Sukses

Mau Coba Tinggal di Kastil Kerajaan Inggris Ternyata Tak Sulit dan Mahal, Kok Bisa?

pernahkah Anda berkhayal tinggal di istana kerajaan? Mungkin saja kali ini, khayalan tersebut bisa diwujudkan menjadi nyata.

Liputan6.com, Jakarta Kisah sejarah sampai serial televisi terkenal “Bridgerton” menjadi hal-hal yang mampu menarik wisatawan ke koleksi wisata, seperti kastil bersejarah, rumah bangsawan, hingga istana megah di Inggris Raya.

Namun, pernahkah Anda berkhayal tinggal di istana kerajaan? Mungkin saja kali ini, khayalan tersebut bisa diwujudkan menjadi nyata.

Storied Collection, sebuah situs web perjalanan ini mencantumkan hotel dan rumah bersejarah bahkan termasuk kastil pribadi dalam daftar koleksinya. Ini ditujukan bagi wisatawan yang menyukai sejarah agar lebih mudah menemukan akomodasi yang tepat.

Awalnya, ide situs ini datang dari pendiri Storied Collection Michael Goldin ketika sedang mencari kastil yang indah untuk dihuni setelah pengumuman bahwa aturan perjalanan Covid-19 melonggar.

Sayangnya, mereka menemukan kendala dalam menyaring hasil pencarian secara online yang dinilai kurang memuaskan.

Pada akhirnya, Ia menemukan Menara Fenton, sebuah kastil Skotlandia dari abad ke-12 yang dipugar dan diubah menjadi akomodasi mewah tahun 2000.

Goldin juga menemukan adanya hubungan leluhur terhadap menara tersebut. Ternyata menara tersebut pernah dimiliki secara singkat oleh kakek buyutnya yang ke-13 bernama Alexander Hamilton, berdasarkan pernyataan Goldin melansir CNBC.

Goldin sendiri merupakan pria asal Amerika Serikat yang menggemari sejarah.

Acara seperti “Bridgerton” atau “The Crown” telah berhasil mendobrak batasan, membuat orang Amerika berbondong–bondong kembali ke Inggris.

Penerbangan dari AS ke Inggris sejak Februari naik 9% dari musim semi 2019, berusaha untuk melampaui angka di masa pra-pandemi berdasarkan pernyataan agen pariwisata Visit Britain.

Dikutip dari CNBC, saat kembali dari liburan, Goldin menelepon Justin Hauge, mantan eksekutif Airbnb yang merupakan temannya untuk mengatakan ‘hei, saya baru saja melakukan perjalanan yang luar biasa ini dengan istri saya, tidak seperti perjalanan lain yang pernah saya lakukan. Saya benar-benar merasa seperti dibawa kembali ke masa lalu. Saya ingin menjelajahi ini,'

Hauge kemudian menghubungi pemilik dan operator kastil di Inggris Raya dan Irlandia yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki cara yang efektif untuk menceritakan kisah perjalanan kepada para pelancong yang ingin dijangkau.

Inilah titik balik dari Hauge, bersama-sama dengan Goldin serta bantuan mantan CEO Best Western UK Rob Paterson, meluncurkan Storied Collection.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koleksi Storied Collection

Para wisatawan bisa mencari akomodasi Storied Collection berdasarkan nama keluarga, jika mencari berdasarkan hubungan keluarga dengan pemilik tertentu atau mantan tamu terkenal. Ada pula rincian berdasarkan acara TV atau film.

Salah satunya, daftar Menara Fenton yang mampu menampung hingga 13 orang. Menara Fenton merinci 9 mantan pemilih dan Raja James VI sebagai tamu. Cocok pula untuk liburan golf dengan lebih dari 100 lapangan dalam radius 30 mil dari lokasinya ke wilayah Lothian Timur Skotlandia.

“Atraksi warisan semacam ini telah menjadi daya tarik besar bagi para pelancong AS … Beberapa tahun terakhir, dengan popularitas acara seperti 'Downton Abbey' dan 'Bridgerton,' telah menciptakan semacam kesadaran baru ini [bagi] para pelancong yang ingin mengalami cara hidup seperti ini, dan benar-benar tidak ada tempat lain untuk ini,” jelas Hauge menjabarkan peningkatan kecintaan orang Amerika terhadap situs sejarah Inggris

Ada peringkat yang dibuat oleh orang Amerika tentang tempat mereka bisa menjelajahi sejarah dan warisan sejarah berdasarkan persepsi mereka.

Posisi teratas diduduki kamar-kamar di Royal Crescent Hotel & Spa di Bath. Bangunan bergaya Georgia di jalan seperti yang ditampilkan di “Bridgerton” ini dapat dipesan melalui Storied Collection. Wisatawan pun dapat memilih dari 45 kamar yang didekorasi oleh desainer Inggris Jane Clayton.

Hotel ini masuk sebagai daftar rencana perjalanan ‘Tur Sejarah 1.000 Tahun’ yang disarankan. Properti di dalamnya memiliki usia gabungan 1.000 tahun.

The King’s Bedroom, tempat raja tinggal bersama sang istri kedua, Anne Boleyn pada 1535 Ini pun tersedia sebagai tempat untuk tidur. Fasilitas ini diberi harga mulai dari 344 dolar AS.

Properti selanjutnya adalah The Rubens at The Palace, sebuah hotel yang dahulu pernah menjadi bagian dari pekarangan Istana Buckingham. Di dalamnya tersedia kamar tidur bertema kerajaan.

Tur sejarah 1.000 tahun ini dipatok dengan harga mulai dari $1.999 untuk tujuh malam, berdasarkan informasi dari situs resmi Storied Collection.

Menurut Goldin, Storied Collection juga berharap dapat menandatangani lebih banyak properti megah. Satu tambahan baru-baru ini adalah Pentrehobyn Hall di Wales utara yang dibangun pada 1652.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.