Sukses

Lewat Terowongan Gajah, Erick Thohir Pastikan BUMN Jaga Kelestarian Lingkungan

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan pembangunan infrastruktur yang digarap BUMN tetap memperhatikan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan pembangunan infrastruktur yang digarap BUMN tetap memperhatikan lingkungan. Salah satunya dalam memberikan akses kepada satwa di wilayah Sumatera.

Ini juga yang sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo dalam membangun infrastruktur seperti jalan tol. Dimana, disediakan terowongan gajah yang ada di sela-sela pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Pekanbaru-Dumai.

Perusahaan pelat merah ternyata terlibat langsung dalam menjalankan visi Jokowi ini. Yakni, Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Rokan dan PT Hutama Karya. Keduanya gandengan membangun akses bagi gajah di wilayah Sumatera.

"Bapak Presiden @jokowi mengingatkan pembangunan infrastruktur harus tetap menjaga kelestarian lingkungan," kata Erick Thohir melalui Instagram @erickthohir, Kamis (5/1/2023).

"Ini prinsip yang dipegang BUMN. @pertamina juga memantau gajah-gajah di wilayah konservasi, sedangkan @hutamakarya menyediakan terowongan untuk perlintasan para gajah," tambahnya.

Menurutnya, ini juga jadi bukti kolaborasi antar kementerian. Yakni Kementerian PUPR yang berwenang dalam memutuskan pembangunan infrastruktur, dan Kementerian BUMN yang mengampu perusahaan pelat merah sebagai pelaksana proyek.

"Penting sekali kita dalam pembangunan infrastruktur itu tetap bagaiaman alam kita jaga karena ini karunia Allah Subhanahuwataala," pungkas Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya ke Riau. Pada hari ke 2, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Rokan Hilir dengan melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

Sampai di kilometer 12, iring-ringan Jokowi menepi. Di sana ada terowongan gajah yang menjadi ciri khas Tol Pekanbaru-Dumai untuk perlintasan satwa berbelalai panjang tersebut.

Kebetulan saat itu ada kawanan gajah yang tengah bermain di bibir terowongan. Jokowi melihatnya dari atas tol selama beberapa menit melihat kawanan gajah bermain air di sungai kecil terowongan itu.

Kepada wartawan, Jokowi menjelaskan, di Tol Pekanbaru-Dumai ada 6 terowongan gajah yang dibangun. Ini mengingat sejumlah titik di tol itu merupakan habitat dan lokasi perlintasan gajah.

"Pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar," kata Jokowi, Kamis siang, 5 Januari 2023.

Jokowi menyebutkan, adanya jalan tol sebagai upaya memperlancar mobilitas masyarakat dan arus lalu lintas barang jangan sampai mengganggu satwa liar.

"Pembangunan jalan tol ini tidak mengganggu perlintasan salah satu satwa yang dilindungi yaitu gajah Sumatera," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Kelestarian Lingkungan

Menurut Jokowi, upaya pelestarian tersebut juga akan dilakukan di tempat lain agar pembangunan infrastruktur tidak mengganggu kelestarian satwa liar.

"Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut," jelasnya.

Setelah melihat langsung perlintasan gajah tersebut, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Rokan Hilir.

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Riau Syamsuar, dan Ketua DPRD Riau Yulisman.

 

4 dari 4 halaman

Membelah Habitat Gajah

Sementara itu, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Genman S Hasibuan menambahkan, pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai telah membelah habitat gajah di Bengkalis dan Siak.

Dua lokasi itu merupakan salah satu kantong gajah sumatra dengan populasi 76 ekor. Tak jauh dari lokasi juga ada Pusat Pelatihan Gajah Minas sebagai upaya melindungi populasi gajah di Riau.

Menurut Genman, terowongan gajah merupakan adaptasi agar pembangunan tetap memperhatikan lingkungan. Saat pembangunannya, BBKSDA Riau bekerjasama dengan Hutama Karya agar pergerakan gajah tak terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.