Sukses

Produk Rumah Tangga Paling Laris Dibeli di E-Commerce selama Ramadan 2023

Selepas pandemi daya beli masyarakat cenderung meningkat terutama di tengah momen Ramadan hingga Lebaran 2023, menjadi peluang yang baik bagi pelaku usaha lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Tren belanja daring selama Ramadan hingga Lebaran 2023 meningkat. Hal tersebut terungkap dalam riset yang dilakukan oleh e-commerce Tokopedia.  Produk rumah tangga menjadi kategori yang paling laris dibeli selama ramadan.

Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan temuan menarik berkaca dari tahun sebelumnya, yaitu jumlah product page view di aplikasi Tokopedia meningkat hingga lebih dari 50 persen, diikuti jumlah pesanan yang meningkat lebih dari 77 persen. Jumlah ini didasarkan data selama Ramadan 2022.

Sementara pada 2023, berdasarkan data pembelian secara umum, produk rumah tangga menjadi kategori yang paling laris dibeli selama ramadan. Sementara di urutan kedua yang paling laris adalah produk makanan diikuti produk fesyen di urutan ketiga.

“Perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023. Temuan ini sejalan dengan kondisi dimana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” ungkap Ekhel.

Tokopedia juga mencatat bahwa beras, mie instan, dan daun bawang menjadi produk terlaris dari fitur Tokopedia NOW!, terlebih karena layanan ini mempermudah masyarakat untuk belanja bahan segar yang umumnya diperlukan untuk sahur dan buka puasa dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran.

Di kategori Fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

“Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” papar Ekhel, ditulis pada Rabu (10/5/2023).

Untuk menjamin kelancaran proses pengiriman yang padat selama Ramadan, Tokopedia telah bekerja sama dengan 14 mitra logistik. Ekhel pun sangat mengapresiasi keberhasilan dari hasil kerja sama ini.

Selain yang tersebut di atas, banyak fitur-fitur unggulan lainnya yang disediakan Tokopedia selama ramadan, seperti Tokopedia PLAY! yang menurut data paling banyak diakses saat ngabuburit; kelola tagihan hingga donasi, zakat, fitrah, dan fidyah. Dari fitur zakat yang disediakan Tokopedia, telah terkumpul sebanyak lebih dari 5 miliar rupiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Pengiriman Instan

Salah satu inisiatif Tokopedia untuk membantu pelaku usaha agar mencapai penjualan maksimal adalah Hyperlocal.

Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging yang mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Inisiatif ini terdiri dari berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang menampilkan produk-produk terpilih dengan lokasi paling dekat dari pembeli dan juga layanan Dilayani Tokopedia.

 “Data internal Tokopedia menunjukkan lebih dari 40% pesanan Dilayani Tokopedia selama Ramadan 2023 dikirim menggunakan layanan pengiriman instan,” ungkap Ekhel.

Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, sebagai kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim perempuan ataupun laki-laki. Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian adalah Universa Sajadah.

Selain itu, ada pula kampanye Tokopedia NYAM! yang khusus menggandeng pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan produk makanan dan minuman. Bruule menjadi UMKM yang berpartisipasi dalam kampanye ini dan mencatat berbagai manfaat, khususnya saat  Ramadhan hingga Lebaran 2023.

Renato Akbar selaku pendiri Universa Sajadah dan Sarila Danubrata sebagai pendiri Bruule juga turut hadir dalam konferensi pers yang digelar setelah waktu makan siang tersebut.

Tokopedia juga merangkum pencapaian lainnya selama Ramadan kemarin, seperti jarak terjauh pengiriman paket yang dilakukan dari Jakarta menuju Jayapura mencapai lebih dari 3.500 km, hingga Sidoarjo yang memegang rekor sebagai lokasi tujuan dengan pesanan tiket pesawat terbanyak di aplikasi Tokopedia.

Tidak hanya mengembangkan fitur untuk kepentingan pembeli, Tokopedia juga mengembangkan program Siap Ramadan untuk mengedukasi penjual atau pemilik merchant. Ekhel juga menyatakan bahwa melalui program yang bisa diakses secara gratis ini telah berhasil membantu pebisnis meningkatkan pendapatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.