Sukses

Mengintip Nilai Pasar Al Nassr, Klub Sepak Bola Arab Saudi Perekrut Ronaldo

Ronaldo bergabung dengan Al Nassr hingga Juni 2025. Gaji yang ditawarkan mencapai sekitar USD 200 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Christiano Ronaldo baru-baru ini menarik perhatian publik setelah menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia menyusul perekrutannya di klub sepak bola asal Arab Saudi, Al Nassr.

Melansir CNBC International, Senin (9/1/2023) Ronaldo bergabung dengan Al Nassr dalam kesepakatan yang akan membuatnya bersaing untuk klub tersebut hingga Juni 2025.

"Sejarah sedang dibuat," tulis Al Nassr FC dalam sebuah unggahan di akunTwitter resmi berbahasa Inggrisnya.

"Ini adalah penandatanganan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar tetapi juga menginspirasi liga kami, bangsa kami dan generasi masa depan, anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Selamat datang Cristiano di rumah baru Anda Al Nassr FC," tutur klub  itu.

Laporan beberapa outlet berita menyebut, gaji Ronaldo dengan Al Nassr mencapai sekitar USD 200 juta atau sekitar Rp. 3,1 triliun (asumsi kurs Rp. 15.700 per USD) per tahun. Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi gaji terbesar dalam sejarah olahraga.

Tak lama setelah perekrutan Ronaldo, Al Nassr dengan cepat menarik perhatian penggemar sepak bola di seluruh dunia. Bagaimana klub tersebut dikenal?

Didirikan di Riyadh pada tahun 1955, Al Nassr merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Arab Saudi. Sejauh ini, klub tersebut telah memenangkan sembilan gelar Saudi Premier League.

Manajer tim Al Nassr saat ini adalah seorang pria berkebangsaan Prancis yakni Rudi Garcia, yang resumenya termasuk mengelola klub papan atas Eropa seperti Roma, Olympique de Marseille dan Lille.

Laman Transfermarkt mencatat, nilai pasar Al Nassr sebesar 79,1 juta euro atau sekitar Rp. 1,3 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Klub Sepak Bola Arab Saudi Rogoh Kocek Dana Besar Untuk Rekrut Pemain jadi Sorotan

Namun besarnya pengeluaran Al Nassr untuk merekrut Ronaldo ternyata bukan lah hal yang jarang dalam dunia sepak bola di Arab Saudi.

CNBC menyebut, klub-klub sepak bola di negara itu dikenal karena kemampuannya menawarkan gaji besar kepada pemain asing.

Hal ini terutama karena besarnya giat Arab Saudi dalam membangun industri olahraga, hiburan, dan lainnya untuk menarik pariwisata dan investasi yang akan membantu mendiversifikasi ekonomi negara itu.

Arab Saudi bahkan mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA untuk  tahun 2030 mendatang.

3 dari 3 halaman

Gaji Mingguan Ronaldo di Al Nassr Capai Rp 15 M

Dilaporkan, kontrak dengan Al Nassr akan membuat Ronaldo membawa pulang gaji lebih dari USD 1 juta atau Rp. 15,5 miliar per minggu.

Berita penandatanganan Ronaldo datang mengikuti desas-desus dan spekulasi berbulan-bulan tentang apakah dia akan bergabung dengan tim tersebut, karena sudah ada lebih dari satu penawaran yang cukup besar yang bernilai ratusan juta dolar.

Sebelum bergabung dengan Al Nassr, Ronaldo bahkan sempat dikabarkan menolak tawaran dari klub Arab Saudi lainnya yakni Al Hilal, yang akan memberinya kontrak sekitar USD 370 juta selama beberapa tahun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.