Sukses

Viral Benaia Pemuda Kendari Lolos Jadi Tentara AS, Tengok Gajinya

Sang perekam video tersebut menyebutkan bahwa pria tersebut menjadi satu-satunya dari Kendari yang jadi tentara Amerika.

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial perihal kisah seorang pria asal Kendari dilantik menjadi tentara di Amerika Serikat. Benaia Manasye Lintjewas, nama WNI yang jadi tentara AS tersebut.

Adapun kabar tersebut diunggah salah satu akun TikTok bernama @bheny.kendari. Sang perekam video tersebut menyebutkan bahwa pria tersebut menjadi satu-satunya dari Kendari yang jadi tentara Amerika.

“Anak Kendari kau lihat, barisan depan tentara Amerika, bangga anak Kendari. Satu-satunya anak Kendari yang jadi tentara Amerika,” tulis akun tersebut.

Lalu seberapa besar gaji yang bisa dibawa pulang jika seseorang menjadi tentara AS seperti didapat Benaia Manasye Lintjewas?

Melansir laman military.com, Senin (27/3/2023), gaji militer atau tentara AS meningkat 4,6 persen di 2023, dibandingkan dengan level tahun 2022. Kenaikan berlaku pada 1 januari 2023.

Disebutkan jika berbagai faktor yang mempengaruhi gaji pokok tentara AS bervariasi. Ini tergantung pada tingkat gaji/peringkat, ditambah jumlah tahun pengabdian.

Misalnya, pada tahun 2023, anggota tamtama dengan tingkat gaji E-1 akan menerima sekitar USD 1.917,63 per bulan sebagai gaji pokok.

Sementara itu, tamtama yang lebih senior dengan tingkat gaji E-6, yang memiliki masa kerja lebih dari satu dekade, akan memperoleh sekitar USD 4.171,03 per bulan.

Sementara Gaji pokok perwira dimulai sekitar USD 3.637,26 pada tahun 2023. Sementara perwira yang lebih senior dengan tingkat gaji O-4, yang telah mengabdi lebih dari 10 tahun, akan menerima sekitar USD 8.254,82 per bulan.

Gaji pokok adalah kompensasi utama bagi anggota militer. Tetapi gaji juga kemungkinan berisi beberapa tunjangan bebas pajak serta pembayaran khusus berdasarkan pos tugas, kualifikasi, atau spesialisasi militer. Semua hal ini adalah bagian dari gaji, gaji, atau kompensasi militer normal.

Sebagian besar tunjangan tidak kena pajak, sehingga dapat berkontribusi pada sebagian besar gaji tentara AS. Misalnya, Tunjangan Dasar Perumahan (BAH) dikecualikan dari penghasilan bruto untuk tujuan perpajakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rincian Gaji

3 dari 4 halaman

Hitungan Gaji Tentara AS

Gaji militer secara otomatis meningkat pada setiap awal tahun kalender, pada bulan Januari. Seperti Angkatan Darat AS mengumumkan pada Juli 2022 bahwa semua tentara dalam perintah tugas aktif jangka panjang akan dibayar setengah bulanan – pada tanggal 1 dan 15 setiap bulan – mulai 1 Oktober 2022.

Sebagian besar tentara sudah mengikuti jadwal pembayaran ini. Perubahan tersebut, bagian dari Sistem Personalia dan Pembayaran Terintegrasi yang baru dari layanan tersebut, hanya memengaruhi sekitar 11.000 orang.

Penetapan kenaikan gaji tahunan tentara AS secara kasar mencerminkan kenaikan upah dan gaji sektor swasta secara nasional.

Peningkatan ini ditentukan Indeks Biaya Ketenagakerjaan, yang dihitung beberapa kali dalam setahun oleh Departemen Tenaga Kerja AS.

Sementara AS menggunakan perubahan ECI Oktober dari tahun ke tahun untuk menentukan persentase kenaikan gaji untuk tahun berikutnya. Namun, presiden atau Kongres dapat menggantikan jumlah otomatis ini.

Untuk tahun 2023, penyesuaian otomatis 4,6 persen dihitung dari ECI, tetap berlaku.

4 dari 4 halaman

Sosok Benaia Manasye Lintjewas, Pria Asal Kendari Jadi Tentara AS

 

Kisah Benaia yang diterima jadi tentara AS tersebut ternyata dibagikan oleh kakak iparnya baik di TikTok dan akun Instagram. Alhasil, nama Benaia pun viral di medsos dan heboh dibahas oleh warganet Indonesia.

Benaia sendiri awalnya seorang Warga Negara Indonesia. Namun, kini resmi menjadi warga Amerika Serikat.

Dia pun juga sudah tinggal cukup lama di Amerika Serikat dan resmi bergabung dengan US ARMY atau Angkatan Darat Amerika.

Profil Benaia Manasye Lintjewas

Melansir dari berbagai sumber, Benaia Manasye Lintjewas adalah seorang pemuda asal Kendari, Sulawesi Tenggara yang lahir pada 26 Juli 2001. Pria berusia 21 tahun tersebut pernah bersekolah di TK Adhyaksa XII Kendari dan keluarganya pindah ke AS setelah 11 tahun tinggal di Kendari.

Orangtua dari Benaia diketahui sering memberikan pelayanan keagamaan di desa-desa. Tak hanya itu, keluarganya juga turut mendukung keputusan Benaia untuk menjadi tentara di Amerika Serikat dan sangat membanggakannya.

Bahkan, dari video yang diunggah tersebut terdengar sorak bahagia dari keluarganya ketika menghadiri pelantikan Benaia. Terutama Benaia berhasil mendapatkan skor tertinggi dari tes seleksi menjadi tentara Amerika Serikat tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.