Sukses

Mengintip Peran Swasta Wujudkan Indonesia jadi Poros Maritim Dunia

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Komitmen tersebut mencuat mengingat Indonesia merupakan negara di dunia yang mayoritas wilayahnya atau sekitar 62 persen terdiri atas perairan.

Kondisi geografis itu menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang terkenal kaya akan keanekaragaman sumber daya hayati laut. 

Sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang distribusi dan infrastruktur energi serta ekosistem kepelabuhan dan kemaritiman, PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI) pun memberikan peranan yang penting dalam mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

Misalnya pada pilar pertama dalam poros maritim dunia yang bertujuan membangun kembali budaya maritim di Indonesia. Peran itu wujudkan melalui langkah perseroan yang saat ini aktif memberikan informasi dan pengetahuan seputar industri kemaritiman melalui youtube.

Saat ini HUMI menjadi pengelola dari akun youtube bernama Lighthouse Seafarer Network. Kanal tersebut memberikan beragam informasi menarik seputar industri kemaritiman yang disajikan secara kekinian dalam format wawancara podcast.

Tidak hanya berperan dalam pilar pertama dalam menuju poros maritim dunia, HUMI turut berkomitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim sebagaimana tercantum dalam pilar ketiga dalam kelima pilar yang tercantum dalam rencana tersebut.

Upaya itu terlihat dari deretan bisnis Perseroan yang saat ini  aktif dijalankan pada industri perkapalan. Hingga saat ini, HUMI tercatat memiliki sebanyak enam segmen usaha yang bergerak pada berbagai lini penting untuk memajukan industri kemaritiman Tanah Air.

Keenam segmen itu meliputi distribusi dan infrastruktur LNG, transportasi minyak, transportasi kimia, layanan aktivitas pelabuhan seperti pandu dan tunda kapal, penyediaan awak kapal, serta pendidikan maritim.  Seluruh segmen usaha itu dijalankan HUMI melalui berbagai anak usahanya.

Seluruh segmen usaha tersebut pun masing-masing memiliki kontribusi untuk kemajuan industri maritim nasional yang berpotensi meningkatkan sumber pendapatan bagi negara. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat.

“Melalui segmen bisnis yang dijalankan mulai dari kebutuhan jasa sewa kapal, jasa shipping management hingga ketersediaan awak kapal termasuk pengembangan awak melalui Pusat Pelatihan Awak Kapal,” katanya, dikutip Sabtu (10/12/2022).

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peluang Bisnis

Tirta menjelaskan upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia membuat peluang bisnis pada sektor kemaritiman terbuka lebar.

HUMI akan fokus pada strategi peningkatan aset, pendapatan, sekaligus profit, dengan target pertumbuhan bisnis sebesar 20 persen setiap tahun.

Tak pelak, kehadiran HUMI di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Melalui tata kelola perusahaan yang baik, HUMI berkomitmen terus menciptakan manfaat positif bagi para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem Perseroan.

“Melalui proses review berkala, kami memastikan setiap kegiatan operasional anak usaha Perseroan berjalan sesuai dengan rencana strategis Perusahaan yang diterjemahkan antara lain dalam target tahunan,” pungkas Tirta Hidayat.

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Bisa Jadi Pusat Peradaban Maritim Dunia di 2045

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia menargetkan menjadi pusat peradaban maritim pada 2045. Indonesia sempat menjadi pusat peradaban maritim tetapi berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Luhut menjelaskan, target menjadi pusat peradaban maritim pada 2045 sangat mungkin terwujud. Para pakar dunia melihat bahwa langkah Indonesia mengelola maritim saat ini bisa menjadi mesin mencapai target. 

"Ramalan dunia mengatakan bahwa Indonesia ini akan menjadi salah satu empat besar ekonomi dunia pada tahun 2045-2050," ungkap Luhut Binsar Pandjaitan dalam pidato perayaan Puncak Hari Maritim, Selasa (27/9/2022).

Namun, ujar Luhut, untuk mencapai target tersebut diperlukan kekompakan masyarakat Indonesia. Terlebih, saat ini dan di masa-masa depan, ancaman krisis global tengah menghantui dunia.

Meski demikian, Luhut menegaskan agar target tersebut diupayakan dalam sikap optimis sehingga pada 2045, Indonesia meraih kejayaan pada sektor maritim.

"Indonesia emas pada 2045 nanti harus menjadikan momentum kejayaan maritim kita sebagai pusat peradaban maritim dunia, pada generasi penerus calon pimpinan bangsa kita dapat memberikan arah kebijakan dan panduan yang diyakini akan mengantarkan meraih kejayaan maritim pada tahun 2045," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga memberikan penghargaan kepada Dr. Mochtar Kusumaatmadja pada bidang kemaritiman. Luhut menuturkan bahwa peran Mochtar terhadap kedigdayaan Indonesia sebagai bangsa maritim sangat besar.

Bahkan perannya tersebut dapat dibuktikan saat Indonesia menjadi bagian dari konvensi hukum laut internasional.

Atas peran tersebut, Ia menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai bangsa maritim, dengan catatan seluruh masyarakat Indonesia tetap kompak.

"Kita juga bisa menjadi bangsa yang besar, sekali lagi dalam keadaan situasi dunia saat ini kita harus kompak, apapun tantangan kita akan bisa hadapi," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Menko Airlangga: Kelautan dan Maritim Jadi Sumber Utama Kesejahteraan Bangsa

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia memiliki potensi besar sebagai negara maritim, kelautan dan maritim merupakan sumber utama kesejahteraan bangsa.

Ini dia ungkapkan saat memberikan ucapan dalam acara puncak peringatan Hari Maritim Nasional ke 58 tahun 2022 yang disiarkan secara daring pada Selasa (27/8/2022).

“Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan 2/3 wilayahnya merupakan perairan, Indonesia punya potensi kelautan dan maritim yang sangat besar untuk dapat terus dikembangkan di manfaatkan sekaligus menjadi sumber utama kesejahteraan bangsa” ungkapnya.

Peringatan Hari Maritim Nasional juga menjadi momentum dalam rangka mengoptimalisasikan sektor maritim dalam mendukung rencana pemerintah untuk menjadikan maritim Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Gerak bangsa Indonesia dalam menghimpun seluruh kebijakan dan strategi mengoptimalisasikan seluruh kekayaan kelautan dan maritim agar dapat menandingi irama gelombang lautan itu sendiri agar mampu menjadi poros maritim dunia,” kata Airlangga.

“Selamat hari maritim ke-58 tahun 2022, sejarah panjang sebagai bangsa pelaut yang tangguh semoga menjadi momentum peringatan hari maritim nasional” ucapnya

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS