Sukses

Inilah 3 Orang Terkaya Indonesia 2022 dari Dunia Teknologi

Liputan6.com, Jakarta Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia. Dalam daftar ini, terdapat 3 nama miliarder yang mendapatkan kekayaan dari sektor teknologi.

Ketiga nama tersebut yakni Otto Toto Sugiri dengan nilai kekayaan USD 1,88 miliar. Kemudian Marina Budiman dengan kekayaan mencapai USD 1,04 miliar dan terakhir Han Arming Hanafia dengan nilai kekayaan USD 885 miliar. 

Dilansir dari laman Forbes, Kamis (8/12/2022), ketiga nama tersebut didaulat menjadi miliarder dari jerih usaha mereka membangun bisnis di sektor teknologi.

Ketiga merupakan pendiri DCI Indonesia yang kini sedang bermasa depan cerah di tengah perkembangan teknologi. Perusahaan ini merupakan operator pusat data terbesar di Indonesia saat ini.

Berikut sedikit profil para orang terkaya Indonesia 2022 ini.

1. Otto Toto Sugiri

Dia adalah salah satu pendiri dan presiden direktur DCI Indonesia. Dia memulai perusahaan pada tahun 2011 dan membangunnya menjadi operator pusat data terbesar di Indonesia. Saham DCI Indonesia melonjak sejak listing pada Januari 2021.

Sebelum bergabung dengan DCI, Sugiri mendirikan PT Sigma Cipta Caraka pada tahun 1989 yang diakuisisi oleh PT Telkom Indonesia dan sekarang bernama Telkomsigma.

Pada tahun 1994, Sugiri ikut mendirikan Indonet, penyedia layanan internet pertama di Indonesia, yang go public pada Februari 2021.

2. Marina Budiman

Dia juga juga merupakan salah satu pendiri dan presiden komisaris perusahaan pusat data DCI Indonesia. Bersama Otto, dia mendirikan DCI pada tahun 2011.

Sebelumnya pernah bekerja dengan Otto Toto Sugiri di Bank Bali pada tahun 1985 dan bergabung dengan Sigma Cipta Caraka pada tahun 1989. Dia ikut mendirikan Indonet, penyedia layanan internet pertama di Indonesia, pada tahun 1994.

3. Han Arming Hanafia

Bersama Otto Toto Sugiri dan Marina Budiman pada tahun 2011 ikut mendirikan DCI. Hanafia memiliki saham minoritas di DCI Indonesia dan Indonet, penyedia layanan internet yang terdaftar.

Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia 2022. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Daftar Orang Terkaya Indonesia

Gabungan dari 50 orang terkaya di Indonesia 2022 kini mencapai USD 180 miliar atau Rp 2,8 kuadriliun. Angka itu menandai kenaikan dari USD 162 miliar (2,5 kuadriliun) tahun lalu.

Sebanyak 22 taipan Indonesia melihat peningkatan kekayaan bersih mereka tahun ini, termasuk tiga besar.

Dua bersaudara R. Budi dan Michael Hartono berada di peringkat teratas orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih senilai USD 47,7 miliar (Rp 745,2 triliun), naik USD 5,1 miliar dari tahun lalu.

Kenaikan itu sebagian karena Global Digital Niaga milik mereka yang IPO pada November 2022, induk dari raksasa e-commerce Blibli, yang mengumpulkan Rp 8 triliun dalam IPO terbesar kedua di Indonesia tahun ini.

Tingginya harga batu bara di tengah krisis energi global juga mendorong Low Tuck Kwong ke posisi kedua dengan lonjakan kekayaannya hampir lima kali lipat menjadi USD 12,1 miliar (Rp 189 triliun).

Sementara itu, keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas merosot ke urutan ke-3 prang terkaya di Indonesia, tetapi pemulihan bisnis kertas perusahaan itu membantu meningkatkan kekayaan mereka sebesar USD 1,1 miliar menjadi USD 10,8 miliar (Rp 168,7 triliun).

Djoko Susanto kini berada di urutan keempat, didukung oleh ekspansi jaringan minimarket Alfamart.

Setelah melipatgandakan kekayaannya menjadi USD 4,1 miliar (Rp 64 triliun), Susanto masuk dalam 10 besar orang terkaya Indonesia untuk pertama kalinya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS