Sukses

Ini Dia Daftar Miliarder Termuda di Asia Berharta Miliaran Dari Bisnisnya, Siapa Saja Mereka?

Liputan6.com, Jakarta Dari Co-Founder startup game online Playrix Dmitri Bukhman hingga pendiri perusahaan sosial media dan e-commerce Xiaohongshu Miranda Qu, masih banyak lagi pengusaha yang masuk dalam daftar miliarder Asia termuda. Mereka punya bisnis yang beragam dari industri, teknologi, hingga real estat.

Menurut daftar nama yang terhimpun oleh Forbes hingga Bloomberg setiap tahunnya, Asia juga tercatat punya banyak miliarder. Bahkan di dalamnya pun diisi oleh kalangan muda yang usianya masih di bawah 40 tahun. Mereka membuktikan bahwa generasinya mampu mengembangkan bisnis hingga mengumpulkan kekayaan yang berlimpah.

Dari 2.668 miliarder dalam daftar Miliarder Dunia 2022 Forbes, Amerika berada di garis depan dengan 735 miliarder. Namun, mengenai jumlah miliarder berdasarkan wilayah, Asia berhasil mengalahkan yang lainnya, dengan 951 miliarder, menurut laporan Nikkei Asia.

Menurut Forbes, totalnya ada 12 orang yang berusia di bawah 30 tahun dan beberapa lainnya di bawah 40 tahun. Salah satunya ahli waris Jerman yang berusia 19 tahun Kevin David Lehmann, dia mendapatkan posisi teratas di seluruh dunia. Sementara Wang Zelong yang berusia 26 tahun mempertahankan posisinya dari 2021 sebagai miliarder termuda di Asia.

Bagi yang penasaran, inilah daftar miliarder termuda Asia seperti melansir prestigeonline.com, Rabu (15/3/2023).

10. Miranda Qu

Umur: 37

Miranda Qu mendirikan perusahaannya sendiri yaitu Xiaohongshu pada 2013 bersama Charlwin Mao. Aplikasi e-niaga sosial untuk kecantikan, mode, gaya hidup, dan perjalanan, perusahaannya telah mengalami pertumbuhan yang meroket sejak awal.

Salah satu platform gaya hidup terbesar di dunia, perusahaan tersebut menyelesaikan putaran pendanaan yang dipimpin oleh Alibaba dan Tencent pada November 2021. Setelah itu, valuasinya telah mencapai lebih dari USD 20 miliar.

Qu saat ini menjadi miliarder wanita terkaya kesepuluh di Asia dengan kekayaan bersih sekitar USD 1,8 miliar.

9. Christopher Kwok

Umur: 37

Direktur eksekutif Sun Hung Kai Properties Ltd sejak 2016 yakni Christopher Kwok termasuk dalam keluarga miliarder Asia Kwoks yang terkenal. Dia merupakan putra bungsu dari taipan real estat Raymond Kwok (ketua Sun Hung Kai Properties) dan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 1,7 miliar.

Sejak pendaftaran publiknya pada 1972, SHKP telah menjadi salah satu pengembang properti terbesar di Hong Kong, yang sebagian besar berurusan dengan pengembangan proyek perumahan berkualitas premium. Perusahaan juga memiliki beberapa rantai pusat perbelanjaan, kantor, portofolio hotel, dan bank tanah yang luas.

Sementara sebagian besar kekayaan Christopher berasal dari SHKP, ia juga menjabat sebagai anggota Komite Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok Kota Beijing.

 

2 dari 4 halaman

8. Geoffrey Kwok

Umur: 37

Miliarder yang berbasis di Hong Kong ini adalah putra tertua dari mendiang maestro industry Walter Kwok.

Setelah kematian ayahnya, Geoffrey Kwok menjadi salah satu pemilik perusahaan pengembang property Empire Group Holdings bersama dengan saudaranya Jonathan.

Geoffrey menjadi anggota dewan SHKP pada 2018 dan sejak itu mengelola hotel dan apartemen berlayanan perusahaan di Hong Kong dan Tiongkok. Per 10 Maret 2023, aset terbesarnya adalah 16 HK Equity, menurut Bloomberg.

Geoffrey, yang juga mewarisi saham ayahnya di Sun Hung Kai Properties, memiliki kekayaan bersih sekitar USD 2,7 miliar.

7. Dmitri Bukhman

Umur: 37

Dmitri Bukhman adalah salah satu pendiri startup game online , Playrix, bersama saudaranya Igor.

Perusahaan mengembangkan game seluler populer seperti Homescapes dan Fishdom dan pendapatan tahunannya saat ini sekitar USD 2,7 miliar. Playrix menjadi penerbit game seluler #1 di Eropa pada tahun 2022.

Selain itu, Bukhman, bersama saudara laki-lakinya, memiliki saham di Nexters Global — pengembang video dan game jejaring sosial yang terkenal karena memiliki game mobile yang sangat keren, Hero Wars.

Burkhman saat ini termasuk sebagai miliarder Asia termuda ketujuh, dengan kekayaan bersih USD 7,1 miliar.

