Sukses

Pangeran Harry dan Meghan Markle Dianggap Ujian Terberat Setahun Kepemimpinan Raja Charles III

Pakar kerajaan Richard Fitzwilliams mengatakan bahwa ujian terbanyak bagi Kerajaan Inggris di bawah kepemimpinan Raja Charles III berasal dari Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III merayakan ulang tahun pertamanya sebagai raja Inggris sejak dinobatkan sebagai pada 6 Mei 2023. Selama masa itu, Charles menghadapi berbagai tantangan dan masalah kesehatan yang melanda keluarga kerajaan Inggris.

Mengutip laman New York Post, Rabu (8/5/2024), pakar kerajaan Richard Fitzwilliams mengatakan bahwa ujian terbanyak bagi kerajaan berasal dari Pangeran Harry dan Meghan Markle. Di masa kepemimpinan awal, pasangan Sussex itu telah merusak kepemimpinan tahun pertama Raja. 

Fitzwilliams meyakini Harry dan istrinya 'membalas dendam' setelah diusir dari Frogmore Cottage — kediaman kerajaan yang mereka pikir akan terus menjadi tempat mereka kembali. "Fakta yang ada pada Harry dan Meghan Markle adalah bahwa setelah 'Spare', sudah cukup, jadi dia mengusir mereka dari Frogmore Cottage, dan saya rasa mereka tidak mengharapkannya," katanya kepada Sun.

Menurutnya, rumah tangga kerajaan tidak menyukai pengungkapan Pangeran Harry melalui Spare. Bukan hanya serangan terhadap keluarga kerajaan di buku itu dan wawancara yang ia lakukan, serta ditonton banyak orang, tapi karena itu merupakan memoarnya.

Fitzwilliams mengatakan bahwa meskipun memoar Harry yang mengejutkan dirilis pada Januari tahun lalu, pengungkapannya yang menarik masih berhasil berdampak pada pemerintahan raja. "'Spare' direncanakan dengan sangat buruk, Anda merasa dia tidak punya nasihat, tapi menyerang Ratu Camilla jelas merupakan garis merah, seperti yang ditunjukkan oleh pers bahwa dia sangat bermusuhan," katanya kepada outlet tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukti Ketidaksenangan Keluarga Kerajaan

"Oleh karena itu, penting bagi raja untuk bertindak seperti yang dia lakukan." Di tempat lain, Fitzwilliams menuduh keluarga Sussex "memonetisasi" hubungan mereka dengan klan Windsor.

"Tidak ada keraguan bahwa mengusir keluarga Sussex dari domisili mereka di Inggris adalah sesuatu yang menunjukkan ketidaksenangan kerajaan yang sangat besar," katanya, seraya menambahkan bahwa "tindakan tersebut adalah hal yang benar."

"Tidak ada keraguan juga bahwa pertengkarannya dengan Omid Scobie di akhir tahun dan semua itu juga sangat, sangat tidak membantu," lanjutnya.

"Sepertinya mereka akan selamanya menjadi berita dan bagaimana tepatnya mereka berperilaku dan apa yang mereka putuskan untuk dilakukan jelas merupakan urusan mereka," tambahnya.

Peringatan setahun penobatannya bertepatan dengan hari ulang tahun Archie. Baru-baru ini bahkan Raja Charles III dikabarkan membutuhkan persetujuan dari Meghan Markle untuk memberikan hadiah ulang tahun pada cucunya, Pangeran Archie. Laporan terbaru mengungkap bahwa hubungan antara mertua dan menantu ini masih tegang.

 

3 dari 4 halaman

Raja Charles Harus Dapat Persetujuan Meghan Markle

Menurut seorang sumber, melansir NY Post, Raja Charles harus berhati-hati dalam memilih hadiah untuk Archie, sebab ia tidak ingin melanggar batas-batas yang telah ditetapkan istri Pangeran Harry tersebut. Lapoan terbaru menunjukkan bahwa Charles ingin menjaga hubungan baik dengan menunjukkan penghormatan pada Meghan sebagai ibu dari cucunya. Belum diketahui secara pasti apa hadiah yang diberikan Charles untuk Archie. 

Raja berusia 75 tahun itu dilaporkan berencana mengirimi putra sulung Harry dan Meghan sebuah kartu dan hadiah kecil, menurut pakar kerajaan Tom Quinn. "Bahkan, ada rumor bahwa ia akan mengirimkan salah satu lukisan cat airnya pada Archie sebagai hadiah karena Meghan menyukai hadiah buatan sendiri, bukan kado mahal," kata Quinn pada Mirror.

Orang dalam itu mengungkap bahwa ia ingat Raja Charles III pernah memberikan sebuah ayunan buatan tangan yang diukir untuk putra Pangeran William, Pangeran George. Namun, Harry "berulang kali" mengatakan pada ayahnya bahwa "hadiah semacam ini terlalu mewah untuk Archie."   

4 dari 4 halaman

Ultah Archie Dirayakan Secara Privat

Quinn juga mengklaim Raja Charles lebih suka berbicara dengan Archie di hari ulang tahunnya melalui panggilan telepon biasa daripada panggilan video. "Charles sudah bertanya tentang panggilan video, tapi menurut ajudannya, ia merasa tidak nyaman dengan gagasan itu," sebut Quinn.

Ia menambahkan, "Jika ia melakukan panggilan telepon biasa pada Harry, itu berarti ia dapat berbicara singkat dengan Archie tanpa perlu berbicara dengan Meghan, sebuah gagasan yang membuatnya ketakutan."

People melaporkan bahwa keluarga Sussex merayakan ulang tahun Archie secara privat sebelum rencana perjalanan Duke dan Duchess of Sussex mendatang. Pangeran Harry akan berangkat ke Inggris untuk merayakan ulang tahun ke-10 Invictus Games pada Rabu, 8 Mei 2024.

Meghan akan bertemu kembali dengan suaminya akhir minggu ini untuk berkunjung ke Nigeria. Kunjungan itu dilakukan untuk menyoroti kompetisi olahraga untuk veteran dan personel pelayanan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini