Sukses

Daftar Lengkap Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III

Raja Charles III resmi menjadi pemimpin kerajaan Inggris pada Sabtu, 6 Mei 2023. Saat ini, Pangeran William menjadi pewaris takhta yang berada di urutan pertama. Berikut daftar pewaris takhta kerajaan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III resmi menjadi pemimpin kerajaan Inggris dalam upacara bersejarah di London pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Dikutip dari Glamour, Rabu (10/5/2023), seiring Charles menjadi raja setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, tidak ada perubahan dalam garis suksesi kerajaan.

Saat ini, Pangeran William menjadi pewaris takhta, diikuti oleh putranya Pangeran George dan seterusnya. Namun, baru-baru ini, perubahan resmi dilakukan pada garis suksesi kerajaan yang mengacu pada dua anak Pangeran Harry dan Meghan Markle, Pangeran Archie dan Putri Lilibet dengan gelar kerajaan mereka.

Anak-anak yang masing-masing berada di urutan keenam dan ketujuh dalam garis suksesi pewaris takhta, sebelumnya telah terdaftar di bawah gelar non kerajaan yakni Master Arhie Mountbatten-Windsor dan Miss Lilibet Mountbatten-Windsor. Pembaruan juga menyertakan nama tengah anak-anak di samping gelar Sussex yang menjadikan mereka Pangeran Archie Harrison dari Sussex dan Putri Lilibet Diana dari Sussex.

Garis suksesi mengalami perombakan yang signifikan tahun lalu setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II pada usia 96 tahun. Ia digantikan oleh putra sulungnya Raja Charles III yang memerintah bersama sang istri Camilla. Pergeseran resmi ditandai dengan penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023.

Adapun Ratu Elizabeth II adalah pemimpin kerajaan Inggris yang paling lama memerintah di dunia, dan merayakan tonggak bersejarah dengan memimpin selama 70 tahun pada Juni 2022. Ia menjadi ratu pada 6 Februari 1952 setelah kematian ayahnya Raja George VI, mengikuti garis suksesi kerajaan. Ratu Elizabeth II tutup usia pada 8 September 2022.

Berdasarkan laman the Royal Family, garis suksesi kerajaan Inggris diatur tidak hanya melalui keturunan, tetapi juga oleh undang-undang parlemen. Secara resmi didefinisikan sebagai urutan anggota keluarga kerajaan dalam urutan garis keturuna.

Undang-Undang the Succession to the Crown Act berubah pada 2013, ketika Catherine atau Kate Middleton mengandung anak pertamanya Pangeran George. Undang-Undang tersebut menggantikan preferensi anak sulung yang berarti anak tertua, tanpa memandang jenis kelamin dapat naik takhta.

Berikut daftar pewaris takhta kerajaan Inggris setelah penobatan resmi Raja Charles III, dikutip dari BBC:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1.Pangeran William (lahir 1982)

Pangeran William adalah putra sulung Raja Charles III dan putri Diana, dan sekarang berada di garis depan takhta. Ia berusia 15 tahun ketika ibunya meninggal. Ia melanjutkan studi di Universitas St Andrews, dan bertemu dengan calon istrinya Kate Middleton.  Pasangan ini menikah pada 2011.

Pasangan tersebut memiliki tiga anak yakni George lahir pada Juli 2013, Charlotte pada 2015, dan Louis pada 2018.

Pangeran pernah berlatih bersama the Army, Royal Navy, dan RAF sebelum habiskan tiga tahun sebagai pilot di Wales Utara. Ia juga bekerja paruh waktu selama dua tahun sebagai co-pilot dengan the East Anglian Air Ambulance di samping tugas kerajaannya. Ia meninggalkan peran itu pada Juli 2017, untuk mengambil lebih banyak tugas kerajaan atas nama Ratu dan Duke of Edinburgh. William mewarisi kadipaten Cornwall milik ayahnya dan sekarang menjadi Pangeran Wales.

Sebagai pewaris takhta, tugas utamanya mendukung raja dalam komitmen kerajaannya.

2.Pangeran George (lahir 2013)

Pangeran George dari Wales lahir pada 22 Juli 2013 di Rumah Sakit St Mary di London. Pangeran George berada di urutan kedua setelah ayahnya.

3 dari 10 halaman

3.Putri Charlotte (lahir pada 2015)

Kate Middleton melahirkan anak keduanya Charlotte Elizabeth Diana pada 2 Mei 2015 di Rumah Sakit St Mary. Ia berada di urutan ketiga takhta, setelah ayah dan kakak laki-lakinya George.

4.Pangeran Louis (lahir pada 2018)

Pangeran Louis lahir pada 23 April 2018 di Rumah Sakit St Mary di London. Louis Arthur Charles berada di urutan keempat pewaris takhta.

