aksi Erick Thohir Turun ke Lapangan Tenangkan Timnas Indonesia Saat Diprovokasi Thailand di Final SEA Games 2023

Aksi Ketua Umum PSSI Erick Thohir turun ke lapangan menenangkan pemain dan official Timnas Indonesia saat terjadi kericuhan di laga Final sepak bola SEA Games 2023

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akhirnya membawa pulang medali emas dari ajang SEA Games 2023 dari cabang sepak bola. Ini menjadi penantian panjang Timnas Indonesia setelah sebelumnya Indonesia menorehkan prestasi yang sama sejak 32 tahun silam.

Di laga final SEA Games 2023, Timnas Indonesia menumbangkan raja ASEAN Thailand dengan skor yang sangat meyakinkan 5-2. Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand lewat perpanjangan waktu diwarnai sejumlah drama. Drama-drama itu membuat wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi mengeluarkan sekitar tujuh kartu merah.

Bek Timnas Indonesia U-22 Komang Teguh dan kiper Thailand Soponwit Rakyart mendapat kartu merah. Keduanya diusir keluar lapangan lantaran terlibat perkelahian pada babak perpanjangan waktu pertama setelah Irfan Jauhi mencetak gol ketiga bagi Skuad Garuda Muda.

Dua kartu merah lagi diberikan wasit Al Hatmi kepada dua ofisial Thailand karena dianggap menyerang official Indonesia.

Erick Thohir Turun ke Lapangan

Adanya insiden penyerangan terhadap official Timnas Indonesia ini, pertandingan sempat dihentikan sejenak. Melihat ini, suasana di pinggir lapangan mulai ricuh. Akhirnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir turun ke lapangan dari tribun VIP untuk menenangkan para pemain dan official.

Terlihat gestur erisk thohir meminta para official dan pemain timnas untuk mundur dan menangkan diri. Juga Erick Thohir nampak mengepalkan tangan dan memberi semangat para pemain dan official. Dia juga beberapa kali mengacungkan jari telunjuk sembari memberikan pesan khusus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023, Erick Thohir: Emas Ini Bukti Kita Bangsa Pejuang

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-22 atas prestasinya di ajang SEA Games 2023.

Ucapan selamat kepada Timnas Indonesia U-22 disampaikan Erick Thohir melalui unggahan poster di akun Twitter pribadinya, @erickthohir.

Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas di final sepak bola SEA Games 2023 yang berlangsung di Olympic Stadium Phnom Phen, Kamboja pada Selasa 16 Mei 2023.

Pasukan Garuda Muda berhasil menyingkirkan Timnas Sepak Bola Thailand dengan skor 5-2.

Meski Indonesia sempat kena prank wasit yang membuat Thailand dapat mencetak gol penyama kedudukan dan memaksa digelarnya perpanjangan waktu, tapi pada akhirnya pasukan Indra Sjafri mengakhiri panceklik 32 tahun emas sepak bola SEA Games.

3 dari 3 halaman

Terimakasih ke Masyarakat Indonesia

Atas keberhasilan Muhammad Ramadhan Sananta dkk, Erick Thohir pun berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung Timnas Indonesia selama ini.

"Alhamdulillah, penantian 32 tahun berakhir. Timnas Indonesia berhasil membawa pulang emas di SEA Games 2023!," kicau Erick Thohir sebagai keterangan poster yang diunggahnya.

"Alhamdulillah ya Allah, Engkau ridhoi perjuangan anak-anak kami. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat. Emas ini bukti bangsa kita adalah BANGSA PEJUANG," kicaunya lagi diakhiri emoticon bendera merah putih, semangat, dan api membara.

Medali emas SEA Games 2023 ini sangat spesial karena sudah 32 tahun Indonesia tak mendapatkannya.

Terakhir kali Indonesia menjadi yang terbaik di sepak bola putra SEA Games di tahun 1991.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini