Sukses

Platform Ini Sediakan Solusi Pengelolaan Keuangan bagi UMKM 

Liputan6.com, Jakarta Meskipun UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, namun pengelolaan bisnis UMKM tidak mudah. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jessie Hagen dari U.S. Bank, 82 persen bisnis gagal karena pengelolaan arus kas (cash flow) yang buruk. Padahal menjadi esensial untuk mencatat segala pemasukan dan pengeluaran bisnis setiap harinya agar dapat terkontrol dengan baik.

Penggunaan teknologi digital pada layanan jasa keuangan berhasil meningkatkan inklusi keuangan masyarakat dunia. Dengan digitalisasi, kalangan yang sebelumnya kesulitan karena berbagai faktor kini bisa mengakses layanan jasa keuangan.

Sejalan dengan digitalisasi keuangan, jumlah aplikasi pengelolaan keuangan juga turut meningkat dan semakin beragam. Monit (Monit.id) pun hadir sebagai salah satu platform pengelolaan keuangan terintegrasi yang menjawab optimisme pertumbuhan usaha di Indonesia.

CEO Monit Rizki Aditya, menyatakan Monit mempunyai misi untuk membantu bisnis bergerak lebih cepat dengan menyediakan layanan finansial yang inovatif.

Monit hadir untuk mengembangkan pengalaman perbankan bisnis yang benar-benar terpadu dari awal, sehingga perusahaan dapat fokus pada apa yang benar-benar penting dan dapat tumbuh lebih cepat.

“Monit hadir supaya setiap bisnis punya kesempatan yang sama untuk mengakses instrumen finansial yang lebih baik,” jelas Rizki dalam keterangan resminya.

Layaknya seperti internet banking, dengan Monit, pengguna dapat membuka akun bisnis, melakukan pembayaran bisnis melalui BI Fast atau real time, seperti pembayaran vendor atau payroll, membuat kartu korporat virtual atau fisik untuk pembayaran vendor luar negeri, hingga pembayaran pajak perusahaan.  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengajukan Pinjaman

Pengguna juga dapat mengajukan pinjaman bisnis kepada mitra yang sudah bekerjasama dengan Monit. Antar muka monit yang sangat mudah digunakan dan dapat diakses melalui web atau mobile app, koneksi ke berbagai sumber dana, seperti bank, payment gateway, POS, dan marketplace, hingga integrasi ke software accounting, menjadikan nilai plus Monit jika dibanding internet banking pada umumnya.

“Dengan Monit, pengguna dapat mempunyai kontrol dan visibilitas yang lebih baik dan menyeluruh terhadap keuangan bisnis,” jelas Rizki.

Keamanan data menjadi prioritas utama saat mengembangkan fitur di Monit. Semua password terenkripsi dengan ketat dan semua informasi sensitif terenkripsi menggunakan split-key encryption.

Saat ini Monit.id telah bekerjasama dengan berbagai instansi finansial, seperti bank penerbit kartu, switching, multi finance, dan lainnya, untuk mendukung layanan yang diberikan. 

3 dari 3 halaman

Pelanggan Bisnis

Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2022, Monit sudah menjaring lebih dari 300 pelanggan bisnis, memproses ratusan milyar pembayaran bisnis per bulan. Ditargetkan tahun ini Monit dapat menambah 1.000 pelanggan baru di tahun 2023.

Pelanggan Monit juga beragam mulai dari Bukalapak, Aice, PNM, Astro, Kitabisa.com dan ratusan usaha lainnya.  Monit juga telah menjalin kemitraan strategis dengan bank CIMB Niaga, Artajasa, BNI, BRI, dan Bank UOB.

Rizki menambahkan kedepannya, Monit masih membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan pihak manapun. Terlebih yang berhubungan dengan layanan keuangan, seperti layanan treasuri, peer to peer (P2P) lending, layanan remitansi dalam dan luar negeri, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak

  • Keuangan