4 dari 10 halaman

5.Pangeran Harry (lahir pada 1984)

Pangeran Harry pernah berada di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst dan kemudian menjadi letnan di angkatan darat bertugas sebagai pilot helicopter.

Selama 10 tahun di angkatan bersenjata, ia aktif bertugas di Afganistan selama dua kali pada 2012-2013. Ia meninggalkan angkatan darat pada 2015, dan fokus pada pekerjaan amal termasuk konservasi di Afrika dan menyelenggarakan pertandingan Invictus untuk anggota angkatan bersenjata yang terluka.

Ia menikah dengan Meghan Markle pada 19 Mei 2018 di Kastil Windsor. Pada Januari 2020, pasangan kerajaan itu mundur sebagai bangsawan “senior” dan membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara. Mereka mengatakan bermaksud untuk bekerja agar mandiri secara keuangan.

Lebih dari setahun kemudian, Istana Buckingham mengonfirmasi pasangan itu tidak akan kembali dalam tugas kerajaan, dan akan menyerahkan penunjukan kehormatan militer dan perlindungan kerajaan.

6.Pangeran Archie (lahir pada 2019)

Anak pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie Harrison Mountbatten-Windsor lahir pada 6 Mei 2019. Archie tidak otomatis menjadi pangeran saat lahir. Namun, ia mendapatkan hak atas gelar itu ketika Raja Charles naik takhta. Harry dan Meghan ingin anak-anak mereka memutuskan sendiri apakah akan memakai gelar mereka atau tidak ketika mereka sudah lebih besar.

7.Putri Lilibet

Lilibet Diana Mountbatten-Windsor lahir pada 4 Juni 2021. Ia dinamai lili sesuai nama panggilan keluarga kerajaan untuk ratu dan merupakan cicit-nya yang ke-11.

Seperti saudara laki-lakinya, ia mendapatkan hak untuk memakai gelar kerajaan saat kakeknya Charles menjadi raja.

5 dari 10 halaman

8.Pangeran Andrew (The Duke of York, lahir pada 1960)

Pangeran Andrew, pewaris tahta kedelapan, anak ketiga Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Ia menyandang gelar Duke of York saat pernikahannya dengan Sarah Ferguson yang menjadi Duchess of York pada 1986. Pasangan tersebut memiliki dua anak perempuan Beatrice pada 1988 dan Eugenie lahir pada 1990. Pasangan tersebut bercerai pada 1996.

Duke of York bertugas selama 22 tahun di Royal Navy dan pernah bertugas dalam perang Falklands pada 1982. Selain terlibat dalam tugas kerajaan, ia juga menjabat sebagai perwakilan perdagangan khusus untuk pemerintah hingga 2011.

Pangeran Andrew mundur dari tugas kerajaan pada 2019 setelah wawancara dengan BBC mengenai hubungannya dengan pemodal Amerika Serikat Jeffrey Epstein.

9.Putri Beatrice (lahir pada 1988)

Putri Beatrice adalah putri sulung Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson. Gelar lengkapnya Her Royal Highness Princess Beatrice of York. Ia menikah dengan taipan properti Edoardo Mapelli Mozzi di The Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge, Windsor pada Juli 2020.

10.Sienna Elizabeth Mapeli Mozzi (lahir pada 2021)

Putri Beatrice memiliki anak perempuan Sienna Elizabeth pada September 2021 yang berada di urutan ke-10 pewaris takhta dan merupakan cicit Ratu Elizabeth II ke-12. Putri Beatrice juga ibu tiri dari putra Mapelli Mozzi yaitu Christopher Woolf.

6 dari 10 halaman

11.Putri Eugenie (lahir pada 1990)

Putri Eugenie adalah putri bungsu dari Pangeran Andrew dan Sarah, Duchess of York. Gelar lengkapnya Her Royal Highness Princess Eugenie of York dan berada di urutan ke-11 pewaris takhta. Ia menikah dengan Jack Brooksbank pada 12 Oktober 2018.

12.August Philip Hawke Brooksbank (lahir pada 2021)

Anak dari Putri Eugenie dan Jack Brooksbank lahir pada 9 Februari 2021, dan cicit kesembilan Ratu Elizabeth II.

7 dari 10 halaman

13.Pangeran Edward (The Duke of Edinburgh, lahir pada 1964)

Pangeran Edward diberi gelar Duke of Edinburgh pada hari ulang tahunnya ke-59, hampir dua tahun setelah kematian sang ayah Pangeran Philip yang sebelumnya memegang gelar tersebut.