6. Wang Ning

Umur: 36

Salah satu pengusaha Asia termuda yang bergabung dengan klub tiga koma, Ning adalah pendiri dan ketua Pop Mart International Group — perusahaan mainan terbesar di Cina daratan. Dia adalah pemilik 46 persen saham Pop Mart dan diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 1,6 miliar.

Mencakup 23 negara dengan lebih dari 350 toko dan lebih dari 2.000 mesin penjual otomatis yang dikenal sebagai 'roboshops', toko mainan ini diluncurkan pada tahun 2010. Produk unggulannya meliputi patung-patung trendi seperti Molly, Dimoo, dan Skullpanda. Ini dihargai sekitar USD 8 dan terkenal dengan konsep 'kotak buta' mereka.

Menurut laporan 2021 dari South China Morning Post, pada Hari Lajang 2019, perusahaan memperoleh keuntungan jauh lebih banyak daripada merek-merek populer seperti Disney dan Lego — dengan penjualan senilai USD 22 juta di situs web B2C berbahasa Mandarin, Tmall, saja.

Pop Mart mencatatkan sahamnya di Hong Kong pada Desember 2020.

 

3 dari 4 halaman

5. Lu Yiwen

Umur: 36

Salah satu pendiri dan wakil presiden perusahaan perhiasan DR Corp Ltd Lu Yiwen menjadi miliarder mandiri dan diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 2,5 miliar.

Perusahaan berurusan dengan pembuatan dan penjualan perhiasan, kebanyakan cincin berlian dan menyediakan layanan seperti perbaikan dan pembersihan cincin. DR Corp Ltd go public di Bursa Efek Shenzhen pada 2021.

4. Wang Han

Umur: 35

Kekayaan bersih Han mencapai sekitar USD 1,1 miliar. Dia mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari saham di Juneyao Airlines yang dia warisi dari ayahnya dan pendiri JuneYao Group, mendiang Wang Junyao.

Anak perusahaan Shanghai JuneYao (Group) Co. Ltd, salah satu dari 100 perusahaan swasta teratas China, Juneyao Airlines memiliki hub di Bandara Internasional Hongqiao dan Pudong.

Memulai operasi publik pada 25 September 2006, Juneyao Airlines memiliki 50 Airbus 320 dan 321 baru, per Februari 2016. Maskapai ini terdaftar di Bursa Efek Shanghai pada 27 Mei 2015.

Meskipun kekayaan bersih Han mengalami penurunan yang signifikan antara 2017 dan 2021, miliarder itu bangkit kembali tahun lalu.

3. Hu Kun Hui

Umur: 32

Ketua perusahaan perawatan kesehatan Shenzhen YHLO Biotech Co. Ltd, kekayaan Kunhui mencapai hampir USD 1,6 miliar. Pengusaha muda ini juga bertindak sebagai Sekretaris Sementara perusahaan.

Shenzhen YHLO Biotech Co. Ltd memproduksi dan mendistribusikan peralatan medis dan dianugerahi 'Perusahaan Inovatif Teratas di Shenzhen' pada tahun 2019. YHLO juga berurusan dengan mitra penelitian luar negeri di AS, Jepang, Eropa, dan Australia, dan berfokus pada pengembangan teknologi medis canggih.

 

4 dari 4 halaman

2. Jonatan Kwok

Umur : 31

Putra bungsu dari mendiang taipan bisnis, Walter Kwok (mantan ketua pengembang terbesar Hong Kong, Sun Hung Kai Properties), Jonathan mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari real estat . Dengan kekayaan yang terkumpul hampir USD 2,8 miliar, Jonathan adalah miliarder termuda kedua di Asia.

Miliarder dan saudara laki-lakinya menjadi pemilik bersama pengembang properti Empire Group Holdings, setelah kematian ayahnya pada 2018.

Jonathan dan saudara laki-lakinya juga mewarisi saham langsung Walter di Sun Hung Kai Properties dan disebut sebagai penerima sepertiga dari lima perwalian keluarga besar yang dipegang oleh nenek mereka, Kwong Siu-hing.

1. Wang Zelong

Umur: 26

Dengan kekayaan bersih sekitar USD 1,4 miliar, miliarder termuda Asia, Wang Zelong dari Jiaozuo termasuk dalam industri kimia dan pigmen khusus — sahamnya diperoleh dari perusahaan yang berbasis di China, CNNC Hua Yuan Titanium Dioxide Co. Ltd dan Lomon Billions Group.

CNNC memasarkan produknya dengan merek CHTi, yang merupakan produsen pigmen C&G terbesar kedua di China, dengan lokasi di provinsi Gansu dan Anhui.

Sementara itu, Lomon Billions Group adalah salah satu dari tiga produsen teratas dunia yang memproduksi pigmen titanium dioksida dengan tingkat kinerja tertinggi dan memiliki enam lokasi produksi pigmen TiO2 — tiga pabrik proses sulfat, dua pabrik proses klorida, dan satu pabrik perantara TiO₂ (pelepasan calciner). Lomon Billions berganti nama menjadi LB Group pada 7 Juli 2021.

Selain menjadi bagian dari klub miliarder Forbes, dia juga bergabung dengan orang-orang seperti Elon Musk dan Jeff Bezos. Bahkan Wang masuk dalam daftar eksklusif 'Miliarder Termuda Dunia 2022: 12 Di Bawah Usia 30'.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.