Sukses

Harga Minyak Dunia Akhirnya Naik 1 Persen, Mata Investor Fokus ke China dan Rusia

Harga minyak dunia rebound dan naik lebih dari 1 persen pada perdagangan Senin setelah turun ke level terendah dalam 15 bulan di tengah gejolak di sektor perbankan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia berbalik arah menuju level positif setelah mengalami tekanan yang sangat dalam. Harga minyak dunia rebound dan naik lebih dari 1 persen pada perdagangan Senin setelah turun ke level terendah dalam 15 bulan di tengah gejolak di sektor perbankan.

Mengutip CNBC, Selasa (21/3/2023), harga minyak dunia jenis Brent yang menjadi patokan perdagangan internasional untuk perdagangan berjangka pengiriman Mei naik 73 sen atau 1 persen menjadi USD 73,70 per barel.

Harga minyak ini sebelumnya sempat mencapai level USD 71,64 per barel pada pukul 11.00 waktu London.

Sedangkan harga minyak mentah WTI Nymex untuk pengiriman April naik 73 sen atau 1,09 persen menjadi USD 67,47 per barel.

Harga minyak dunia berada di bawah tekanan dari krisis di sektor perbankan. Beberapa bank telah jatuh seperti Silicon Valley Bank yang berfokus pada perusahaan rintisan teknologi dan pengambilalihan Credit Suisse oleh saingannya dari Swiss, UBS.

Kekhawatiran Pasar

Dalam rentang waktu dua minggu, dua sumber dalam aliansi OPEC+ yang berpengaruh memberi isyarat kepada CNBC pada akhir pekan lalu bahwa ketidakpastian perbankan menambah kekhawatiran akan keruntuhan keuangan lainnya akibat krisis 2008.

Delegasi OPEC+ hanya dapat mengomentari dengan syarat anonimitas, karena mereka tidak diizinkan untuk mendiskusikan topik tersebut secara terbuka.

Salah satu sumber mencatat bahwa penurunan harga minyak dunia ini kemungkinan bersifat sementara dan tidak didukung oleh fundamental penawaran-permintaan seputar komoditas fisik, tetapi menekankan perlunya memantau dampak potensial pada keputusan suku bunga bank sentral dan inflasi.

Bank Sentral Eropa terus maju dengan kenaikan suku bunga lebih lanjut sebesar 50 basis poin pada 16 Maret, sementara Federal Reserve AS akan mencapai keputusan suku bunganya sendiri minggu ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan OPEC+ akan Harga Minyak

Selama setahun terakhir, OPEC+ telah memperjuangkan stabilitas harga minyak untuk mendorong investasi jangka panjang dalam kapasitas cadangan dan menghindari kekurangan pasokan. Komite teknis menteri OPEC+ selanjutnya akan ditunda pada 3 April.

Dalam sebuah catatan tertanggal 15 Maret, analis UBS mengindikasikan bahwa gejolak pasar keuangan yang lebih luas kemungkinan tidak akan memengaruhi tingkat produksi minyak mentah, tetapi menandai bahwa selama periode volatilitas tinggi, investor cenderung menarik diri dari aset berisiko seperti minyak dan berinvestasi di sudut yang lebih aman.

Ia menambahkan bahwa pasar opsi sekarang mengintensifkan penurunan harga minyak melalui permainan lindung nilai delta.

Dengan adanya tekanan perbankan, ketakutan resesi, dan eksodus aliran investor, analis Goldman Sachs pada 18 Maret memangkas prospek harga minyak mentah. Sekarang perusahaan investasi tersebut melihat harga Brent mencapai USD 94 per barel dalam 12 bulan mendatang.

"Penyesuaian kami juga mencerminkan fundamental yang agak lemah, yaitu persediaan jangka pendek yang lebih tinggi dari perkiraan, permintaan yang cukup rendah, dan pasokan non-OPEC yang sedikit lebih tinggi," kata Goldman Sachs. 

3 dari 3 halaman

Peningkatan Permintaan

Pertanyaan tetap ada tentang potensi peningkatan permintaan dari China, importir minyak mentah terbesar di dunia. China telah kembali membuka arus impor setelah pembatasan Covid-19.

Badan pengawas yang berbasis di Paris, Badan Energi Internasional mengatakan dalam Laporan Pasar Minyak bulanannya edisi Maret bahwa mereka memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak dunia akan meningkat tajam selama tahun 2023. Hal ini akan terjadi setelah melihat lalu lintas udara yang pulih dan pelepasan minyak yang terpendam. Permintaan China mendominasi dari pemulihan ini.

Gambaran pasokan tetap diperkeruh oleh Rusia, yang aliran minyaknya telah tersendat oleh sanksi Barat yang diterapkan terhadap minyak mentah dan produk minyak yang dikirim melalui laut masing-masing pada bulan Desember dan Februari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.