Sukses

8 Cara Jitu Cepat Tingkatkan Tabungan, Coba Terapkan!

Jika Anda tidak yakin mengenai cara menyimpan uang dengan cepat atau pernah kesulitan menabung di masa lalu, berikut ini delapan tips dari pakar keuangan yang bisa Anda tiru.

Liputan6.com, Jakarta Meninjau kebiasaan menabung menjadi bagian terpenting ketika Anda mulai memikirkan dana darurat, uang muka, hingga banyak keperluan lainnya. Satu-satunya cara jika uang tersebut cepat terkumpul, Anda harus meningkatkan tabungan.

Jika Anda tidak yakin mengenai cara menyimpan uang dengan cepat atau pernah kesulitan menabung di masa lalu, berikut ini delapan tips dari pakar keuangan yang bisa Anda tiru seperti melansir Business Insider, Jumat (21/4/2023).

1. Lacak dan evaluasi pengeluaran

Untuk mulai menabung, pertama-tama Anda harus melihat ke mana perginya uang Anda.

"Seringkali, orang merasa sulit untuk menabung karena mereka mencoba melakukan itu setelah mereka mengurus banyak pengeluaran - setelah mereka membayar hipotek, sewa, cicilan mobil, belanjaan, dll. Saya selalu menyarankan untuk melacak pengeluaran Anda karena itu membantu Anda mengidentifikasi uang yang dapat dihemat," kata CFEI dan pemilik P. Dixon Consulting, LLC Patrina Dixon.

Anda dapat melacak pengeluaran bulanan pada aplikasi penganggaran, program perangkat lunak keuangan pribadi, atau buku catatan. Beberapa pengeluaran akan diperlukan untuk menutupi setiap bulan, seperti tagihan sewa atau utilitas; ini dianggap biaya penting. Pengeluaran yang tidak penting adalah hal-hal yang tidak perlu Anda bayarkan setiap bulan dan bergantung pada keinginan Anda, seperti hiburan dan makan di luar.

Evaluasi pengeluaran Anda untuk melihat apakah ada kategori tertentu yang dapat Anda sesuaikan setiap bulan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mempelajari aturan anggaran 50/30/20 atau aturan anggaran 70/20/10.

2. Rencanakan kegiatan belanja

Jika Anda sedang mencari cara untuk mengekang pengeluaran belanjaan, Dixon menyarankan untuk merencanakan perjalanan belanja terlebih dahulu agar Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan sekaligus. Menghemat bensin juga dapat membantu jika Anda biasanya sering berbelanja atau tidak tinggal di dekat toko bahan makanan.

3. Carilah cara untuk menikmati kesenangan kecil tetapi dengan harga yang lebih murah

Mengurangi pengeluaran yang tidak penting bukan berarti Anda harus menghilangkan hal-hal yang membuat Anda senang. Sebaliknya, Dixon merekomendasikan untuk mengurangi seberapa sering Anda melakukan pembelian tersebut.

Misalnya, Anda seorang pecinta kopi gourmet. Jika Anda membeli kopi gourmet dari kafe setiap hari, alternatifnya Anda bisa pergi sekali atau dua kali seminggu dan menyumbang lebih banyak untuk tabungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Tinjau berbagai opsi rekening tabungan

Rekening tabungan hasil tinggi, rekening pasar uang, dan CD semuanya adalah rekening bank penghasil bunga yang dapat membantu menumbuhkan uang Anda.

Rekening tabungan hasil tinggi mirip dengan rekening tabungan biasa yang akan Anda temukan di bank bata-dan-mortir, tetapi mereka menawarkan suku bunga yang lebih kompetitif. Sementara itu, rekening pasar uang berbeda dari rekening tabungan dan CD hasil tinggi karena biasanya dilengkapi dengan opsi cek kertas, kartu ATM, atau kartu debit. Dengan CD, Anda akan mengunci uang untuk jangka waktu tertentu dan mendapatkan tingkat bunga tetap. Pilihan rekening tabungan terbaik untuk Anda kemungkinan akan bergantung pada kapan Anda perlu mengakses uang Anda.

Scott Stanley sebagai CFP dan pendiri Pharos Wealth menyarankan agar membuat pengaturan transfer otomatis dari rekening giro ke tabungan hasil tinggi setiap gajian. Dengan begitu, Anda akan menyisihkan sejumlah uang secara efisien.

5. Pastikan rekening giro digunakan dengan benar

Tujuan dari rekening giro adalah untuk mengelola pengeluaran sehari-hari.

"Mayoritas setoran langsung Anda mungkin masuk ke sana sehingga Anda dapat membayar cicilan mobil, sewa, hipotek, apa pun berbagai tagihan yang perlu Anda bayar," jelas Dixon.

Stanley juga menunjukkan bahwa Anda kemungkinan besar akan mendapatkan tingkat bunga yang lebih tinggi dengan rekening tabungan hasil tinggi daripada rekening giro.

6. Tetapkan pedoman praktis untuk tujuan tertentu

Mungkin Anda ingin menabung untuk tujuan finansial tertentu, seperti liburan atau mobil baru.

Untuk membantu membuat tujuan Anda lebih nyata, Stanley mengatakan Anda dapat memperkirakan pengeluaran untuk tujuan tersebut dan menetapkan jangka waktu. Kemudian, Anda dapat meninjau anggaran Anda dan melihat berapa banyak yang dapat Anda sisihkan setiap bulan untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Jika menyadari bahwa sulit menabung mencapai tujuan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengatur ulang ekspektasi dengan memperpanjang garis waktu atau memilih sesuatu dengan biaya yang lebih praktis.

 

 

3 dari 3 halaman

7. Pertimbangkan untuk memiliki akun terpisah untuk tujuan tertentu

Jika Anda ingin melacak kemajuan menuju sasaran keuangan tertentu, Anda mungkin menyukai rekening tabungan dengan alat penganggaran. Beberapa rekening tabungan hasil tinggi memungkinkan Anda memberi label dan melacak kemajuan untuk tujuan. Pilihan lainnya adalah membuka rekening tabungan sekunder untuk melacak kemajuan Anda.

8. Tinjau anggaran secara rutin

Jika Anda mempertahankan anggaran yang konsisten, periksa kemajuan Anda. Jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, Anda selalu dapat memodifikasinya. Anda juga ingin melakukan penyesuaian jika baru saja menerima kenaikan gaji atau bonus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.