Sukses

Pengguna WhatsApp Sekarang Bisa Belanja Lewat Aplikasi

Pengguna aplikasi WhatsApp di Brazil dapat merasakan pengalaman belanja end-to-end mulai dari pencarian hingga pembayaran dengan fitur bayar bisnis melalui obrolan.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna aplikasi WhatsApp di Brazil dapat merasakan pengalaman belanja end-to-end mulai dari pencarian hingga pembayaran dengan fitur bayar bisnis melalui obrolan. Langkah ini pada akhirnya membuka pasar pembayaran pedagang di Brazil untuk WhatsApp.

Mengutip USA Today, Kamis (13/4/2023), Mark Zuckerberg mengumumkan hal ini dalam sebuah unggahan yang mengatakan bahwa perusahaan meluncurkan kemampuan bagi pengguna untuk transaksi bisnis lokal langsung di obrolan WhatsApp.

“Pengalaman checkout yang mulus dan aman ini akan menjadi ‘game-changer’ bagi orang-orang dan bisnis kecil yang ingin membeli dan menjual di WhatsApp tanpa harus membuka situs web, membuka aplikasi lain, atau membayar secara langsung,” kata perusahaan tersebut dalam pengumumannya.

Melalui pengumuman tersebut mereka juga mengakui setelah meluncurkannya pada Selasa ini ke sejumlah kecil bisnis, akan tersedia untuk lebih banyak lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Hingga saat ini, pengguna dapat melakukan transaksi peer-to-peer melalui WhatsApp Pay di Brasil. Namun karena batasan peraturan, Meta tidak dapat meluncurkan kemampuan untuk melakukan pembelian ini melalui penjual.

Sebenarnya toko dapat menggunakan layanan pembayaran pihak ketiga untuk membuat tautan pembayaran dan memasukkannya ke dalam pesan WhatsApp, tetapi ini bukanlah pengalaman yang mulus baik bagi pedagang maupun pembeli karena terlalu berisiko.

Tidak ada data jumlah banyaknya bisnis kecil yang dapat ditemukan di WhatsApp saat ini. Pengumuman perusahaan terakhir pada 2020 mengungkap ada lebih dari 5 juta bisnis di Brazil menggunakan WhatsApp sebagai platform mereka, berdasarkan pemberitaan USA Today.

Tahun lalu, WhatsApp meluncurkan fitur “Dictionary” mirip Yellow Pages di Brazil yang memungkinkan pengguna mencari berbagai jenis bisnis, mulai dari makanan dan minuman hingga perjalanan.

Menggabungkan dua kemampuan ini, pengguna dapat mencari bisnis yang berbeda, menambahkan item yang ingin mereka beli, dan membayar pedagang di dalam aplikasi.

Pengguna dapat melakukan pembayaran melalui kartu debit, kredit, dan prabayar Mastercard dan Visa yang dikeluarkan oleh ragam bank yang berpartisipasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Pakai

Untuk menerima pembayaran ini, bisnis dapat menautkan penyedia layanan seperti Cielo, Mercado Pago, atau Rede ke akun mereka, menurut pernyataan WhatsApp.

Pada bulan Februari, Zuckerberg menyatakan bahwa ini adalah "tahun efisiensi" untuk Meta, menandakan bahwa perusahaan akan berkonsentrasi pada penghematan dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Maka ini adalah waktu yang tepat untuk mendebutkan layanan pembayaran toko di Tanah Air di tengah lebih dari 120 juta pengguna WhatsApp.

Dipaparkan jika banyak warga di Brasil yang dengan cepat mengadopsi pembayaran digital dalam beberapa tahun terakhir. Data menunjukkan bahwa pada tahun lalu, lebih dari 124 orang menggunakan Pix, yaitu platform pembayaran instan yang dikelola oleh bank sentral negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini