Sukses

Luhut: Tak Seperti 2 Tahun Sebelumnya, Natal Kali Ini Lebih Suka Cita

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mensyukuri perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini akan lebih suka cita karena pembatasan minimum dari terkendalinya pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mensyukuri perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini akan lebih suka cita karena pembatasan minimum dari terkendalinya pandemi COVID-19.

"Tidak seperti dua tahun sebelumnya momen perayaan Natal tahun ini akan kita sambut dengan lebih suka cita, sudah bisa pulang kampung halaman menghadiri misa Natal di gereja dan berkumpul bersama sanak keluarga," katanya dalam video di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan dikutip dari Antara, Minggu (25/12/2022).

Menurut data survei yang dirilis Kementerian Perhubungan, sekitar 44,7 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan di momen libur Natal dan Tahun Baru (2022/2023).

Luhut mengaku senang karena angka itu menandakan bahwa denyut nadi aktivitas masyarakat untuk melakukan perayaan hari besar dan liburan sudah kembali normal.

"Namun, kita tetap harus waspada dan saling menjaga kesehatan masing-masing, mengingat pembatasan di masa libur dan Nataru kali ini dibuat sangat minim," katanya.

Luhut juga mengingatkan masih ada tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang, misalnya pertumbuhan ekonomi negara-negara yang diperkirakan melemah pada 2023.

Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memitigasi dampak ekonomi tersebut.

"Berbagai tantangan yang datang di tahun depan tidak boleh mematahkan semangat kita semuanya," katanya.

Luhut pun mengajak masyarakat terus bergotong royong dan saling membantu sesama. Ia juga berpesan agar tetap berserah kepada-Nya  agar bisa melewati masa-masa sulit.

"Marilah kita semua kompak. Dari lubuk hati yang paling, dalam izinkan saya Luhut Binsar Pandjaitan bersama keluarga mengucapkan selamat hari Natal 2022 anda selamat menyambut Tahun Baru 1 Januari 2023. Semoga Natal Ini terus mengaruniai kita kebahagiaan kedamaian dan cinta kepada sesama umat manusia," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sri Mulyani: Semoga Momen Natal Bawa Kedamaian dan Sukacita

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, turut mengucapkan selamat merayakan hari Natal bagi umat kristiani di Indonesia melalui akun instagram pribadinya @smindrawati.

"Selamat merayakan Hari Natal bagi seluruh umat kristiani," ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, setelah 2 tahun penuh penantian, akhirnya pada perayaan natal kali ini umat Kristiani dapat berkumpul kembali bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Merayakannya dengan penuh kehangatan, anak-anak membuka kado sambil berbagi momen istimewa, hal yang selalu ditunggu-tunggu pada saat natal tiba.

"Meski masih berada dalam situasi penuh ketidakpastian, semoga momen natal ini akan membawa kedamaian dan sukacita di seluruh penjuru Nusantara, yang akan mengawali semangat optimisme kita untuk menyambut tahun baru 2023," ujar Menkeu.

Adapun di momen yang baik ini, Sri Mulyani mengajak berdoa agar kita senantiasa diberikan bekal kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

"Semoga sesulit apapun rintangannya, Indonesia akan tetap menjadi bangsa yang kuat dan utuh, yang selalu menjunjung nilai persatuan, menghargai perbedaan dan toleransi antar sesama," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Ucapkan Selamat Natal 2022, Erick Thohir: Semoga Kedamaian Iringi Langkah Kita

Indonesia merupakan negara multikultural dengan berbagai keragaman antara lain suku, ras, bahasa dan juga agama. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang tinggi toleransinya antar umat beragama, salah satunya tercermin saat perayaan hari besar keagamaan seperti Hari Raya Natal 2022.

Termasuk Menteri BUMN Erick Thohir yang mengucapkan selamat hari Natal. Dia berharap Natal tahun ini semua umat Kristiani diberikan kedamaian, keberkahan dalam menikmati hari raya Natal.

"Semoga kedamaian, keselamatan, keberkahan, senantiasa mengiringi langkah kita semua. Selamat berlibur bersama keluarga," ujar Erick dikutip dari instagramnya @erickthohir.

Disisi lain, Erick menegaskan BUMN akan selalu merawat kebersamaan bangsa Indonesia di bawah payung Bhineka Tunggal Ika.

Menariknya, dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, kata Erick Thohir, bandara-bandara BUMN @ap_airports @angkasapura2 ikut merayakan keberagaman agama dan budaya.

 

4 dari 4 halaman

Ucapkan Selamat Natal dari Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pesan selamat Natal 2022 untuk umat Kristiani, Minggu 25 Desember 2022. Hal itu disampaikan Jokowi, melalui akun sosial media pribadinya @jokowi.

"Saudara-saudaraku umat Kristiani yang sedang bersukacita menyambut Hari Raya Natal di mana pun berada. Semoga kedamaian, kebahagiaan, dan cinta kasih senantiasa memayungi langkah kita semua," tulis Jokowi dalam akun instagram pribadinya seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (25/12/2022).

Selain ucapan, Jokowi juga menyelipkan gambar berlatar musik Natal yang di dalamnya terdapat sejumlah orang yang tengah berkumpul merayakan hari besar tersebut. 

Di dalam rumah yang menjadi latar belakang perayaan Natal 2022 tu, terdapat pohon Natal yang dihias lampu berkelap-kelip, kakek dan cucu yang tengah membuka kado, hingga seseorang yang sedang menyantap hidangan natal.

Kemudian di luar rumah, terlihat ada sosok pria seperti Jokowi yang berkemeja putih sedang memberikan salam kepada seorang bapak-bapak dan anaknya.

Gambar tersebut menarik perhatian warganet. Sebab, terdapat si kucing oren yang belakangan selalu hadir dalam gambar ucapan yang dicuitkan presiden. Uniknya, dalam gambar selamat Natal kali ini, kucing oren atau si oyen muncul menjadi penghias pohon natal.

"Terima kasih bapak, semoga bapak selalu bahagia dalam memimpin bangsa ini. Btw si oyen mana?," demikian komentar sebuah akun.

"Oyen lagi cosplay jadi pohon cemara," jawab akun medsos lainnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.