Sukses

Cuma Ini Jalan Keluar Atasi Penurunan Tanah di Jakarta

Setiap tahun, penurunan tanah di Jakarta mencapai 12 sampai 18 cm. Hal ini akibat penggunaan berlebihan atau over extraction air tanah oleh masyarakat Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan solusi mengatasi penurunan tanah di Jakarta yang terus berlangsung.

Setiap tahun, tanah di Jakarta turun 12 sampai 18 cm. Hal ini akibat penggunaan berlebihan atau over extraction air tanah oleh masyarakat Jakarta.

Menurut Basuki, solusi dari masalah ini adalah memastikan suplai air bersih perpipaan atau air permukaan yang bisa mencegah penurunan permukaan tanah Jakarta terus berlanjut.

"Pemerintah DKI maupun pusat tidak bisa apa-apa, tidak bisa melarang kecuali kalau sudah bisa menyuplai air bersih (perpipaan) ini sepenuhnya kepada masyarakat Jakarta," ujar Menteri Basuki melansir Antara di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Hanya dengan itu, lanjut Basuki, penurunan tanah Jakarta bisa dihentikan seperti di Bangkok, Thailand dan Tokyo, Jepang.

Pemerintah, kata dia, saat ini mengupayakan pembangunan tiga proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Ketiga proyek dimaksud yaitu pembangunan SPAM Jatiluhur I, SPAM Juanda yang direncanakan akan melayani pemenuhan air bersih 3.200 liter/detik dan yang ketiga nanti dari SPAM Karian Serpong yang direncanakan 3.500 liter/detik.

"Kalau ini semua sudah bisa kita selesaikan dan bisa menyuplai rakyat Jakarta, maka kita pada tahun 2030 pasti bisa menyampaikan kepada rakyat untuk berhenti memakai air tanah," jelas dia.

Kementerian PUPR tengah membangun proyek SPAM Regional Karian-Serpong dan SPAM Regional Jatiluhur I untuk menambah pasokan air baku di Jakarta.

Sedangkan SPAM Regional Ir. H. Djuanda nantinya akan melayani pemenuhan air baku di area DKI Jakarta (3.500 liter/detik), Kabupaten Bekasi (2.000 liter/detik), Kabupaten Bogor (2.000 liter/detik), Kota Bekasi (1.000 liter/detik), dan Kabupaten Karawang (850 liter/detik) dengan memanfaatkan alokasi air baku dari Waduk Jatiluhur sebesar 10.000 liter/detik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telan Dana Rp 8,8 Triliun, Proyek Air Bersih Jakarta Dimulai April 2023

PT Air Bersih Jakarta akan memulai tahap awal proyek pengadaan air bersih Jakarta pada April 2023. Ini ditandai pasca perusahaan konsorsium antara Perumda PAM Jaya dan PT Moya Indonesia tersebut menerima dana sindikasi perbankan senilai Rp 8,874 triliun, dari BCA, Chinese Bank Corporation Limited, OCBC NISP, BTN, BTPN, PT SMI, Bank Bukopin, dan CCB.

Dana tersebut cair setelah perusahaan-perusahaan tersebut melakukan financial closing, ditandai lewat proses penandatanganan di Gedung Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (20/2/2023).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, infrastruktur penyediaan air bersih itu nantinya akan berasal dari tiga proyek, yakni SPAM Regional Jatiluhur 1, SPAM Juanda, dan SPAM Regional Karian Serpong.

Basuki berharap, warga DKI dapat segera berpindah dari pemakaian air tanah menuju air bersih. Sehingga permukaan tanah Jakarta tidak terus merosot hingga di bawah permukaan air laut.

"Ini bagian dari environmental remediation dari Jakarta yg telah sinking, turun 12-18 cm per tahun karena over extraction dari ground water. Pemerintah Pusat enggak bisa apa-apa, enggak bisa melarang. Kecuali, kalau sudah bisa mensuplai air bersih completely pada rakyat Jakarta," kata Menteri Basuki.

 

3 dari 3 halaman

Tahap Awal

Tahap AwalDirektur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry TZ menambahkan, kesepakatan itu baru tahap awal proyek pengadaan air bersih untuk 350 ribu rumah dalam jangka waktu 2 tahun.

"Insya Allah April sudah bisa dilaksanakan di lapangan," imbuhnya.

Untuk jangka panjang, target total sambungan baru nantinya akan menyasar sebanyak 1.090.000 rumah. Itu bakal dilaksanakan secara bertahap dalam jangka waktu 5 tahun dengan total kebutuhan dana sekitar Rp 26 triliun.

Sementara CEO Moya Indonesia Mohammad Selim mengutarakan, pihaknya hanya membangun infrastruktur air bersih untuk warga Jakarta. Sementara operasionalnya tetap dilakukan oleh PAM Jaya.

"Di dalamnya mengandung perencanaan untuk 2 tahun pertama, bangun 2.500 km lebih. Juga akan membangun pada tahun pertama sebanyak 350 ribu sambungan rumah," ungkapnya.

Direktur Utama PT Air Bersih Jakarta Lafrik Babi Rangkuty mengamini, pihaknya pada April 2023 mendatang sudah bisa memulai pembangunan untuk proyek Jatiluhur Hilir dan Buaran Tiga.

"Penyelesaiannya berbeda-beda. Ada 2 tahun, ada 5 tahun, termasuk pembangunan jaringan," jelas dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.