Sukses

Jokowi Resmikan Kereta Api Makassar-Parepare Mei 2023

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memproyeksikan, grand launching Kereta Api Makassar-Parepare bisa dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Mei 2023.

Hal itu dikatakannya saat melakukan soft launching jalur kereta api pertama di Sulawesi tersebut, dengan menjajal jalur dari Stasiun Maros ke Stasiun Pangkajene, Jumat (2/12/2022).

"Hari ini tapakan sejarah, cita-cita Pak Presiden Jokowi membuat Trans Sulawesi. Kita memang menghantar ini pada satu titik. Kita harapkan pada bulan Mei (2023) pak Presiden hadir pada saat grand launching," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Selain mengangkut penumpang, Kereta Api Makassar-Parepare juga bakal memfasilitasi angkutan barang untuk sektor industri, khususnya semen milik PT Semen Tonasa dan PT Semen Bosowa.

"Diharapkan, pengiriman dari semen bisa dijalankan. Insya Allah bulan Mei kita undang pak Presiden untuk grand launching," imbuh Menhub.

Adapun Kereta Api Makassar-Parepare saat ini sudah memiliki dua jalur eksisting yang bisa dioperasikan, yakni Garongkong-Mangilu dan Garongkong-Maros.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Gratis

Sebelum dibukanya jalur Garongkong-Maros, KA Makassar-Parepare sudah beroperasi secara gratis dari Stasiun Garongkong ke Stasiun Mangilu. Jalur untuk tujuan wisata ini memiliki panjang sekitar 66 km dan melewati 7 stasiun.

Ada satu kereta yang melayani satu kali perjalanan pulang/pergi (pp) dari Stasiun Garongkong-Mangilu pada Senin-Jumat. Sementara pada weekdays Sabtu-Minggu, kereta tersebut beroperasi dua kali pp.

Dengan uji coba terbatas dari Stasiun Maros-Pangkajene, maka dibuka satu jalur tambahan Garongkong-Maros sepanjang 83 km. Sedikit berbeda dengan jalur Garongkong-Mangilu, track Garongkong-Maros nantinya juga akan difungsikan untuk angkutan logistik.

 

3 dari 3 halaman

Tembus sampai Mandai

Tak hanya sampai Maros, proyek KA Makassar-Parepare dalam waktu dekat target tembus sampai Mandai, yang berjarak sekitar 15 menit dengan moda kereta ke arah selatan.

"Saya harapkan di bulan-bulan ini kita akan menyelesaikan sampai Mandai, juga selesaikan Garongkong. Sehingga terlihat bahwa Kereta Api Sulawesi ini istimewa. Bukan hanya untuk penumpang, tetapi logistiknya kita lakukan," terangnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS