Sukses

Viral Selang Bensin SPBU Copot Hingga BBM Tumpah, Ternyata Begini Kronologinya

Melihat pada video yang viral beredar itu, insiden itu terjadi di wilayah Klaten. PT Pertamina Patra Niaga pun merinci kronologinya.

Liputan6.com, Jakarta Viral video yang memperlihatkan bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU Pertamina bertumpahan ke sekitar dispenser. Penyebabnya, adalah selang pengisian BBM yang copo di bagian atas.

Melihat pada video yang beredar itu, insiden itu terjadi di wilayah Klaten. PT Pertamina Patra Niaga pun merinci kronologinya.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Tengah, Brasto Galih Nugroho membenarkan insiden copotnya selang bensin itu terjadi di Klaten, Jawa Tengah. Selang bensin yang rusak itu terjadi di dispenser untuk BBM Dexlite.

"Terjadi breakway valve selang nozzle dispenser produk Dexlite di SPBU 44.574.10 PenggungJL. Jogja Solo, Ceper Klepu, Kab Klaten yang putus sendiri pada Kamis, 9 Februari 2023 sekitar pukul 18.00 WIB," ujarnya saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (10/2/2023).

Beberapa saat bensin Dexlite itu sempat keluar dari dispenser dan membanjiri sekitar dispenser pengisian BBM. Brasto menyebut, hingga Kamis (9/2/2023) malam sekitar pukul 09.00 WIB, BBM yang berceceran sudah dibersihkan.

"BBM Dexlite yang sempat keluar sudah dibersihkan oleh pihak SPBU. Pihak SPBU juga sempat mengarahkan kendaraan untuk keluar area tumpahan Dexlite untuk antisipasi. Kondisi saat ini nozzle sudah tersambung," ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut, Brasto menyebut kalau pihak SPBU akan mengganti bagian yang rusak yang menyebabkan bocornya BBM tersebut.

"SPBU ada rencana untuk mengganti breakway valve selang nozzle tersebut," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dicari Penyebabnya

Sementara itu, Brasto belum menjelaskan mengenai penyebab rusaknya selang hingga menyebabkan kebocoran tersebut. Namun, saat ini pihaknya masih terus mendalami penyebab copotnya selang bensin SPBU itu.

"Sedang dicek ricek," katanya singkat.

Kejadian tumpahnya BBM akibat selang bensin copot beredar di media sosial. Salah satunya dimuat oleh akun Instagram @kabar_klaten. Video dengan durasi singkat itu memperlihatkan salah satu dispenser pengisian bensin berceceran BBM.

Jika diperhatikan, BBM tersebut keluar dari sisi atas dispenser. Ternyata, selang pengisian bensin bagian atas itu terlepas.

Pada video itu juga terlihat kalau selang yang biasa digunakan itu tergeletak tak jauh dari dispenser bensin.

 

 

3 dari 4 halaman

Beli Pertalite Pakai MyPertamina

PT Pertamina (Persero) memperluas program uji coba pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar untuk 138 kabupaten/kota di 12 provinsi mulai Februari 2023 ini.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso, mengabarkan tahap awal uji coba pembelian BBM via MyPertamina telah sukses dilakukan di 34 kabupaten/kota hingga Desember 2022.

"Sampai Februari, direncanakan tambahan sekitar 138 kabupaten/kota," ujar Harsono dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Selasa (7/2/2023).

Sebagai mengeksekusi, Pertamina juga telah melakukan sinkronisasi data dengan Korlantas Polri, dengan target go-live bisa tercapai pada bulan ini.

4 dari 4 halaman

Revisi Perpres

Dalam menjalankan program subsidi BBM tepat sasaran via MyPertamina, Harsono melanjutkan, Pertamina juga terus memproses temuan dalam rangka digitalisasi SPBU. Itu dilakukan sembari menanti revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM

"Tentunya ada beberapa finding juga, di sini merupakan ruang-ruang untuk perbaikan pada saat implementasi nantinya, sambil tunggu revisi Perpres 191/2014," jelasnya.

Menurut pemaparannya, digitalisasi SPBU melalui aplikasi MyPertamina jadi kunci penting dalam program pengendalian BBM subsidi Pertalite dan Solar.

Itu turut ditunjang lewat monitoring signal transaksi tak wajar yang disinyalir menurun, serta konektivitas SPBU dengan sistem Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) yang sudah terlaksana di 528 SPBU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini