Sukses

Kartu Prakerja Gelombang 48 Masih Dibuka, Daftar Buruan di prakerja.go.id

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 48 masih dibuka hingga hari ini, bagi kamu yang mau daftar bisa langsung mengakses laman resmi www.prakerja.go.id.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 48 masih dibuka hingga hari ini, bagi kamu yang mau daftar bisa langsung mengakses laman resmi www.prakerja.go.id.

Sebelumnya, Kartu Prakerja gelombang 48 ini dibuka pada (3/2/2023). Informasi tersebut diumumkan melalui laman instagram official Kartu Prakerja.

"SEGERA DAFTAR SEKARANG untuk kamu yang belum memiliki akun Kartu Prakerja! Untuk kamu yang benar-benar ingin belajar, lakukan pendaftaran dari sekarang supaya kamu tinggal klik "Gabung Gelombang" saat Gelombang 48 dibuka untuk mengikuti seleksi ya Sob!Siapa aja nih yang udah daftar dan siap belajar?," Tulis keterangan @prakerja.go.id dikutip Minggu (5/2/2023).

Perlu diketahui, dalam program Kartu Prakerja tahun ini terdapat enam perubahan, yakni salah satunya menjadi skema normal. Hal itu diumumkan pada Kamis, 5 Januari 2023 lalu pasca rapat koordinasi Komite Cipta Kerja.

Dalam rapat Komite Cipta Kerja telah memutuskan Program Kartu Prakerja akan berlanjut pada triwulan pertama tahun 2023 dengan skema normal.

Keputusan tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang aturan pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 tahun 2022.

Berikut enam perubahan Kartu Prakerja tahun 2023, dirangkum oleh Liputan6.com:

1. Kartu Prakerja bukan program bantuan sosialSejak awal dimulai pada tahun 2020 hingga tahun 2022 lalu, Program Kartu Prakerja menjalankan misi ganda sebagai program peningkatan kompetensi angkatan kerja dan bantuan sosial sehingga menjadi program semi-bansos.

Mulai tahun 2023 Program Kartu Prakerja hanya akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

2. Penerima bantuan sosial kini bisa daftar Kartu Prakerja

Karena tidak lagi menjadi program semi-bansos, penerima bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nilai Manfaat

3. Nilai manfaat lebih besarTotal nilai manfaat Rp 4,2 juta, dengan rincian bantuan biaya pelatihan Rp 3,5 juta, biaya pengganti transportasi dan internet Rp 600 ribu, dan insentif pengisian survei sebesar Rp 100 ribu.

4. Kini ada opsi pelatihan luring atau offline dan onlinePelatihan daring dapat diakses dari seluruh lokasi, sedangkan pelatihan luring atau offline tahap pertama akan fokus di 10 provinsi.

Diantaranya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, NTT, Bali, Papua, Kalimantan Barat, dan Sumatera Utara.

5. Pelatihan online tidak lagi berbentuk video

Pelatihan online pada skema normal akan berbentuk webinar secara langsung. Jadi, enggak cuma nonton video ya!

6. Standar minimal waktu pelatihan bertambahDulu pelatihan hanya 6 jam, namun kini ditingkatkan menjadi 15 jam. Standar waktu pelatihan menjadi lebih panjang untuk memastikan ilmu yang didapat penerima manfaat betul-betul menyeluruh dan semakin berkualitas.

 

3 dari 3 halaman

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Adapun Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

1. Buka www.prakerja.go.id

2. Sediakan nomor Kartu Keluarga serta NIK

3. Input data diri dan ikuti segala petunjuk yang tersedia

4. Setelah menginput data, lanjut mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik "Gabung" pada gelombang yang sedang dibuka

6. Tahapan Bagi yang belum pernah daftar Kartu Prakerja Masuk ke laman www.prakerja.go.id dan klik menu daftar sekarang

7. Masukkan alamat email aktif beserta kata sandinya

8. Lakukan verifikasi melalui email setelah melakukan pendaftaran

9. Pendaftaran berhasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.