Sukses

Mobil Presiden Jokowi Terjang Jalan Berkubang di Lampung, Kementerian PUPR Sebut Jalanan yang Dilintasi Termasuk Rusak Berat

Mobil Presiden Jokowi melewati Jalan Terusan Ryacudu, Kota Baru, Jati Agung, Lampung Selatan. Jalanan yang dilintasi itu termasuk rusak berat.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) melewati Jalan Terusan Ryacudu, Kota Baru, Jati Agung, Lampung Selatan saat kunjungan kerja di Lampung Selatan, Jumat (5/5/2023). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atau Kementerian PUPR menilai, jalan yang dilintasi tersebut termasuk rusak berat.

Jalan Terusan Ryacudu atau akses Institut Teknologi Sumatera (Itera) termasuk 23 persen jalan provinsi yang kondisinya rusak berat.

"Yang tadi kita lalui itu jalan provinsi, termasuk yang 23 persen, yang rusak berat. Ya itu. Jadi Itera tadi, nama ruasnya Simpang Korpri ke Purwotani atau akses Itera," ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S.Atmawidjaja, dikutip dari Antara, Jumat (5/5/2023).

Endra menjelaskan, jalan provinsi di Lampung yang membentang sepanjang 1.693 KM berada dalam kondisi 77 persen mantap. Sementara itu, 23 persen dalam kondisi rusak, ringan, sedang dan berat.

Endra menambahkan, jalan nasional di Lampung dengan panjang 1.298 kilometer dalam kondisi mantap ada 95 persen, sedangkan sisanya rusak ringan, sedang, hingga berat. Sedangkan, jalan kabupaten/kota yang panjangnya 17.700 KM dalam kondisi 50 persen mantap, sedangkan sisanya dalam kondisi rusak, ringan, sedang hingga berat.

Sebelumnya, mobil sedang yang dinaiki Presiden Jokowi terlihat melintasi Jalan Terusan Ryacudu, Kota Baru, Jati Agung, Lampung Selatan, yang berkubang dalam video yang diambil oleh fotografer kepresidenan Jumat pekan ini.

Video yang diambil oleh Fotografer Kepresidenan, Agus Suparto itu menunjukkan mobil sedan hitam berplat merah “Indonesia 1” itu tampak menerjang terjalnya jalan di Jalan Terusan Ryacudu.

Jalanan dalam video itu tidak beraspal dan berlubang, sehingga tampak mobil sedan Presiden Jokowi berguncang saat melintasi jalan. Kondisi jalan yang dilewati sebagian besar rusak parah lantaran banyaknya kubangan besar di bagian kiri dan kanan jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Siapkan Rp 800 Miliar Perbaiki 15 Jalan Rusak di Lampung, Termasuk yang Viral di Medsos

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah akan mengucurkan anggaran Rp800 miliar untuk perbaikan 15 jalan rusak yang ada di Provinsi Lampung. Termasuk, jalan rusak di Kabupaten Rumbia, Lampung Tengah, yang viral di media sosial (medsos).

"Tahun ini pemerintah pusat khusus untuk Lampung akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp800 miliar untuk 15 ruas jalan, termasuk (jalan) ini," kata Jokowi usai meninjau jalan rusak di Lampung, Jumat (5/5/2023).

"Ini pokoknya yang rusak sampai ke Rumbia atau sampai mana yang rusak parah, sudah, kita perbaiki," sambungnya.

Pernyataan Jokowi langsung disambut dengan ucapan syukur para warga. Jokowi pun berjanji pembangunan jalan rusak di Lampung akan dimulai pada Juni 2023.

"Akan dimulai pembangunannya, perbaikannya akan dimulai bulan Juni karena harus lelang dulu. Saya lihat tadi, saya sudah perintahkan Pak Gubernur untuk lelang," jelasnya.

Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan jalan nasional merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Sementara itu, pembangunan jalan di provinsi dan kabupaten merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.

Namun, kata dia, pemerintah akan mengambil alih pembangunan jalan rusak di Lampung. Sebab, pembangunan jalan di Lampung tak kunjung usai.

"Tetapi juga nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawabnya Pak Gubernur, ada yang tanggung jawabnya Bapak/Ibu Bupati yang ada di sini. Jangan semuanya pemerintah pusat," tutur Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Kunjungi Lampung

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023), untuk mengecek infrastruktur jalan yang rusak di daerah tersebut. Adapun kondisi jalan di Lampung yang rusak sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Jokowi tampak menyusuri jalan rusak di Lampung dengan menggunakan mobil Kepresidenan dengan pelat merah bertuliskan Indonesia 1. Hal ini terlihat dari video yang dibagikan Fotografer Resmi Istana Kepresidenan, Agus Suparto.

Berdasarkan keterangan videonya, mobil Presiden Jokowi sedang melintasi Jalan Terusan Ryacudu Lampung. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tampak mengawal mobil yang ditumpangi Jokowi dari belakang.

Mereka menggunakan sepeda motor. Selain itu, di belakang juga terlihat iring-iringan mobil rangkaian kepresidenan lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Lewati Jalan Rusak

Dari video yang diunggah, terlihat mobil Jokowi melewati jalan yang rusak parah. Mulai dari, ada lobang yang cukup besar, jalanan yang mengalami pengelupasan aspal, hingga jalanan yang masih bertanah dan berpasir.

Mobil Jokowi tampak melaju dengan kecepatan rendah pelan dan berhati-hati saat melewati jalanan rusak tersebut. Beberapa kali mobil Jokowi menghindari jalanan yang berlobang.

Sejumlah warga telah menunggu kehadiran Jokowi dengan berdiri di pinggir jalan. Jokowi pun menyempatkan membagi-bagikan baju kaos dari dalam mobilnya.

Rusaknya jalanan di Lampung, mulai mencuat viral usai seorang Tiktokers bernama Bima menyuarakan keresahannya akan kampung halamannya yang dirasa tidak pernah maju akibat jalan-jalan rusak yang terbengkalai dan tidak mendapat atensi pemerintah setempat.

Unggahan Bima pun mendapat respon positif dan membuat pemerintah Lampung membuka diri. Meski begitu, hal ini sempat menuai polemik sebab gubernur setempat merasa tidak nyaman dengan kritik Bima yang dinilai kurang menggunakan bahasa yang sopan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.