Sukses

Lolos Kartu Prakerja Gelombang 48, Begini Cara Beli Pelatihan yang Tepat!

Memilih pelatihan ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi peserta yang sudah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja gelombang 48 dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 48 perlu untuk memperhatikan saat membeli pelatihan yang dipilih. Jangan sampai salah memilih pelatihan, karena tahun ini Kartu Prakerja menggunakan skema baru yakni pelatihan bisa dilakukan offline dan online.
 
"Penting! sebelum kamu membeli pelatihan. Baca dengan seksama setiap informasi ketika kalian melakukan klik-klik-klik saat membeli pelatihan. Sehingga tidak ada kesalahan informasi maupun moda pelatihan yang tidak sesuai dengan keberadaan dan keinginanmu," tulis keterangan @prakerja.go.id, Selasa (28/2/2023).
 
Berikut cara memilih pelatihan kartu prakerja 2023:
 
  • Pilih pelatihan sesuai pekerjaan saat ini: Keahlian apa yang bisa mendukung karirmu saat ini?
  • Pilih pelatihan yang sesuai minatmu: Keahlian apa yang sedang mau kamu pelajari?
  • Sesuai tujuanmu: Mau kerja 'X' tapi belum percaya diri, jadi ambil pelatihan dulu utk memperdalam ilmu, atau tujuan pribadi lainnya.
 
Manajamen Pelaksana Kartu Prakerja menegaskan, memilih pelatihan ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi peserta yang sudah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.
 
"Gunakan saldo pelatihan untuk mendukung masa depan kalian lewat peningkatan kompetensi yang tepat sesuai dengan perencanaan karir kalian," tulis @prakerja.go.id
 
Karena setiap pembelian pelatihan yang sudah dilakukan merupakan sepenuhnya tanggung jawab para peserta. Oleh karena itu, selalu cek berulang-ulang sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.
 
Misal jika muncul ertanyaan: "Kak, di halaman pelatihan saya tertulis membutuhkan alat bantu Laptop, sedangkan saya tidak punya laptop. Jadi harus bagaimana ya?"
 
Tenang, kamu bisa melakukan rental harian untuk laptop. Banyak penyedia rental yang harganya juga relatif murah, dimulai dari 15 ribu rupiah per hari. Atau Kamu bisa cari di Google "Sewa laptop harian di (kota kamu)"
 
Ingat, kamu hanya perlu membeli pelatihan yang kamu yakin 100 persen bisa kamu hadiri. Antara itu pelatihan onlinr (Webinar) ataupun pelatihan offline (Luring). Karena seluruh pelatihan itu punya jadwal layaknya "kelas di sekolah".
 
Sebab, Kartu Prakerja 2023 kini tidak lagi bisa dihadiri kapanpun seperti dulu. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan jadwal lalu tidak bisa mengikuti pelatihan nantinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Tautkan ke Rekening/E-Wallet Sebelum 7 Maret 2023

Meski sudah memasuki program Kartu Prakerja 2023, penerima di tahun sebelumnya alias di 2022 mungkin ada yang belum mendapatkan insentif karena akun tidak terhubung ke rekening atau e-wallet. Perlu diketahui, ternyata ada batas waktu untuk proses penyambungannya agar insentif Prakerja bisa cair.

Dalam hal ini, manajemen Kartu Prakerja menginformasikan melalui akun Instagram resminya. “Penerima Kartu Prakerja 2022. INFO PENTING! Penerima Kartu Prakerja Tahun 2022 yang belum terima insentif karena belum sambungkan ulang rekening bank/akun e-wallet, catat ini!” demikian penjelasannya dikutip dari akun @prakerja.go.id, Senin (27/2/2023).

Seperti yang diketahui, insentif Kartu Prakerja diberikan ketika penerima telah menyelesaikan pelatihan dan mengisi rating serta ulasan. Selanjutnya insentif akan dikirimkan ke rekening bank atau dompet digital seperti yang telah disambungkan di akun Prakerja.

Nah, penerima Kartu Prakerja 2022 mungkin masih ada yang belum mendapatkan insentif padahal sudah mengisi rating dan ulasan. Hal itu bisa disebabkan karena belum menyambungkan akun ke rekening atau e-wallet.

Oleh karena itu, manajemen Kartu Prakerja mengingatkan bahwa batas akhir penyambungan rekening bank atau akun e-wallet penerima Kartu Prakerja 2022 yaitu pada 7 Maret 2023. Sebab, pada 9 Maret 2023 menjadi batas akhir pembayaran insentif penerima Kartu Prakerja 2022. Jadi, segera tautkan akun Prakerja ke rekening bank atau e-wallet agar bisa mendapatkan insentif.

Seperti yang diketahui, program Kartu Prakerja 2022 masih bersifat semi bantuan sosial. Penerima Prakerja mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama empat bulan. Selain itu, juga mendapatkan insentif Kartu Prakerja tiga kali pengisian survey sebanyak Rp 150 ribu.

 

3 dari 3 halaman

Cara Cek Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 48, Buka Link prakerja.go.id

Kabar gembira datang bagi peserta seleksi program Kartu Prakerja oleh pemerintah karena hasil seleksi sudah resmi diumumkan.

Pada Minggu (26/2/2023), akun media sosial Instagram @prakerja.go.id mengumumkan peserta yang lolos sebagai penerima Kartu Prakerja gelombang 48. Gelombang kali ini membuka pendaftaran untuk 10 ribu peserta yang tiap pesertanya akan mendapat benefit menarik.

Dengan terpilihnya peserta-peserta yang lolos, insentif sebesar Rp 4,2juta siap dibagikan dengan rincian Rp 3,5juta biaya pelatihan, Rp 600ribu insentif transportasi dan internet, dan Rp 100ribu insentif pengisian survei. 

Ingin tahu apakah Anda salah satu dari 10ribu yang lolos seleksi tersebut? Simak cara untuk mengecek status kelulusan dari dashboard akun prakerja berikut ini.

  • Pilih cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja pada lama prakerja.go.id
  • Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, artinya proses seleksi sedang berlangsung
  • Saat pengumuman, peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja
  • Peserta yang lolos menonton ketiga video tersebut dan tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video
  • Setelah menonton video selesai, peserta baru bisa melihat Nomor Kartu PrakerjaSementara itu, bila tidak lolos Kartu Prakerja Gelombang 48, peserta akan mendapatkan notifikasi di dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”.

Sebagai informasi, peserta yang lolos diimbau segera membeli layanan pelatihan pertama. Pembelian pelatihan pertama ini memiliki jangka waktu maksimal 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.