Istri Pangeran Edward, Sophie menjadi Duchess of Edinburg dan gelar pangeran sebelumnya, Earl of Wessex kini telah diberikan kepada putranya James Viscount Severn. Pasangan ini juga memiliki seorang putri, Lady Louise lahir pada 2003.

Setelah berada di Royal Marines, sang pangeran membangun perusahaan produksi televisi sendiri. Ia kemudian mendukung ratu dalam tugas resminya, dan melakukan keterlibatan publik untuk amal. Ia berada di urutan ke-13 dari garis suksesi.

14. Earl of Wessex James (lahir pada 2007)

 

James, Earl of Wessex adalah anak bungsu dari Duke dan Duchess of Edinburgh. Ia diberi gelar setelah ayahnya Pangeran Edward menjadi Duke of Edinburgh pada Maret 2023. Saat James lahir, ia diberi gelar Viscount Severn, sebuag gelar sebagai anak dari seorang earl daripada memakai gelar pangeran. Orangtuanya diprediksi buat keputusan ini untuk menghindari beberapa beban gelar kerajaan.

15.Lady Louise (lahir pada 2003)

 

Lady Louise Windsor anak tertua dari Duke dan Duchess of Edinburgh yang lahir pada 2003. Namun, ia berada di bawah adik laki-lakinya dalam garis suksesi karena dia lahir sebelum undang-undang diberlakukan yang menghapus sistem yang berarti seorang putra bungsu dapat menggantikan putri yang lebih tua.

8 dari 10 halaman

16.Putri Anne

Putri Anne, anak kedua Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, dan satu-satunya putri. Saat dia lahir, ia berada pada urutan ketiga dari takhta tetapi sekarang berada di urutan ke-16. Ia diberi gelar Princess Royal pada Juni 1987.

Putri Anne telah menikah dua kali, suami pertamanya Kapten Mark Philips, dan ayah dari dua anaknya Peter dan Zara. Sedangkan yang kedua adalah Vice-Admiral Timothy Laurence.

Sang putri adalah bangsawan pertama yang memakai nama belakang Mountbatten-Windsor dalam dokumen resmi dalam daftar pernikahan setelah menikah dengan Kapten Philips.

Ia berkompetisi dalam acara berkuda untuk Inggris Raya di Olimpiade Montreal pada 1976 dan terlibat dengan sejumlah badan amal, termasuk Save the Children,dan menjadi pimpinan sejak 1970.

 

9 dari 10 halaman

17.Peter Philips (lahir pada 1977)

Peter Philips adalah cucu tertua Ratu Elizabeth II. Ia menikah dengan Autumn Kelly pada 2008, dan memiliki dua putri Savannah yang lahir pada 2010 dan Isla lahir pada 2012.

Dua anak dari Putri Anne tidak memiliki gelar kerajaan, karena keturunan dari anak perempuan. Mark Philips juga menolak tawaran menjadi earl ketika menikah sehingga dua anaknya tidak memiliki gelar. Peter Philips dan Autumn Kelly bercerai pada Februari 2020.

18.Savannah Philips (lahir pada 2010)

Savannah lahir pada 2010, dan merupakan putri sulung Peter dan Autumn Philips. Savannah juga cicit pertama dari Ratu Elizabeth II.

19.Isla Philips (lahir pada 2012)

Isla lahir pada 2012, dan putri kedua dari Peter dan Autumn Philips.

10 dari 10 halaman

20.Zara Tindall (lahir pada 1981)

Zara Tindall mengikuti ibu dan ayahnya dengan karier sebagai atlet berkuda yang sangat sukses. Ia memenangkan medali perak di Olimpiade London 2012. Ia menikah dengan mantan pemain rugby Inggris Mike Tindall pada 2011 dan pasangan itu memiliki anak pertama Mia Grace pada 2014.

Anak-anak dari Putri Anne tidak memegang gelar kerajaan, karena keturunan dari garis anak perempuan. Akan tetapi, ia tetap berada di urutan ke-20 dari garis suksesi takhta.

21.Mia Grace Tindall (lahir pada 2014)

Cucu perempuan Ratu Elizabeth II, Zara Tindall melahirkan anak pertamanya, Mia Grace pada Januari 2014.

22.Lena Elizabeth Tindall (lahir pada 2018)

Anak kedua dari Zara dan Mike Tindall ini lahir pada 18 Juni 2018 di Stroud Maternity Unit, Gloucestershire. Seperti saudara perempuannya, Lena Elizabeth tidak memiliki gelar kerajaan dan juga akan dikenal Miss Tindall.

23.Lucas Philip Tindall (lahir pada 2021)

Putra Zara dan Mike Tindall, Lucas Philips, anak ketiga mereka dan cicit ke-10 Ratu Elizabeth II lahir pada 21 Maret 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini