Sukses

Ingin Mulai Bisnis? Begini Trik Tentukan Produk Siap Bersaing atau Tidak

Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, setidaknya ada beberapa kriteria yang diperlukan untuk mengidentifikasi produk potensial yang akan dijual.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pengusaha, menentukan atau menemukan produk yang tepat untuk dijual ke konsumen bukanlah hal yang mudah. Ini merupakan langkah paling penting untuk membangun bisnis yang sukses. Sebab, memilih produk yang salah bisa sangat membatasi potensi perusahaan.

Lantas, bagaimana cara menemukan produk yang tepat untuk dijual di pasaran?

Melansir Enterpreneur, Minggu (14/5/2023), sebelum mengetahui langkah-langkahnya, setidaknya ada beberapa kriteria yang diperlukan untuk mengidentifikasi produk potensial yang akan dijual.

1. Sulit ditemukan di e-commerce

Saat terjun ke perairan berombak e-niaga, beri kesempatan kepada bisnis Anda untuk bertarung dan menghindari persaingan dengan ikan terbesar di kolam.

2. Mudah dikirim

Saat perusahaan Anda berkembang, efisiensi pengiriman dapat membuat atau menghancurkan bisnis. Jadi, bantulah diri Anda sendiri di awal dan fokuslah pada produk yang dapat dikirim dan disimpan dengan biaya yang masuk akal.

3. Berikan harga eceran atau lebih besar

Item dengan harga lebih tinggi akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan sebagai bisnis kecil dibandingkan dengan item kecil dengan margin rendah yang membutuhkan skala besar agar menguntungkan.

4. Unik

Produk Anda perlu menarik perhatian calon pelanggan secara online. Jika fotonya bagus, Anda sudah unggul.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temukan Produk yang Bisa Dijual

Selanjutnya, berikut ini langkah-langkah menemukan produk yang tepat agar bisa dijual.

1. Brainstorming

Langkah pertama untuk menemukan produk yang tepat adalah melakukan brainstorming ide. Luangkan waktu untuk menuliskan semua ide yang muncul di benak, tidak peduli seberapa liar atau gilanya ide tersebut. Tidak ada konsekuensi pada tahap ini, jadi inilah saatnya untuk menjadi sekreatif mungkin.

Proses ini dapat dilakukan sendiri atau dengan sekelompok teman atau kolega, karena ide yang memantul dari orang lain sering kali dapat mengarah pada konsep baru dan menarik. Jangan ragu untuk menggunakan alat AI percakapan seperti ChatGPT untuk memulai.

2. Kerucutkan

Setelah Anda memiliki daftar produk yang memungkinkan, inilah waktunya untuk menyingkirkan ide-ide yang lemah dan mengidentifikasi ide-ide yang menjanjikan. Pada tahap ini, alat SEO menjadi sangat berharga. Dengan mengetikkan kata kunci produk, Anda dapat melihat kata kunci terkait lainnya yang dicari orang. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi ceruk atau produk potensial yang memiliki permintaan tinggi tetapi persaingan rendah.

Sebelum menentukan produk untuk dijual, pastikan ada cukup variasi dan volume pencarian di sekitar kategori umum. Alih-alih berfokus pada satu kata kunci, carilah kategori yang lebih luas yang memiliki permintaan tinggi. Ini akan membantu memastikan bahwa ada pasar untuk produk pertama Anda dan Anda dapat terus menghasilkan penjualan baru saat Anda memperluas rangkaian produk .

3. Hubungkan ide-ide dengan hasrat Anda

Terakhir, penting untuk memilih kategori produk yang menurut Anda menarik. Membangun bisnis yang sukses membutuhkan waktu dan penting untuk menikmati pekerjaan yang Anda lakukan. Jika bersemangat dengan produk yang dijual, Anda akan lebih termotivasi untuk meluangkan waktu dan upaya untuk mengembangkan bisnis.

Dunia e-niaga sangat kompetitif dan sangat besar. Setiap hari, ribuan produk baru memasuki pasar. Oleh karena itu, mengidentifikasi produk yang tepat untuk dijual dan menargetkan audiens adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Akan tetapi, tiga langkah di atas mungkin bisa membantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.